Teknologi


Percepat Distribusi Konten dan Jaringan, Huawei Gandeng Surge Manfaatkan CDN
Percepat Distribusi Konten dan Jaringan, Huawei Gandeng Surge Manfaatkan CDN


Alkindyweb.com –Kebutuhan akan kecepatan akses terhadap konten menjadi salah satu yang utama dalam menghadapi persaingan di era digital seperti sekarang ini.

PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), anak usaha dari PT Solusi Sinergi Digital Tbk (IDX: WIFI) atau Surge secara resmi menandatangani Joint Operating Agreement (Perjanjian Kerjasama Operasi) bersama Huawei Indonesia.

Kerjasama strategis tersebut melingkupi pemanfaatan teknologi Content Delivery Network (CDN) dari Huawei, pada Edge Data Center (EDC) milik Surge.

Para pelaku industri telekomunikasi berlomba-lomba untuk memberikan user experience terbaik bagi pelanggan dalam mengakses kontenkonten digital.

Baca Juga:Pertama di Indonesia, Surge Lelang Bandwidth Hingga 3000 Gbps Untuk Perluas Akses Internet

Hermansjah Haryono, CEO Surge menjelaskan, langkah awal kerjasama ini, Huawei akan melakukan penempatan Teknologi CDN pada Edge Data Center Surge yang berada di kota Bandung, Jawa Barat yang kemudian akan dilanjutkan ke 9 (sembilan) kota lainnya di pulau Jawa.

Baca juga:   Black Shark 5 Siap Masuk Pasar Smartphone Gaming  Pada 30 Maret

Setiap titik CDN akan mengutilisasi kapasitas bandwidth sebesar 60 Gpbs. Kolaborasi diharapakan akan meningkatkan potensi revenue bagi Surge sebesar Rp 60 Miliar per tahun dan memperkuat posisi perseroan dalam menghadirkan solusi total konektivitas yang siap mengakomodasi kebutuhan ekosistem Web 3.0.

“Kerjasama operasi Huawei melalui edge data center kami merupakan validasi global atas misi Surge untuk menghadirkan konektivitas terjangkau dan mempercepat transformasi digital bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.”terang Hermansjah.

Dengan teknologi CDN untuk distribusi konten internet berkecepatan tinggi dari Huawei, Pertukaran data secara lokal dapat dilakukan dengan lebih cepat, mendukung lokasi Edge Data Center dari Surge yang dekat dengan pengguna.

Sebagai informasi teknologi CDN adalah teknologi yang dapat mempercepat penyampaian konten dengan melakukan caching atau penempatan duplikat data/konten dalam lokasi tertentu (edge nodes).

Yang dekat dengan end user/pengguna, termasuk website dan games, dengan tujuan latensi yang lebih rendah dan experience yang lebih baik di sisi pengguna.

Baca juga:   Lonjakan Permintaan Chip dan Smartphone Terbaru Dorong Pendapatan Samsung

Dengan dilengkapi CDN, Edge Data Center Surge akan memudahkan pertukaran data secara lokal, maupun akses streaming ke aplikasi media dan hiburan yang stabil dengan experience yang jauh lebih baik, tanpa banyak buffering atau lagging dan tentunya harga yang terjangkau.” tutur Hermansjah.

Jason Zhang, President of Huawei Cloud Indonesia menuturkan Huawei menyediakan layanan cloud cukup andal, aman, dan biaya yang terjangkau untuk memberdayakan aplikasi, memanfaatkan kekuatan data, dan membantu organisasi dari berbagai skala untuk tumbuh di dunia cerdas saat ini.

Melalui kerjasama operasi ini, Jason Zhang menyebutkan, Surge dan Huawei akan dapat menyediakan layanan penyediaan konten yang memiliki beberapa keunggulan seperti berikut

● Akselerasi akses konten. Meskipun terjadi jumlah permintaan yang besar, kecepatan akses dan experience pelanggan tetap terjaga karena lokasi penyimpanan data yang dekat dengan pengguna (pada Edge Data Center Surge).
Selain itu, gangguan seperti server overload atau bandwidth yang tidak cukup juga dapat dihindari.

Baca juga:   Pentingnya Bahasa Pemrograman yang Simple, Mudah Dipahami

● Akselerasi download bagi pelanggan. Proses download dapat dipercepat dalam menyediakan file audio atau video, game, software dan patch lainnya, karena konten yang akan diunduh oleh pelanggan dapat didistribusikan dari lokasi server terdekat secara optimal.

Baca Juga:Huawei Pimpin Paten Teknologi 5G, Namun Sanksi AS Mempengaruhi Penjualan dan Ketidakpastian di Pasar Global

● Akselerasi akses video on demand (VOD). Teknologi CDN Huawei membantu pelanggan untuk dapat mengakses layanan streaming secara berkualitas, stabil dan tidak mudah putus. Layanan dilengkapi dengan Hotlink Protection untuk memastikan bahwa streaming tidak diakses secara ilegal.

 

 



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: