Teknologi


Samsung Android 13
Samsung Android 13

Alkindyweb.com – Samsung melaporkan pendapatan awal untuk kuartal pertama yang mengalahkan perkiraan analis pada permintaan yang kuat untuk model smartphone baru dan chip memori yang masuk ke server.

Laba operasional meningkat 50 persen menjadi 14,1 triliun won (US$11,6 miliar) untuk tiga bulan yang berakhir Maret 2022, perusahaan terbesar Korea Selatan mengatakan pada hari Kamis dalam sebuah pernyataan.

Penjualan naik 18 persen menjadi 77 triliun won, juga lebih tinggi dari yang diharapkan. Samsung akan memberikan pendapatan bersih dan kinerja divisi ketika melaporkan pendapatan penuh pada 28 April.

Samsung adalah perusahaan teknologi besar pertama yang melaporkan angka untuk kuartal pertama, periode yang terganggu oleh perang di Ukraina, sanksi terhadap Rusia dan kebangkitan infeksi Covid-19 di China.

Baca Juga: Harga 11 Juta, Samsung Smart Monitor M8 Siap Di-Preorder

Namun, ekspansi pusat data dan pergeseran global ke komunikasi selular 5G terus memacu permintaan semikonduktor yang menyumbang sebagian besar keuntungan konglomerat.

Baca juga:   Apple Bersedia Bayar Rp290 Milliar, Setelah Dapat Gugatan Kinerja iPhone 4s Bermasalah

“Kami mengharapkan pertumbuhan pendapatan yang solid pada tahun 2022 di belakang rebound pendapatan yang sehat di semikonduktor dan tampilan pada paruh kedua tahun 2022,” Peter Lee.

“Secara khusus, kami berharap bisnis memori Samsung mendapat manfaat dari kekuatan harga memori sepanjang paruh kedua tahun 2022”, ujar analis di Citigroup itu.

Di smartphone, pilar pertumbuhan Samsung lainnya, penjualan kumulatif seri Galaxy S22 kemungkinan akan melebihi satu juta unit di Korea Selatan minggu ini, kata perusahaan itu.

Baca Juga: Desain Samsung M13 5G Terungkap Dengan Modul Dual Kamera Besar

Jajaran flagship baru, yang memulai debutnya pada Februari, terjual 20 persen lebih cepat daripada seri S21 sebelumnya, menurut perusahaan yang berbasis di Suwon. Di AS, S22 terjual 60 persen lebih banyak daripada S21 dalam tiga minggu pertama di pasar, menurut firma riset Counterpoint.

Baca juga:   Program Kominfo Siapkan Talenta Mahir Digital

Meski mencapai rekor pendapatan baru, saham Samsung telah anjlok sekitar 12,5 persen sepanjang tahun ini, dengan sektor chip yang lebih luas berkinerja buruk karena meningkatnya risiko ekonomi mengaburkan prospek permintaan konsumen.

Lonjakan harga minyak setelah invasi Rusia ke Ukraina bersama dengan inflasi dan kenaikan suku bunga, juga mendorong kekhawatiran tentang berkurangnya pendapatan yang dapat dibelanjakan dan pengeluaran diskresioner.

Samsung, yang memproduksi lebih dari sepertiga chip memori DRAM dan NAND dunia, tidak hanya dipengaruhi oleh siklus industri semikonduktor, tetapi juga oleh permintaan dari konsumen karena membuat produk akhir serta chip yang masuk ke gadget-gadget tersebut.

Pasar chip memori keluar dari penurunan lebih awal dari yang diharapkan, dengan harga hanya turun sedikit di kuartal pertama. Harga DRAM turun 4 persen, kurang dari 6 persen yang diproyeksikan, sementara NAND turun 3 persen, menurut Citigroup.

Baca juga:   Menanti Kejutan Kamera Oppo Reno4

Baca Juga: Samsung Galaxy Watch 5 Pro Diprediksi Punya Kapasitas Baterai Lebih Besar

Harga NAND diperkirakan akan naik 5 persen menjadi 10 persen pada kuartal saat ini karena pasokan semakin ketat setelah masalah kontaminasi di Kioxia Holdings dan pabrik wafer patungan Western Digital di Jepang, firma riset TrendForce memperkirakan.

Biaya pembuatan chip juga meningkat karena pembuat chip harus mendiversifikasi sumber gas dan mineral yang dulunya diimpor sebagian besar dari Ukraina. Kebijakan penguncian China menyebabkan gangguan logistik, yang dapat merusak sumber komponen dan menunda produksi gadget yang menggunakan memori Samsung.

Analis juga mengutip peningkatan yang relatif lambat dalam hasil produksi Samsung dari node canggih untuk pembuatan chip berbasis kontrak sebagai risiko penurunan untuk saham.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: