Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Yahoo Groups sebuah layanan gratis dari Yahoo untuk masyarakat umum untuk mengadakan forum-forum diskusi berupa mailing list, akan ditutup pada 15 Desember 2020 mendatang, setelah 19 tahun beroperasi secara daring.

Dikutip dari Zdnet, Selasa (13/10) Verizon yang membeli Yahoo pada 2017 mengumumkan keputusan ‘beratnya’ tersebut pekan ini, melalui email yang dikirim ke pengguna Yahoo Groups dan juga pesan yang diposting di situs web Yahoo Groups. “Dengan berat hati, kami memutuskan menutup Yahoo Groups pada 15 Desember 2020,” tulis Yahoo.

“Kami harus mengambil keputusan sulit mengenai produk-produk yang sudah tidak lagi sesuai dengan strategi jangka panjang kami. Sementara itu, kami juga mempertajam fokus kami di area bisnis lainnya,” lanjut keteranganan Yahoo tersebut.

Baca juga:   Investor Gojek Northstar Group Kolaborasi dengan Google

Baca juga: Kapasitas CEIR Penuh, Asus ROG Phone 3 Tidak Dapat Sinyal Operator

Tidak mengherankan memang sebelumnya layanan yang hadir sejak tahun 2001 ini mengalami keterpurukan karena persaingan, dan secara berlahan mulai kehilangan sebagian besar basis penggunan aktifnya yang dulu sangat besar.

Verizon yang masuk kedalam Yahoo pun dikabarkan tidak bisa membawa perubahan yang berarti, lambat laun penurunan pengguna layanan Yahoo semakin deras. Selain itu, banyak pengguna yang diketahui beralih ke layanan premium atau berbayar, alih-alih layanan gratis seperti Yahoo Groups.

Baca juga:   4 Playlist Musik Pilihan untuk Temani Liburan Akhir Tahun

Mulai hari ini setelah penguguman diberikan, pengguna Yahoo Groups kini tidak bisa membuat group baru. Yang tetap aktif hanyalah fungsi email, namun ini juga akan dihentikan setelah 15 Desember 2020. Di tanggal tersebut, Verizon berencana menutup semua infrastruktur Yahoo Groups dan mengakhiri era internet awal.

Verizon juga mendorong semua anggota Yahoo Groups yang tersisa untuk mengatur dan beralih ke message boards dan meeting places sebelum fungsi email mulai dimatikan.

Secara kinerja, Yahoo Group sama seperti media sosial, mempertemukan atau mengumpulkan orang dengan ketertarikan yang sama untuk membuat komunitas di dunia maya melalui surel. Sebagai sebuah milis, Yahoo Groups tidak hanya berfungsi untuk menyebarkan informasi melalui surel ke beberapa orang dengan cepat. Tapi Yahoo Groups juga menawarkan beberapa fitur yang menarik yaitu sebagai tempat untuk berbagi foto, pesan dan data, melakukan poling dan mencatat kejadian di kalender Groups.

Baca juga:   IDC: Top 5 Indonesia, Pengiriman Smartphone Capai 10,6 Juta Unit Q2-2021



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: