Teknologi


XL Axiata Gandeng Cisco untuk Efisiensi Kapasitas Jaringan Seluler Melalui Teknologi CUTO
Teknisi jaringan XL Axiata bekerja di atas menara BTS di Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. XL Axiata dan Cisco bekerja sama menerapkan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization (CUTO) pada jaringan 4G XL Axiata. Teknologi CUTO menjadi solusi bagi XL Axiata untuk memberikan pengalaman mobile broadband yang lebih baik kepada pelanggan seiring dengan terus tumbuhnya trafik data.

Alkindyweb.com – XL Axiata dan Cisco bekerja sama dalam hal penerapan teknologi baru pada jaringan XL Axiata. Melalui kerja sama ini, pemanfaatan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization (CUTO) akan diterapkan pada jaringan 4G XL Axiata.

Pada pertengahan tahun 2021 lalu, XL Axiata dan Cisco telah melakukan serangkaian uji coba solusi CUTO. Setelah terbukti berhasil meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio, teknologi CUTO mulai diimplementasikan pada akhir tahun 2021 di sejumlah area dengan tingkat kepadatan trafik data yang tinggi.

Di tahun 2022, XL Axiata akan memperluas adopsi teknologi ini.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, “Kami senang dapat bekerja sama dengan Cisco dalam penerapan teknologi CUTO, dimana ini adalah yang pertama di Indonesia. CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan sehingga infrastruktur jaringan seluler kami menjadi semakin lebih baik.”

Baca juga:   Samsung Galaxy S21 FE Akan Menggunakan Kamera Selfie 32MP

“Dengan CUTO, XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan, di mana pun mereka berada,” imbuhnya.

Baca Juga: XL Axiata Berikan Bundling Google Workspace Terjangkau Bagi UMKM, Dibandrol Mulai Rp65 Ribu

I Gede Darmayusa menambahkan, teknologi CUTO merupakan salah satu solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata, untuk dapat terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband yang lebih baik kepada pelanggannya.

Hal ini terbukti dari laporan pengukuran jaringan terbaru, dimana throughput pengguna XL Axiata telah mengalami peningkatan hingga sekitar 17% melalui penerapan CUTO.

Baca juga:   Alfamart Masuk Metaverse - Selular.ID

“XL Axiata merupakan salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan trafik layanan data yang terus meningkat setiap tahunnya. Kami melihat, inovasi dan adaptasi yang mereka lakukan demi menjaga jaringan dan layanan data berkualitas tinggi agar dapat terus dinikmati oleh pelanggan setia,” papar Sanjay Kaul, President, Service Provider, Asia Pacific and Japan, Cisco.

CUTO merupakan fitur optimasi yang dihadirkan oleh Cisco untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan XL Axiata dengan mengandalkan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

Dengan algoritma AI dan ML tersebut, CUTO mampu mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan dapat lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan XL Axiata.

Baca juga:   Review 1More Dual Driver ANC Pro: Headphone Bluetooth Dengan ANC Ajaib dan Baterai Ajiib

Melalui sejumlah fitur canggih yang dimiliki CUTO tersebut, kapasitas jaringan dapat diperbesar tanpa harus melakukan upgrade jaringan sebagaimana halnya solusi konvensional.

Baca Juga: Dorong Konektivitas 5G di Indonesia Indosat Ooredoo Gaet Cisco

Teknologi CUTO merupakan salah satu solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata, untuk dapat terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan, meningkatkan kapasitas jaringan dengan cara yang efisien.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: