Tutorial

Hosting Unlimited Indonesia

Katakanlah, Anda berkunjung ke sebuah website untuk mengunduh file. Ternyata, di sana ada dua opsi link download, yakni direct download dan mirror download. Anda jadi bingung apa itu direct download dan mirror download serta bedanya di mana, kan?

Tenang, jawabannya ada di artikel ini, kok. Kali ini, kami ajak Anda belajar arti mirror download dan direct download, serta perbedaan lengkap antara keduanya. Penasaran ingin mengenal lebih dekat?

Langsung saja, ini dia pembahasan selengkapnya!

Arti Direct Download dan Mirror Download

cara membuat link download di website sendiri di wordpress berhasil

Direct download artinya mendownload file dari website secara langsung tanpa perlu melewati proses panjang. Misalnya di suatu website ada sebuah link download, maka Anda bisa langsung mengunduh file dengan klik link tersebut.

Contoh web direct download adalah ketika Anda mempraktikkan cara membuat link download menggunakan hosting sendiri. Anda mengupload file ke server website, kemudian link unduhan file tersebut Anda pasang di salah satu halaman web.

arti mirror download

Sedangkan mirror download artinya Anda mengunduh file dari sebuah website di mana file tersebut sebenarnya ditempatkan di website lain. Nah, di website lain inilah Anda baru benar-benar mengunduh file yang dimaksud.

Contoh dari mirror download adalah ketika Anda mengklik link download file di website, tapi Anda justru dilemparkan ke website berbagi file seperti Dropbox atau Mediafire. Baru di situs ini, proses download yang sesungguhnya berlangsung.

Baca juga:   Cara Membuat Website Travel dalam 8 Langkah Mudah

Nah, itu tadi arti mirror download dan direct download. Anda ingin mengenal lebih jauh perbedaan keduanya? Yuk simak poin yang mau lewat di bawah!

QnA Perbedaan Direct Download dan Mirror Download

Di luar sana, ada banyak sekali pertanyaan terkait direct download dan mirror download. Nah, kami akan merangkum beberapa di antaranya khusus untuk Anda.

Apa Perbedaan Direct Download dan Mirror Download?

Ketika kami menjelaskan apa itu direct download dan mirror download, maka perbedaan keduanya sebenarnya sudah terlihat. Namun agar lebih gamblang, yuk simak tabel komparasi berikut:

Aspek Perbedaan Direct Download Mirror Download
Penempatan file File ditempatkan di server yang sama dengan website File ditempatkan di server yang berbeda dengan website
Proses download Lebih cepat, download bisa berlangsung hanya dengan sekali tahapan Lebih lambat, download berlangsung setelah melewati beberapa tahapan

Singkatnya, perbedaan mirror download dan direct download adalah dari sisi penempatan file dan tahapan proses download.

Bagaimana Cara Kerja Mirror Download?

contoh direct download mirror download

Cara kerja mirror download sebenarnya sangat sederhana. Anda perlu menyiapkan platform lain sebagai tempat unduhan file. Nantinya, Anda tinggal mengarahkan siapapun yang ingin mendownload file dari website Anda ke platform lain tersebut.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi There Has Been a Critical Error on This Website

Namun tak melulu menggunakan platform berbagi file, Anda juga bisa memanfaatkan layanan hosting untuk melakukan mirror download. Khususnya, jika Anda punya dua akun hosting berbeda.

Misalnya Shared atau Cloud Hosting untuk menghostingkan website, dan VPS murah sebagai tempat menyimpan file yang ingin dibagikan.

Mengapa Anda Perlu Melakukan Mirror Download?

Sampai di sini, mungkin Anda bertanya, kenapa sih kita perlu melakukan mirror download? Padahal, direct download adalah metode pengunduhan file yang jauh lebih simpel.

Eits… jangan salah! Ada beberapa alasan menggunakan mirror download, seperti:

  • Membagi Trafik dari Website Utama – Website kebanjiran pengunjung bisa menimbulkan masalah karena sesaknya trafik. Nah, adanya mirror download memungkinkan Anda membagi trafik agar tidak berjubel di satu lokasi.
  • Mempercepat Akses Menuju Website – Lanjutan dari poin sebelumnya, karena Anda sudah membagi trafik unduhan file ke beberapa tempat berbeda, maka akses menuju website Anda jadi lebih cepat.
  • Menghindari Server Website Down – Tak hanya bikin website lemot, trafik yang terlalu penuh bisa menyebabkan server down. Namun dengan memakai mirror download, setidaknya risiko server website utama anjlok bisa ditekan seminimal mungkin.
Baca juga:   Apa Itu GDPR? Haruskah Anda Khawatir Dengannya?

Apa Perbedaan Hasil Unduhan Direct Download dan Mirror Download?

Jika ditanya apakah ada perbedaan antara hasil unduhan direct download dan mirror download, maka jawabannya TIDAK ADA. File download di website mirror sama sekali tidak ada yang ditambah maupun dikurangi.

Yang membedakan hanyalah lokasi tempat pengunduhan file dan tahapan yang mesti dilalui pengguna untuk mendapatkan file tersebut.

Direct Download dan Mirror Download, Manakah Pilihan Anda?

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui apa itu mirror download dan direct download, serta beberapa perbedaan keduanya. Intinya sepraktis apapun menggunakan direct download, ada kalanya Anda juga perlu memanfaatkan mirror download.

Nah, VPS adalah salah satu layanan hosting yang bisa Anda gunakan sebagai lokasi mirror download file. Tapi ingat, jangan sembarangan membeli VPS. Pilihlah dari penyedia yang sudah teruji kualitasnya, seperti Niagahoster.

Kebetulan, Niagahoster menyediakan layanan Cloud VPS Hosting dengan berbagai kelebihan. Mulai dari Network Link 100Mb/S untuk transfer data ngebut, Uptime 99.9% untuk server bebas down, hingga RAID-10 untuk memproteksi file dari risiko kehilangan.

Menariknya lagi, semua kecanggihan di atas bisa Anda nikmati dengan harga yang ramah di kantong, mulai Rp104 ribuan/bulan saja! Jadi tunggu apa lagi, yuk cobain layanan Cloud VPS Hosting Niagahoster sekarang!



Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: