Web Development

Saat menulis aplikasi web dalam PHP, Anda memiliki opsi untuk memilih dari berbagai kerangka kerja PHP. Statistik penggunaan yang diposting di beberapa situs web menunjukkan bahwa Laravel saat ini lebih populer daripada kerangka kerja PHP lainnya. Tetapi pengembang web yang lebih cerdas tidak pernah memilih kerangka kerja PHP berdasarkan popularitas atau pangsa pasarnya. Anda harus mengevaluasi pro dan kontra Laravel untuk memilih kerangka kerja PHP yang memenuhi semua kebutuhan proyek dengan sempurna. Sebagai kerangka kerja PHP open source, Laravel membantu Anda mengurangi biaya pengembangan aplikasi web.

Ini semakin mempercepat pengembangan aplikasi web khusus dengan menyediakan sejumlah fitur dan alat yang kuat. Pada saat yang sama, Laravel telah berkembang secara konsisten untuk memenuhi tren yang muncul dalam pengembangan web. Pada bulan September, Laravel 5.5 dirilis dengan serangkaian fitur baru – kelas sumber daya, penemuan paket otomatis, upaya pekerjaan berbasis waktu, pemberitahuan sesuai permintaan, dan opsi preset frontend baru. Anda harus memahami fitur dan alat penting yang disediakan oleh Laravel untuk memutuskan apakah kerangka kerja PHP memenuhi kebutuhan proyek Anda.

12 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Laravel untuk Proyek Pengembangan Web Berikutnya

1) Aturan Sintaks Intuitif

Aturan sintaks Laravel sederhana dan mudah dimengerti. Anda dapat mempelajari sintaks Laravel tanpa perlu waktu dan tenaga ekstra. Aturan sintaks akan memudahkan Anda dalam memelihara dan memperbarui aplikasi Laravel dengan menulis kode yang bersih. Selain itu, sintaks Laravel memungkinkan Anda untuk fokus pada fungsionalitas dan kinerja aplikasi web daripada kode sumbernya.

2) Komposer

Saat menggunakan Laravel, Anda dapat meningkatkan fungsionalitas aplikasi web dan pengalaman pengguna dengan menggunakan paket pihak ketiga. Laravel lebih jauh membantu Anda mengelola paket eksternal secara efisien melalui alat manajemen ketergantungan yang kuat seperti Komposer. Anda bahkan dapat menginstal dan menjalankan Komposer dengan lancar dengan menjalankan perintah Artisan tertentu. Tetapi Composer akan membantu Anda mengatur proyek Laravel tanpa mengunduh file zip dan mengkloning paket Github. Anda bahkan memiliki opsi untuk membuat perubahan pada file composer.json untuk menginstal paket yang dibutuhkan dengan cepat.

3) Tukang

Baca juga:   Ruby on Rails Vs PHP: Yang Mana Yang Terbaik?

Laravel memungkinkan Anda melakukan tugas pengembangan web umum melalui antarmuka baris perintah – Artisan. Anda dapat menjalankan perintah Artisan untuk melakukan tugas pengembangan web umum dan mengoptimalkan kinerja aplikasi Laravel. Pada saat yang sama, Laravel memungkinkan Anda membuat perintah khusus sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bahkan memiliki opsi untuk membuat perintah kustom baru dengan menjalankan perintah Artisan yang ada – make: command.

4) ORM yang fasih

Laravel hadir dengan sistem object relational mapper (ORM) built-in – Eloquent. Anda dapat menggunakan ORM yang fasih untuk bekerja dengan beberapa database dan melakukan operasi database umum. Saat menggunakan Eloquent ORM, Anda dapat bekerja dengan banyak database secara efisien melalui implementasi ActiveRecord. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan model untuk melakukan operasi database umum tanpa menulis kueri SQL yang panjang. Alat migrasi database yang disediakan oleh Laravel semakin menyederhanakan proses sinkronisasi beberapa database yang berjalan pada sistem yang berbeda.

5) Mesin Template Blade

Karena Laravel mendukung paradigma pemrograman model-view-controller (MVC), Anda dapat mengembangkan aplikasi web yang kompleks secara cepat dengan memisahkan antar muka pengguna dan lapisan logika bisnis. Pada saat yang sama, mesin template Blade akan membantu Anda mengompilasi semua tampilan ke dalam kode PHP, menyertakan kode PHP dalam tampilan, dan menyimpan kode PHP dalam cache hingga tampilan tetap tidak berubah. Anda bahkan dapat memanfaatkan mesin templat Blade untuk menampilkan data dan memperluas tata letak tanpa memengaruhi kinerja aplikasi Laravel.

Baca juga:   Aplikasi PHP yang Kuat dan Scalable untuk Meningkatkan Keberadaan Web Anda

6) Routing tenang

Selain menyederhanakan pengembangan aplikasi web, Laravel memfasilitasi pengembangan layanan web dengan mendukung perutean RESTful. Anda dapat menggunakan framework PHP untuk membangun layanan web berdasarkan arsitektur REST. Fitur ini memungkinkan Anda membuat aplikasi web berinteraksi dengan aplikasi dan layanan lain melalui protokol terbuka seperti HTTP. Selanjutnya, Anda dapat menyederhanakan pengembangan layanan web dengan memanfaatkan metode HTTP seperti GET, POST, PUT, dan DELETE.

Hosting Unlimited Indonesia

7) Pengujian Unit

Saat menggunakan Laravel, Anda dapat melakukan pengujian unit dengan PHPUnit. PHPUnit memudahkan Anda untuk menguji fitur atau fungsi tertentu dari aplikasi web dengan melakukan pengujian unit selama proses pengembangan. Pada saat yang sama, Laravel memungkinkan Anda melakukan pengujian unit hanya dengan menulis kasus pengujian dan menentukan metode pengujian kustom. Karenanya, Anda dapat menulis dan menjalankan kasus pengujian dengan mudah sesuai dengan persyaratan pengujian tertentu.

8) Perpustakaan Otentikasi

Pustaka otentikasi yang disediakan oleh Laravel membantu Anda menjaga keamanan aplikasi web dengan mengimplementasikan berbagai otentikasi. Anda bahkan dapat mengontrol dan mengelola layanan otentikasi individu hanya dengan membuat perubahan pada file konfigurasi otentikasi. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan fitur keamanan yang disediakan oleh pustaka otentikasi untuk mengenkripsi data, membuat halaman login, dan mencegah pemalsuan permintaan lintas situs (CSRF).

9) Sistem Caching

Selain menyediakan sistem cache dasar, Laravel juga mendukung sistem cache yang banyak digunakan seperti Redis, Memcached, dan APC. Anda dapat memanfaatkan sistem cache dasar untuk menyimpan objek dalam database atau file. Selain itu, Anda dapat menjalankan perintah Artisan tertentu untuk menyimpan konfigurasi dan rute ke cache. Pada saat yang sama, Anda dapat dengan mudah mempercepat aplikasi Laravel dengan mengganti sistem cache dasar dengan sistem cache pihak ketiga yang tangguh seperti Redis atau Memcached.

10) Sistem File Ganda

Versi 5 Laravel hadir dengan dukungan asli untuk sistem file ganda. Anda dapat menggunakan paket pihak ketiga untuk bekerja dengan banyak sistem file secara mulus. Laravel bahkan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konfigurasi melalui opsi yang berbeda – config.php dan filesystem.php. Anda bahkan memiliki opsi untuk menyesuaikan konfigurasi melalui penyimpanan lokal dan berbasis cloud. Dukungan sistem file multipel asli memudahkan Anda untuk menjaga API konsisten dengan memilih drive yang tepat.

Baca juga:   Mengapa Pengembangan Web PHP Bermanfaat

11) Pengembangan API

Versi terbaru Laravel menyederhanakan pengembangan API berdasarkan kelas sumber daya. Saat menulis API, Anda dapat memanfaatkan kelas sumber daya untuk menautkan model Eloquent dan permintaan JSON tanpa membuat lapisan transformasi tambahan. Kelas sumber daya selanjutnya memungkinkan Anda untuk mengonversi model dan koleksi model menjadi JSON tanpa memerlukan lapisan transformasi tambahan.

12) Pemberitahuan Sesuai Permintaan

Laravel 5.5 memungkinkan Anda mengirim pemberitahuan sesuai permintaan kepada individu yang mengakses aplikasi web tanpa registrasi. Orang-orang ini biasanya mengakses aplikasi web tanpa masuk sebagai pengguna. Pengembang Laravel bisa memanggil metode Notification :: route untuk mengirim notifikasi on-demand melalui aplikasi web ke pengguna tersebut cukup dengan menentukan informasi perutean notifikasi ad-hoc kustom.

Fitur dan alat canggih yang disediakan oleh Laravel memudahkan Anda membangun aplikasi web kustom sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berbeda-beda. Fitur tambahan seringkali berdampak buruk pada kinerja aplikasi Laravel. Karenanya, Anda harus menerapkan sejumlah teknik pengoptimalan kinerja untuk meningkatkan kecepatan aplikasi dan pengalaman pengguna. Namun Laravel telah berkembang secara konsisten untuk memenuhi tren pengembangan aplikasi web yang sedang berkembang. Anda selalu dapat mempercepat pengembangan aplikasi web kustom dengan memanfaatkan fitur dan peningkatan baru yang disertakan dalam versi terbaru Laravel.



Source by Arun Kumar Biswal

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: