Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Analis Perusahaan Keamanan Siber Trend Micro, baru-baru ini melaporkan bahwa menemukan beberapa kerentanan dalam aplikasi Shareit untuk perangkat smartphone. Kerentanan tersebut dilaporkan dapat disalahgunakan untuk membocorkan data pengguna.

Hal tersebut pun langsung direspon  Shareit, berdasarkan keterangan tertulisnya, pihak Shareit menjelaskan bahwa pihaknya mengetahui hal itu.

“Kami mengetahui adanya laporan dari Trend Micro terkai potensi kerentanan keamanan dalam aplikasi kami. Kami bekerja dengan cepat untuk menginvestigasi laporan ini dan pada 19 Februari 2021 kami telah merilis patch untuk mengatasi potensi kerentanan yang disebutkan,’ tulis Shareit, seperti diterima Selular, Sabtu (20/02/21).

Baca juga:   Google Ajak Keluarga Mempraktikkan Keamanan Berinternet

Shareit pun menuturkan, aplikasi Shareit merupakan platform berbagi file, penyedia konten dan gaming. Sejak didirikan miliaran pengguna telah mempercayakan Shareit untuk membagi file mereka.

Shareit menambahkan bahwa pengguna merupakan hal yang terpenting aehingga ditegaskan Shareit senantiasa berkomitmen untuk melindungi keamanan dan privasi pengguna  serta melakukan pembaruan aplikasi secara berkala guna mengantisipasi berbagai ancaman keamanan.

Sebagai informasi, kerentanan tersebut dilaporkan dapat disalahgunakan untuk membocorkan data pengguna.

Baca Juga:Ada Celah Berbahaya di Aplikasi Shareit

Bahkan, celah ini sudah ada sejak tiga bulan lalu, dalam laman resminya Echo Duan, Analis Perusahaan Keamanan Siber Trend Micro mengatakan, bug ini dapat dieksploitasi untuk menjalankan kode berbahaya.

Baca juga:   10 Prediksi IDC untuk ICT 2022 Perusahaan Bisnis

Menurutnya, ancaman ini disebabkan karena kurangnya batasan yang tepat mengenai siapa saja yang dapat memanfaatkan kode aplikasi. aplikasi yang dibagikan lewat Shareit maupun hacker yang menyerang melalui celah jaringan saat melakukan transfer data, bisa mengirim perintah berbahaya ke aplikasi Shareit.

Celah ini diketahui akan berdampak pada pengguna smartphone Android. Sementara untuk pengguna iOS, kerentanan Shareit tidak berpengaruh karena aplikasi berjalan pada basis kode yang berbeda. Dan Google telah diberi tahu tentang kerentanan ini.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: