Teknologi


Jakarta, Selular.id – XL Axiata meluncurkan program Desa Digital Nusantara (DDN) di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang.  Program ini digelar untuk mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital.

Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O Baasir menyampaikan, saat ini Indonesia semakin masuk ke era ekonomi digital. Padahal, masyarakat belum semuanya siap, terutama yang berada di pedesaan.

“Melalui program Desa Digital Nusantara, XL Axiata berniat untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital,” kata Marwan dalam peluncuran program DDN secara daring, Kamis (16/12).

Baca juga:   Hati-Hati! Malware Android Ini Bisa Mereset Pabrik Smartphone Setelah Mencuri Uang

Baca juga: Kembangkan Desa Digital, XL Axiata Donasikan 100 Laptop  

Lebih lanjut Marwan menerangkan desa di Tanjung Pakis ini menjadi pilihan atas pertimbangan desa ini memiliki potensi besar untuk maju di era digital, namun belum dimanfaatkan secara optimal.

“Di sini ada potensi mulai dari perikanan, tambak, wisata, hingga UMKM. Komunitas penggerak ekonominya beragam dan aktif. Produk yang mereka hasilkan juga punya nilai jual tinggi,” lanjut Marwan.

Baca juga: IBM dan Samsung Siapkan Terobosan Desain Semikonduktor

Pada tahap awal ini, Program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi. Untuk lebih memudahkan warga Desa Tanjung Pakis mengakses internet, XL Axiata juga akan memasang wifi di titik strategis di seputar desa.

Baca juga:   Bunuh Duo, Google Akan Integrasikan ke Meet

Selain itu guna mendukung produktivitas olahan hasil laut, XL Axiata juga akan mengimplementasikan perangkat digital berbasis Internet of Things (IoT) untuk membantu pengolahan ikan asin.

Perangkat ini akan membantu proses pengeringan yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan energi dari panel surya. Perangkat digital inovatif ini diinisiasi oleh para awardee XLFL batch 8.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: