Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – McAfee Corp baru saja mengumumkan temuan dari laporan terbaru mereka bertajuk 2021 Consumer Security Mindset Report yang mengungkap keamanan siber masyarakat akan semakin riskan di masa serba digital, yang didorong pandemi covid-19.

Menurut laporan tersebut, menyebut sebagian besar aktivitas masyarakat dilakukan secara online, seperti aktivitas sosial (80%), pengantaran makanan secara online (53%), perbankan online (52%) dan berbelanja online (51%).

Baca juga: Ternyata ‘Harga Jual’ Data Pribadi Ramah Di Kantong

Tingginya aktivitas itu, tak terkecuali masyarakat di Indonesia membuat makin rentan terhadap serangan kejahatan siber. Secara khusus, 8 dari 10 (80%) orang Indonesia mengatakan bahwa mereka khawatir dengan adanya risiko serangan siber, dan 2 dari 5 (40%) responden merasa bahwa mereka tidak mampu mencegah serangan siber.

Baca juga:   Apple Sebut iPhone Aktif Saat Ini Lebih Dari 1 Miliar

Padahal hampir seluruh penduduk Indonesia (96%) mengungkapkan ingin memiliki lebih banyak inovasi dan akses ke produk atau layanan online. Dan McAfee dalam laporanya juga menemukan 81% responden Indonesia paling khawatir terhadap pencurian data keuangan pribadi. Sejumlah 80% responden juga khawatir bahwa informasi pribadi mereka, seperti tanggal lahir atau alamat, dapat diretas dan khawatir bahwa perangkat mereka akan disusupi dengan ransomware atau spyware.

Baca juga: Polemik WhatsApp, Pengamat: Pemerintah Perlu Hadirkan Email, Chat Dan Medsos Asli Indonesia

Yang juga cukup miris, selain lalai keamanan siber. Netizen Indonesia juga mengaku tidak tahu apa tujuan peretas mengambil data mereka. Sekitar 1 dari 3 responden (35%) mengaku bahwa mereka tidak pernah tahu bahwa data mereka yang disimpan secara online bernilai tinggi.

Baca juga:   Bunuh Duo, Google Akan Integrasikan ke Meet

Hal ini lebih sering ditemui pada responden berumur 55 tahun-74 tahun, di mana sekitar 59% dari kelompok tersebut tidak tahu nilai dari data mereka, dibandingkan dengan 25% responden lain yang berumur 18-34 tahun.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: