Tutorial


Selamat datang di masa depan pembuatan website! Sekarang, Anda bisa memakai AI untuk membuat website, lho! Tidak ada lagi proses membuat website dari nol yang mungkin bikin kewalahan, apalagi bagi yang belum berpengalaman.

Sebab, kini ada kecerdasan buatan (AI) yang bisa membantu Anda membuat website sendiri dengan berbagai rekomendasi yang relevan. Namun, untuk membangun website yang keren dan optimal dengan AI, Anda harus tahu prompt yang benar.

Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Seperti apakah cara membuat website dengan AI?

Nah, Anda akan mempelajari bagaimana AI bisa memudahkan proses pembuatan website beserta contoh prompt yang bisa digunakan. Tak usah berlama-lama lagi, ini dia cara menggunakan AI untuk membuat website!

Unlimited Hosting CTA Button

Bagaimana Peran AI untuk Membuat Website?

Sebelum mempelajari lebih lanjut, mari pahami dulu bagaimana Anda bisa menggunakan AI untuk membuat website.

AI atau artificial intelligence adalah kemampuan komputer untuk meniru kecerdasan manusia dalam mempelajari, merencanakan, dan mengambil keputusan.

Dalam pembuatan website, AI mampu membantu Anda merencanakan proses pengembangan web secara lebih praktis. Selengkapnya, ini dia peran AI untuk buat website:

  • Merekomendasikan tema dan desain web sesuai kebutuhan.
  • Membuat dan mengoptimalkan konten.
  • Merekomendasikan berbagai plugin yang efektif untuk website.
  • Memberikan rekomendasi untuk optimasi website.

Jadi, meskipun Anda belum pernah membuat website sama sekali, AI akan membantu Anda dan siapa pun membuat website dengan lebih cepat dan efisien.

Kalau tidak percaya, mari pelajari cara memanfaatkan AI untuk membuat website yang akan kami jelaskan selanjutnya.

Cara Membuat Website dengan AI

Di bagian ini, kami akan membagikan cara menggunakan AI untuk membuat website dari nol dengan cepat beserta prompt yang bisa Anda ketik.

ChatGPT adalah tool AI yang kami gunakan kali ini. Sembari membaca artikel ini, Anda juga boleh langsung mempraktikannya, loh. Mari mulai membuat website dengan AI!

1. Menentukan Penyedia Hosting

Sebelum memulai pembuatan website, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah memilih penyedia hosting yang andal dan tepercaya.

Tak usah bingung, karena Anda bisa meminta bantuan artificial intelligence dan ChatGPT untuk memberikan rekomendasi penyedia hosting terbaik.

Contoh prompt:

Saya ingin membangun website [….] untuk [….]. Situs web ini akan diakses oleh sekitar [….] pengunjung per bulannya.Saya menginginkan penyedia hosting dengan server terbaik dan keamanan yang tinggi. Rekomendasikan penyedia hosting terbaik di Indonesia yang cocok untuk kebutuhan saya! Terima kasih!

Rekomendasi AI:

hasil AI untuk membuat website

Dengan prompt di atas, Anda akan mendapatkan rekomendasi hosting terbaik yang bisa Anda gunakan untuk website.

Mungkin, Anda akan menemukan nama Niagahoster di urutan pertama.  AI merekomendasikannya karena Niagahoster dikenal sebagai penyedia web hosting no. 1 di Indonesia yang menawarkan layanan hosting berkualitas.

Dengan membeli hosting Niagahoster, situs web Anda memiliki keamanan tinggi dan memiliki kecepatan akses yang mumpuni. Tentunya, dua hal ini adalah syarat wajib untuk memiliki website yang optimal.

2. Menentukan Jenis Layanan Hosting

Penyedia hosting terbaik sudah Anda temukan, tapi apa ya jenis layanan hosting yang cocok untuk Anda? Daripada bingung, Anda bisa mencoba memasukkan prompt lagi ke platform AI Anda.

Baca juga:   5+ Cara Membuat Recent Post di Blog WordPress [Terbaru]

Pastikan untuk menyebutkan kebutuhan dan tujuan website sedetail mungkin, karena prompt yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula.

Dalam contoh prompt AI untuk membuat website berikut ini, kami menuliskan perintah untuk mendapatkan rekomendasi paket hosting website toko online.

Contoh prompt:

Saya ingin membangun toko online untuk menjual produk-produk [….] dengan koleksi sekitar [….] produk. Selain itu, situs web saya akan memiliki sekitar [….] halaman web.Kira-kira akan ada [….] pengunjung per bulan awalnya dan meningkat seiring waktu.Memiliki WordPress Management akan membantu saya dalam mengelola situs web dengan lebih mudah. Selain itu, saya juga memerlukan sertifikat SSL untuk melindungi data pelanggan dan transaksi yang dilakukan di toko online saya.Anggaran saya sekitar Rp…. per bulan untuk layanan hosting.Rekomendasikan paket hosting di Niagahoster yang cocok untuk kebutuhan saya! Terima kasih!

Atau Anda juga bisa meminta rekomendasi yang lebih umum, meneruskan percakapan sebelumnya dengan memberikan perintah berikut ini dan melanjutkan proses cara membuat website dengan AI:

Kira-kira, apa layanan hosting yang cocok untuk saya di Niagahoster? Sebagai gambaran, saya tidak memiliki latar belakang sebagai web developer sehingga saya butuh platform website yang mudah digunakan oleh pemula untuk [….]. Saya juga perlu website yang aman agar tidak kena hack, dan kalau bisa menyediakan banyak tutorial untuk platformnya. Tolong rekomendasikan paket hosting yang paling mudah ya.

Rekomendasi AI:

rekomendasi jenis layanan hosting dari AI

Nantinya, AI akan merekomendasikan beberapa jenis layanan hosting. Namun perlu diketahui bahwa kemampuan AI dalam memberikan saran spesifik agak terbatas.

Tapi jangan khawatir, untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti, kami sudah menyiapkan panduan Cara Memilih Paket Hosting sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Kemudian setelah mendapatkan layanan hosting, Anda juga perlu membeli domain. Untungnya, semua paket hosting di Niagahoster sudah menyertakan domain sehingga Anda tidak perlu repot membelinya lagi.

Jangan lupa instal WordPress atau content management system lain yang Anda butuhkan, ya! Kecuali jika dari awal Anda sudah memilih WordPress Hosting, yang sudah menyertakan CMS ini secara otomatis.

WordPress Hosting CTA Button

3. Memilih Tema Website

Setelah mendapatkan paket hosting dan memilih platform yang akan digunakan,  Anda bisa lanjut ke langkah menyesuaikan tampilan website, mulai dari memilih tema.

Menentukan pilihan di antara ratusan tema website yang tersedia memang bisa cukup merepotkan. Untungnya, AI mampu merekomendasikan tema website yang cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kalau memilih platform website builder, Anda bisa tinggal pilih dari template yang tersedia. Namun jika memilih WordPress, mungkin Anda perlu bantuan AI untuk menentukannya. 

Sebisa mungkin, berikan instruksi yang detail agar AI dapat memberikan saran akurat.

Contoh prompt:

Saya sedang memulai toko online dan mencari tema website yang menarik dan cocok untuk bisnis [….] dengan fokus produk [….].Tema tersebut harus mendukung integrasi dengan sistem pembayaran dan memiliki fitur pengelolaan produk yang lengkap. Saya juga menginginkan tema website yang memiliki tampilan modern, minimalis, dan responsif.Berikan beberapa rekomendasi tema WordPress yang memenuhi kriteria tersebut. Terima kasih!

Rekomendasi AI:

contoh hasil prompt tema website

Apabila menginginkan rekomendasi yang lebih sesuai dengan alur percakapan Anda dengan AI, Anda juga bisa menggunakan prompt berikut ini:

Baca juga:   Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerjanya!
Oke, saya memilih paket WordPress Hosting dan akan menggunakan WordPress sebagai platform pembuatan website. Sekarang, bisakah Anda membantu saya menyesuaikan tampilan website? Kira-kira, tema apa yang cocok untuk website saya?

Dengan bantuan AI, rekomendasi tema website yang cocok untuk website bisa lebih cepat ditemukan.

4. Mendesain dan Mengatur Tata Letak

Kalau ingin memodifikasi tema website, Anda bisa loh meminta bantuan AI untuk membantu memikirkan konsepnya. Kecerdasan buatan bisa merekomendasikan desain hingga tata letak yang menarik.

Agar AI bisa memberikan masukan yang relevan, anggaplah tool ini sebagai seorang konsultan web design. Anda harus mendeskripsikan keinginan Anda dengan detail, agar ‘konsultan’ tersebut memahami maksud Anda.

Contoh prompt:

Saya ingin membangun sebuah toko online untuk produk pakaian fashion. Desain website ini akan mencerminkan gaya visual yang modern, elegan, dan minimalis, dengan inspirasi dari situs web seperti ZARA.

Di halaman utama, saya ingin menampilkan produk unggulan, penawaran khusus untuk pelanggan pertama kali, dan testimoni pelanggan yang puas.

Struktur navigasi yang saya inginkan terdiri dari menu navigasi utama yang mencakup kategori produk, halaman detail produk, halaman tentang kami, halaman kontak, dan halaman kebijakan pengiriman dan pengembalian.

Desain website juga akan menyertakan fitur pencarian yang memudahkan pengunjung mencari produk, galeri gambar yang menampilkan produk dengan tampilan menarik, formulir kontak yang mudah diisi, dan integrasi media sosial.

Pastikan juga desain website responsive.

Untuk warnanya, saya ingin menggunakan palet warna lembut dan elegan, dengan nuansa netral seperti putih, abu-abu, dan cokelat muda, serta sentuhan aksen warna seperti biru atau merah muda.
Dengan informasi ini, berikan saran desain dan penataan layout untuk website e-commerce fashion saya. Terima kasih!

Rekomendasi AI:

rekomendasi AI untuk membuat website dari sisi desain

Lebih teknis lagi, AI juga bisa membantu Anda mengedit HTML dan CSS. Misalnya, Anda ingin menambahkan tombol call-to action (CTA) ke halaman produk.

Contoh prompt:

Tolong buatkan kode HTML dan CSS untuk tombol CTA dengan latar belakang [….] (isi dengan kode warna), teks putih bertuliskan [….], berukuran [….]px lebar dan [….]px tinggi. Letakkan tombol di [….] dan tambahkan efek [….]. Pastikan tombol CTA responsif.

Rekomendasi AI:

mengedit HTML dan CSS dengan AI

Mau yang lebih simpel dan kontekstual? Lanjutkan lagi percakapan Anda dalam satu thread untuk menentukan desain website Anda dengan prompt berikut ini:

Nah, setelah saya memilih tema, kira-kira apa saja yang perlu saya atur untuk membuat tampilan website yang menarik?

Saya mau website saya memiliki halaman utama yang langsung dilihat pengunjung ketika mereka mengakses website saya.

Setelah itu, saya juga perlu menambahkan menu yang bisa diklik pengunjung untuk melihat isi website saya.

Tolong sarankan desain yang paling menarik untuk setiap bagian-bagiannya ya!

Agar desain website Anda semakin menarik, pastikan juga untuk menambahkan gambar-gambar custom yang unik dan original.

Baca juga:   Wireframe Website: Pengertian dan Cara Membuatnya

Manfaatkan tool penghasil gambar dan desain logo gratis berbasis AI seperti Canva dan Midjourney, sehingga Anda tidak perlu menggambarnya secara manual.

Kalau sudah, mari lanjutkan ke langkah berikutnya dalam cara membuat website dengan AI.

5. Merencanakan dan Membuat Konten

Tahukah Anda kalau AI juga bisa merencanakan dan menciptakan konten website seperti deskripsi produk dan artikel blog?

Memanfaatkan teknologi AI, Anda bisa mendapatkan topik dan ide keyword untuk website Anda.

Contoh prompt:

Saya sedang mengembangkan website [….] dengan target audiens [….]. Website ini membutuhkan konten yang menarik dan relevan. Tolong berikan beberapa ide konten menarik seperti [….]. Jawab dengan format:
Keyword:
Ide konten:

Rekomendasi AI:

contoh ide konten untuk membuat website AI

Selain menyarankan ide konten, AI juga bisa membuat dan mengoptimalkan konten tersebut agar lebih menarik dan ramah terhadap mesin pencari, lho.

Teknologi natural language processing (NLP) dan machine learning adalah rahasia di balik kemampuan AI dalam menghasilkan konten yang terstruktur dan cocok dengan topik yang Anda butuhkan.

Ini contoh prompt untuk membuat konten dengan ChatGPT:

Contoh prompt:

Bayangkan Anda seorang penulis profesional dengan pengalaman lebih dari lima tahun. Sekarang, saya memiliki brief artikel SEO seperti ini:
Judul:Keyword: Deskripsi:
Intro:
Outline:

Berdasarkan brief tersebut, buat sebuah artikel SEO dengan jumlah kata sekitar […..]

Tak berhenti di sana, Anda juga bisa membuat copywriting website dengan bantuan web AI selain ChatGPT, misalnya, dengan Copy.ai dan Jasper.ai.

Tapi perlu diingat, meskipun dapat membantu merencanakan dan membuat konten website, AI bukanlah pengganti manusia.

Peran manusia masih sangat diperlukan dalam mengarahkan dan mengedit konten yang dihasilkan AI agar lebih relevan dan menarik.

6. Memberikan Pengalaman yang Dipersonalisasi

Sampai di langkah ini, Anda sudah menyelesaikan sebagian langkah utama, seperti menyesuaikan tampilan dan membuat konten website. Sekarang saatnya mengoptimalkan UX website Anda.

Bila memerlukan asisten virtual yang dapat membantu personalisasi website, teknologi AI juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Dengan bantuan AI untuk membuat website, Anda bisa memiliki asisten virtual guna menganalisis data pengguna, memahami preferensi mereka, dan menghasilkan rekomendasi untuk melakukan personalisasi pada website.

Misalnya, dalam hal mengidentifikasi target audiens apabila Anda akan membuat website toko online, ChatGPT bisa digunakan untuk menganalisis data pengguna, survei, atau informasi demografis yang Anda kumpulkan. 

Contoh prompt untuk mengidentifikasi target audiens:

Berikan saya wawasan tentang preferensi fashion dan minat target audiens wanita usia [….] tahun yang aktif di media sosial.

Contoh prompt untuk menentukan segmentasi audiens:

Bantu saya mengidentifikasi segmentasi audiens berdasarkan preferensi fashion dan perilaku pembelian mereka.

Contoh prompt untuk melakukan email marketing:

Bantu saya membuat pesan email yang dipersonalisasi untuk pelanggan yang telah membeli produk [….] sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan AI seperti ChatGPT untuk membuat chatbot AI. Namun, proses ini membutuhkan pemahaman tentang pemrograman, machine learning, dan web development. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai plugin chatbot AI seperti AI Engine dan AI ChatBot.

7. Mengoptimasi Website

Website Anda sudah siap dan go online! Sekarang, Anda bisa menggunakan AI untuk membantu mengoptimasi website.

Yap, beberapa web AI memungkinkan Anda mengoptimasi website di berbagai sisi. Meski begitu, kemampuan setiap web AI mungkin saja berbeda.

ChatGPT, misalnya, belum bisa membaca struktur website ataupun elemen visual. Walau demikian, tool seperti ini mampu memahami instruksi berupa teks, sehingga Anda bisa menjadikannya asisten virtual untuk mengoptimasi website, mulai dari:

  • Memberikan saran keyword.
  • Merekomendasikan plugin untuk optimasi SEO.
  • Mengidentifikasi area perbaikan pada konten.
  • Membantu membaca data dan menganalisisnya.
  • Merekomendasikan saran perbaikan untuk website.

Dalam cara membuat website dengan AI ini, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai prompt untuk membantu mengoptimasi website.

saran optimasi website dari ChatGPT

Sekali lagi, ingat bahwa rekomendasi dari teknologi AI bisa jadi kurang valid atau terlalu umum. Oleh karena itu, Anda bisa mengombinasikan berbagai tool artificial intelligence seperti Bing AI dan Perplexity.

Manfaat Membuat Website dengan AI

Membuat website dengan AI benar-benar bisa mempermudah berbagai hal yang awalnya terlihat rumit, khususnya bagi pemula yang sama sekali belum pernah membuat website.

Di antaranya, ini keuntungan menggunakan AI untuk buat website:

  • Menghemat waktu dan biaya karena AI mampu mengurangi pekerjaan yang biasanya dilakukan manual.
  • Memberikan rekomendasi tema, plugin, dan berbagai metode optimasi website yang sesuai kebutuhan.
  • Membantu pemilik website memahami target pengunjung untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat website, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas situs web Anda secara mudah.

Keterbatasan Membuat Website dengan AI

Meskipun memiliki banyak manfaat dalam pembuatan website, AI masih memiliki beberapa keterbatasan.

Kurang lebih berikut kekurangan AI untuk membuat website:

  • Belum mampu menghasilkan konsep yang benar-benar baru, unik, atau kreatif seperti yang dapat dilakukan manusia.
  • Kemampuan berinteraksi dengan manusia terbatas.
  • Sulit dalam mengambil keputusan optimal dalam situasi yang rumit.
  • Tidak sepenuhnya memahami konteks atau tujuan spesifik suatu website.
  • Hasil analisis bisa jadi terbatas waktu tertentu.

Meskipun demikian, AI terus berkembang, dan keterbatasan-keterbatasan ini bisa jadi dapat diatasi dengan kemajuan teknologi di masa depan.

Jadi, kalau Anda ingin membuat website tapi belum tahu harus mulai dari mana, jangan ragu untuk langsung mengikuti cara membuat website dengan AI ini, ya!

Yuk Manfaatkan AI untuk Membuat Website!

Setelah membaca artikel ini, Anda pun sudah mengetahui bagaimana AI bisa merevolusi proses pembuatan website.

Namun, meskipun AI dapat memberikan bantuan, fondasi utama dalam membuat website yang optimal adalah kualitas layanan hosting yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan layanan Niagahoster, seperti WordPress Hosting. Dengan kemudahan pengelolaan dan performa hebat, Anda bisa membuat dan memiliki website terbaik dengan mudah.

[FAQ] Pertanyaan Umum Tentang AI untuk Website

Apakah Anda tertarik memakai AI untuk membuat website Anda sendiri? Kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang cara buat website dengan AI.

1. Bisakah AI membuat website secara gratis?

Beberapa platform AI pembuat website menawarkan opsi gratis dengan fitur terbatas. Namun, ada juga AI website builder yang bisa membuatkan website dengan harga terjangkau.

2. Apa saja AI pembuat website yang tersedia?

Ada banyak pilihan AI pembuat website, termasuk AI Website Builder milik kami sendiri yang bisa Anda gunakan untuk membuat website, cukup dengan menyebutkan nama brand dan deskripsi bisnis Anda..

3. Apakah  butuh skill coding untuk memakai AI dalam membuat website?

Tergantung pada platform yang Anda gunakan. Beberapa platform AI sama sekali tidak memerlukan coding, sementara yang lain mungkin perlu sedikit pengetahuan coding.

4. Mungkinkah AI menggantikan peran programmer?

Saat ini, AI belum mampu menggantikan peran programmer ataupun web developer. Meskipun AI membantu proses pembuatan website, namun pada beberapa situasi yang rumit tetap dibutuhkan campur tangan manusia.



Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: