Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Peralihan pemerintahan dari Donald Trump ke Joe Biden telah berlangsung sejak Januari lalu. Meski demikian, AS tampaknya akan tetap bersikap “keras” terhadap China.

Alih-alih mengendurkan tekanan terhadap perusahaan-perusahaan China, seperti Huawei, ZTE, atau Xiaomi, Gedung Putih justru memperluas medan pertempuran baru di industri teknologi tinggi, khususnya semikonduktor, agar China tetap di bawah hegemoni AS.

Demi mencegah China menyalip AS dalam industri semikonduktor pada tahun-tahun mendatang, Komisi Keamanan Nasional AS pada Senin (1/3/2021) merekomendasikan Kongres memperketat suplai teknologi pembuatan chip untuk mencegah China menyalip AS dalam industri semikonduktor pada tahun-tahun mendatang.

Komisi Keamanan Nasional untuk Kecerdasan Buatan (NSCAI), yang dipimpin oleh mantan Ketua Google Eric Schmidt, merekomendasikan untuk membatasi kemampuan China dalam mendapatkan peralatan manufaktur yang diperlukan membuat chip komputasi tingkat lanjut. Chip semacam itu digunakan dalam teknologi pengawasan seperti pengenalan wajah.

“China membuat dorongan agresif untuk mempromosikan otoritarianisme di seluruh dunia. Dan hal itu bermuara pada semikonduktor,” kata seorang pejabat NSCAI kepada Reuters.

Banyak peralatan pembuat chip berasal dari perusahaan AS seperti Applied Materials dan Lam Research yang sudah tunduk pada kendali ekspor Amerika. Tetapi perlengkapan utama juga berasal dari perusahaan seperti Nikon dan Canon (Jepang) dan ASML Holding (Belanda).

Laporan itu merekomendasikan agar Amerika Serikat berkoordinasi dengan negara-negara tersebut untuk membuat kebijakan “penyangkalan dugaan” di setiap negara untuk lisensi ekspor alat pembuat chip canggih ke China.

Laporan tersebut juga merekomendasikan untuk meresmikan kebijakan AS, praktik peraturan yang telah lama ada untuk membatasi industri semikonduktor China hingga dua generasi di belakang Amerika Serikat.

Baca juga:   Tetap Produktif Bersama Keluarga Saat Pandemi Dengan Samsung Galaxy Tab A7

“Strategi ‘melindungi’ No. 1 kami adalah berjalan lebih cepat” daripada industri chip China, kata pejabat NSCAI.

Selain langkah-langkah untuk melindungi AS dan teknologi pembuatan chip sekutunya, laporan itu juga merekomendasikan langkah-langkah untuk mempromosikan manufaktur semikonduktor di Amerika setelah beberapa dekade migrasi industri ke Taiwan dan Korea.

Komisi menyodorkan proposal senilai $ 35 miliar untuk hibah dan pendanaan bagi pabrik chip dalam melakukan penelitian. Proposal tersebut bersamaan dengan pengajuan dana senilai $ 37 miliar dalam langkah-langkah membangun industri chip yang dijanjikan Presiden Joe Biden pada minggu lalu.

Selain itu, Komisi juga menyerukan kredit pajak investasi 40% untuk peralatan semikonduktor, yang dikatakan akan memacu pembangunan pabrik chip di Amerika Serikat serta menguntungkan pembuat peralatan Amerika.

Pertumbuhan China

Semikonduktor, perangkat elektronik kecil yang terutama berbasis silikon atau germanium, memungkinkan hampir semua aktivitas industri, termasuk sistem yang mendukung daya saing teknologi dan keamanan nasional AS.

Banyak pembuat kebijakan melihat kekuatan AS dalam teknologi semikonduktor dan fabrikasi sebagai hal penting untuk kepentingan ekonomi dan keamanan nasional. Saat ini industri semikonduktor AS mendominasi banyak bagian rantai pasokan semikonduktor, seperti desain chip.

Semikonduktor juga merupakan ekspor negeri Paman Sam itu. Desain dan manufaktur semikonduktor adalah perusahaan global dengan bahan, desain, fabrikasi, perakitan, pengujian, dan pengemasan yang beroperasi melintasi batas negara. Enam perusahaan semikonduktor yang berpusat di AS atau milik asing saat ini mengoperasikan 20 fasilitas fabrikasi, atau fabs, di Amerika Serikat.

Pada 2019, manufaktur semikonduktor yang berbasis di AS secara langsung mempekerjakan 184.600 pekerja dengan upah rata-rata $ 166.400. Beberapa perusahaan semikonduktor yang berkantor pusat di AS yang merancang dan memproduksi di Amerika Serikat juga telah membangun fasilitas fabrikasi di luar negeri.

Baca juga:   Sarwoto Atmosutarno Terpilih Sebagai Ketua Umum Mastel Periode 2021-2024

Demikian pula, perusahaan desain yang berkantor pusat di AS yang tidak memiliki atau mengoperasikan fasilitas fabrikasi mereka sendiri membuat kontrak dengan perusahaan asing yang berlokasi di luar negeri untuk membuat desain mereka.

Banyak dari kapasitas luar negeri ini berada di Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang, dan semakin meningkat di China. Beberapa Anggota Kongres dan pembuat kebijakan lainnya khawatir bahwa hanya sebagian kecil dari kapasitas produksi fabrikasi semikonduktor tercanggih di dunia yang ada di Amerika Serikat.

Yang lain menjadi semakin khawatir tentang konsentrasi produksi di Asia Timur dan kerentanan terkait rantai pasokan semikonduktor jika terjadi sengketa perdagangan atau konflik militer dan risiko lain seperti gangguan produk dan pencurian kekayaan intelektual.

Beberapa Anggota Kongres dan pembuat kebijakan AS lainnya telah menyatakan keprihatinan tentang implikasi ekonomi dan militer dari hilangnya kepemimpinan AS dalam semikonduktor.

Upaya yang dipimpin China untuk mengembangkan industri semikonduktor terintegrasi vertikal asli belum pernah terjadi sebelumnya dalam cakupan dan skala. Alhasil banyak pembuat kebijakan di AS prihatin bahwa upaya ini, jika berhasil, dapat secara signifikan menggeser produksi semikonduktor global serta kemampuan desain dan penelitian terkait ke China, yang merusak posisi kepemimpinan AS dan perusahaan asing lainnya.

Meskipun pangsa industri global Tiongkok saat ini masih relatif kecil dan sebagian besar perusahaannya memproduksi chip kelas bawah, kebijakan industri Tiongkok bertujuan untuk membangun dominasi global dalam desain dan produksi semikonduktor pada 2030.

Baca juga:   Samsung Galaxy Buds Beyond Segera Rilis

Selain itu, kompetensi semikonduktor China dapat mendukung berbagai kemajuan teknologi, termasuk aplikasi militer. Masalah lain bagi pembuat kebijakan adalah bagaimana menangani kepentingan yang bersaing: China adalah pasar penting bagi perusahaan semikonduktor AS, tetapi AS dan industri asing membantu memajukan kemampuan China.

Pengeluaran pemerintah China (sekitar $ 150 miliar hingga saat ini) dan perannya sebagai titik produksi pusat untuk elektronik konsumen global menghasilkan insentif dan tekanan yang kuat pada perusahaan AS dan asing untuk fokus pada China.

Pemerintah China memandang akses ke kemampuan asing dalam waktu dekat sebagai jalur utama untuk mempercepat pembangunan asli China. Yang juga menjadi perhatian banyak orang adalah upaya pemerintah China untuk mengakuisisi perusahaan dan mengakses teknologi semikonduktor melalui cara yang sah dan tidak sah; pencurian kekayaan intelektual (IP) yang ditargetkan; dan tekanan transfer teknologi.

Legislasi telah diperkenalkan di Kongres ke-116 untuk meningkatkan pendanaan federal untuk upaya penelitian dan pengembangan semikonduktor; kolaborasi antara pemerintah, industri, dan mitra akademis; dan kredit pajak, hibah, dan insentif lainnya untuk memacu produksi A.S.

Dua RUU yang sedang dipertimbangkan saat ini adalah Making Helpful Incentives to Produce Semiconductors (CHIPS) for America Act  dan American Foundries Act (AFA) tahun 2020. Beberapa ketentuan dari undang-undang tersebut telah dimasukkan dalam RUU lainnya.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: