Teknologi


 Jakarta, Alkindyweb.com – Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita meluncurkan program Startup4Industry 2020 bertajuk ‘Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri’. Acara yang di dalamnya digelar sebuah Seminar Nasional ini bertujuan untuk mengerakan startup lokal untuk memiliki andil dalam menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

“Kami kembali melaksanakan program Startup4Industry untuk mendorong implementasi teknologi 4.0, dengan menjembatani kebutuhan dunia industri dan masyarakat dengan startup Tanah Air sebagai technology provider,” terang Agus pada gelaran Seminar Nasional Startup4Industry 2020 secara daring.

Menurut Agus jika peran teknologi hadir akan timbul multiplier effect utamanya kepada sektor industri prioritas dalam Making Indonesia 4.0, yaitu industri otomotif, elektronik, makanan & minuman, tekstil, kimia, alat Kesehatan, farmasi, serta tentunya memberikan dampak sosial yang positif kepada masyarakat.

Baca juga:   MWC 2021 Akan Digelar Offline, Penyelenggara Terapkan Ini

Baca juga: iDEA Dan Bakti Kominfo Beri Pelatihan UMKM Daerah 3T Agar Go Digital

Sejak tahun 2018, dimana Making Indonesia 4.0 diluncurkan oleh Bapak Presiden sebagai inisiatif untuk merevolusi industri dengan implementasi teknologi, Kementerian Perindustrian telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong implementasi teknologi 4.0 diantaranya pilot project pelatihan digital transformation manager, sosialisasi dan seminar tentang industri 4.0, peluncuran INDI 4.0 (Indonesia Industri 4.0 Readiness Index), serta tentunya program Startup4Industry.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Gati Wibawaningsih, menambahkan bahwa program Startup4Industry 2020 memiliki serangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Desember 2020 mendatang.

Baca juga:   6 HP Infinix RAM 6GB Harga Rp2 Jutaan, Main PUBG dan ML Jadi Nikmat

“Terdapat kompetisi berbasis pemecahan masalah dengan menggunakan teknologi industri 4.0 untuk penanganan dampak covid-19, diskusi solutif antara problem owner dan technology startup, Tech Link atau temu bisnis startup dengan industri khususnya IKM, serta webinar dan workshop series,” jelas Gati.

“Dan Seminar Nasional ini merupakan sarana dalam menyampaikan kemanfaatan teknologi industri 4.0 serta untuk menguatkan keberadaan dan peran startup sebagai technology provider utamanya di masa kenormalan baru,” sambung Gati.

Baca juga: Kapasitas CEIR Penuh, Asus ROG Phone 3 Tidak Dapat Sinyal Operator

Penyelenggaraan program Startup4Industry pada tahun 2018 dan 2019 lalu berhasil menorehkan sejumlah pencapaian, diantaranya jumlah peserta kompetisi mencapai  220 startup, terdapat 15 proyek implementasi yang dikerjakan startup di IKM, 26 IKM memakai solusi teknologi dari startup, serta Finalis pada kompetisi tahun 2018, MSMB, menjuarai Hermes Startup Award 2020, yaitu kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan pertama kali oleh Deutsche Messe, penyelenggara Hannover Messe.

Baca juga:   Review TWS Realme Buds Air 2, Lebih Bagus dari AirPods?

Tak dipungkiri lagi, kebutuhan inovasi teknologi akan mengalami peningkatan pesat dan menjadi pasar potensial bagi teknologi digital untuk dapat diisi oleh peran serta startup Tanah Air sebagai implementator dan problem solver. Diharapkan melalui ekosistem solusi teknologi yang dibentuk oleh Startup4Industry akan mendukung terwujudnya ekosistem Making Indonesia 4.0.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: