Tutorial


Era digital membuat bisnis reservasi, penyewaan, hingga tiket makin menggiurkan lho. Tidak percaya? Di tahun 2018, sebanyak 82% dari semua travel booking dilakukan lewat aplikasi mobile atau website. Jadi tidak ada alasan untuk tidak meng-online-kan bisnis booking Anda.

Biar berjalan dengan baik, website booking terbaik membutuhkan plugin booking WordPress terbaik. Selain memiliki fitur yang mumpuni, plugin booking WordPress harus ramah pengguna.

WordPress sendiri punya ratusan plugin booking. Butuh berapa lama sampai Anda menemukan plugin booking WordPress yang cocok? 

Nah, artikel ini adalah jawabannya. Di sini Anda bisa temukan rekomendasi plugin booking WordPress terbaik, dari yang gratis hingga berbayar.

Website Apa yang Membutuhkan Plugin Booking WordPress?

Tidak semua website bisnis membutuhkan plugin booking WordPress. Lalu, website apa sih yang cocok menggunakan booking plugin WordPress ini?

1. Website Restoran

Anda yang hobi memasak dan berjiwa bisnis pasti terpikir untuk membuat bisnis restoran. Tapi bagaimana caranya agar restoran baru Anda dikenal banyak orang? Membuat website restoran adalah jawabannya.

Meng-online-kan bisnis restoran Anda adalah tindakan yang tepat untuk memperluas jangkauan pasar Anda. Selain itu, dengan dukungan plugin booking WordPress, anda dapat menawarkan fitur pemesanan secara online.

WordPress menyediakan banyak plugin booking yang cocok untuk website restoran Anda, lho. Mulai dari plugin pemesanan makanan hingga reservasi meja.

2. Website Travel Booking

Plugin booking WordPress yang tepat menyediakan berbagai fitur yang memudahkan bisnis travel booking Anda. Misalnya informasi ketersediaan layanan dapat diketahui secara realtime berkat sinkronisasi dengan Google Calendar.

Selain itu, penggunaan plugin booking WordPress juga memungkinkan Anda menentukan jenis pembayaran. Menggunakan Paypal, transfer, atau pembayaran di tempat.

Baca Juga: Membuat Website Travel dalam 8 Cara Mudah

3. Website Ticket Booking

Jika diperhatikan, bisnis ticket booking yang sukses menonjolkan dua hal. Pertama proses pembelian tiket yang mudah dan cepat. Kedua sering memberi potongan harga.

Dua hal tersebut dapat dilakukan menggunakan plugin booking WordPress. Misalnya, booking plugin WordPress yang responsif membuat proses pemesanan tiket dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Beberapa plugin booking WordPress juga memiliki fitur diskon yang dapat diatur. Ini memudahkan Anda menyusun strategi promosi bisnis Anda.

9+ Plugin Booking WordPress Terbaik untuk Anda

Mencari booking plugin WordPress bukanlah perkara sulit. WordPress memiliki ratusan plugin untuk website booking. Tantangan Anda menemukan plugin booking WordPress terbaik untuk website bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Plugin WordPress untuk Toko Online

Tak perlu berlama-lama, silakan menyimak rekomendasi plugin booking WordPress terbaik dari kami.

1. WooCommerce Bookings

WordPress booking plugin wordpress

WooCommerce Bookings adalah ekstensi dari plugin WooCommerce. Ekstensi ini kami rekomendasikan bagi website yang menggunakan WooCommerce. Bagi yang belum, Anda bisa membaca panduan WooCommerce yang sudah kami siapkan.

WooCommerce Booking mempunyai berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola bisnis online. Di antaranya:

  • Terintegrasi dengan ekstensi WooCommerce lainnya, seperti WooCommerce Menu Bar Cart dan WooCommerce Currency Switcher.
  • WooCommerce Bookings memiliki opsi Reschedule bagi pelanggan yang ingin memperpanjang masa sewa produk Anda.
  • Anda dapat membatasi jumlah pelanggan yang menyewa produk Anda.
  • Pelanggan dapat melihat ketersediaan produk Anda dengan fitur Availability Search.
  • Anda dapat membuat diskon yang dapat disesuaikan dengan harga dan waktu tertentu.

Dengan WooCommerce Bookings, proses reservasi lebih mudah dilakukan. Ini tentunya membuat bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Baca Juga: Panduan Lengkap Setting Paypal WooCommerce dengan Mudah

WooCommerce Bookings dibandrol dengan harga cukup mahal, sebesar $249 untuk satu website, atau $449 untuk 25 website. Meski demikian, booking plugin WordPress ini menyediakan free trial 30 hari. Anda tertarik mencobanya?

Harga:

  • $249 / satu website
  • $449 / 25 website

2. Amelia

Amelia booking plugin wordpress

Plugin booking WordPress berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Amelia. Plugin ini memiliki interface yang menarik dan ramah pengguna. Cocok digunakan untuk bisnis salon, klinik, gym, dan lainnya.

Baca juga:   WordPress Diserang Isu Keamanan, Jutaan Website Terancam

Amelia memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan membuat reservasi dengan mudah.

Beberapa fitur penting dari Amelia adalah:

  • Dapat diintegrasi dengan WooCommerce
  • Fitur reminder bagi pelanggan dan karyawan lewat SMS atau Email Notifications.
  • Memiliki built-in service catalog. Fitur ini membantu pelanggan menentukan produk pilihan mereka.
  • Dashboard Calendar dengan laporan yang komprehensif. Anda dapat dengan mudah mencari data dengan filter services, locations, dan employees.
  • Pengaturan Working Hours and Days off. Fitur ini memudahkan Anda memberitahu pelanggan kapan layanan Anda tersedia.

Amelia memiliki tiga jenis lisensi, Basic untuk usaha kecil, Pro untuk usaha menengah dan Developer untuk usaha besar. Perbedaan tiga lisensi ini terletak pada jumlah domain yang bisa digunakan. Jika Anda tertarik menggunakan Amelia, pastikan Anda memilih lisensi yang tepat ya.

Baca Juga: 7 Manfaat WooCommerce untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

Harga:

  • Tersedia versi gratis
  • Basic: $59
  • Pro: $109
  • Developer: $249

3. Booking Calendar

Booking Calendar Plugin

Booking Calendar adalah booking plugin WordPress gratis paling populer. Buktinya, Booking Calendar aktif digunakan oleh 60.000+ website sampai saat ini.

Alasannya, plugin booking WordPress ini simpel dan mudah digunakan. Jika Anda masih awam dalam mengelola sistem pemesanan, Booking Calendar adalah pilihan tepat.

Meski simpel, Booking Calendar memiliki fitur yang bisa Anda andalkan.

  • Memiliki desain front-end dan back-end yang responsif.
  • Semua riwayat pesanan dan pengaturan Anda tersimpan di database.
  • Desain kalender yang fleksibel. Anda bahkan dapat melakukan perubahan desain kalender sesuai dengan desain website Anda.
  • Dapat disinkronisasi dengan situs travel booking lain seperti Tripadvisor, Airbnb dan Booking.com.

Jika dirasa fitur dari Booking Calendar versi gratis belum cukup, Anda dapat menggunakan versi premium. Versi berbayar ini menyediakan fitur tingkal lanjut dari Booking Calendar. Misalnya fitur pembayaran di tempat, early and last minutes discount dan masih banyak lagi.

Versi premium Booking Calendar dibandrol mulai dari $47.40 untuk satu website personal.

Harga:

  • Tersedia versi gratis
  • Personal: mulai dari $47.40
  • Business Small: mulai dari $89.40
  • Business Medium: mulai dari $149.40
  • Business Large: mulai dari $209.40
  • Multi User: mulai dari $389.40

4. Five Star Restaurant Reservations

Five Star Restaurant Reservations

Plugin booking WordPress satu ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis restoran. Five Stars Restaurant Reservations memungkinkan pelanggan memesan meja di restoran Anda dengan mudah lewat website.

Five Stars Restaurant Reservations menawarkan berbagai fitur sebagai berikut.

  • Email notifications bagi pelanggan.
  • Form Reservasi restoran yang dapat dikustomisasi.
  • Fitur confirm and reject pesanan
  • Pembatasan reservasi di tanggal dan waktu tertentu.
  • Form pemesanan yang responsif dan mobile friendly.

Untuk menampilkan form reservasi di website, Anda bisa menggunakan Gutenberg blok. Anda juga dapat menggunakan restaurant reservations shortcode. Cara terakhir, Anda bisa mengatur halaman reservasi langsung dari pengaturan plugin.

Baca Juga: Panduan Shortcode WordPress: Kustomisasi Situs Lebih Mudah

Seperti booking plugin WordPress gratis lain, Five Star Restaurant menyediakan versi premium. Fitur di versi premium termasuk konfirmasi otomatis reservasi dan export bookings.

Karena memiliki versi gratis, Anda dapat mencoba langsung plugin ini di website Anda. Namun bila belum yakin, Five Star Restaurant Reservations menyediakan demo reservasi. Silakan dicoba.

Harga:

  • Tersedia versi gratis
  • Premium: mulai dari $59
  • Ultimate: $300/tahun

5. WPPizza

WP Pizza booking plugin wordpress

Plugin Booking WordPress yang cocok untuk restoran adalah WPPizza. Sistem pemesanan WPPizza memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran di tempat (cash on delivery).

Tidak cuma itu, WPPizza menawarkan berbagai fitur yang cocok untuk website restoran Anda. Di antaranya:

  • Mengatur kategori, deskripsi dan harga per item.
  • Melakukan pelacakan pesanan online.
  • Notifikasi pesanan yang baru masuk.
  • Desain menu restoran yang mudah.

WPPizza memiliki tampilan yang responsif sekaligus ramah di perangkat desktop, tablet, dan smartphone.

Baca juga:   Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat!

Jika Anda membutuhkan fitur tambahan, Anda harus membayar biaya tertentu. Misal untuk mendapatkan fitur coupon and discount, Anda dikenakan biaya mulai dari $29.20. Sedangkan ekstensi add ingredients dibanderol mulai dari $65.70.

Harga: gratis dengan opsi berbayar untuk fitur tertentu

6. MotoPress WordPress Hotel Booking

MotoPress WordPress Hotel Booking

WordPress Hotel Booking plugin ini memungkinkan Anda menerima banyak reservasi dalam satu waktu. Cocok bagi Anda yang mengelola bisnis penginapan seperti hotel, apartemen, hostel, dan lainnya.

MotoPress terintegrasi dengan platform travel lain seperti Airbnb, Booking.com, dan Tripadvisor. Kabar baiknya, plugin ini dilengkapi dengan kalender online yang diperbarui tiap setengah jam. Jadi pembaruan apapun masuk dalam sistem dengan cepat.

Selain fitur di atas, MotoPress menawarkan berbagai fitur penting untuk mendukung website Anda.

  • Integrasi dengan WooCommerce Payments untuk menambahkan jenis pembayaran lain.
  • Notifikasi email yang berisi detil pesanan, status pesanan, dll untuk admin dan pelanggan. Anda juga dapat mengubah konten dan desain email Anda.
  • Anda dapat membuat laporan pemesanan dalam rentang waktu tertentu
  • Memungkinkan pelanggan melakukan banyak reservasi sekaligus dalam satu sesi pemesanan.
  • MotoPress menyediakan opsi pembayaran reservasi sebelum dan saat kedatangan bagi pelanggan.

Baca Juga: Payment gateway: Metode Pembayaran untuk Bisnis Online

Untuk menggunakan MotoPress WordPress Hotel Booking plugin, Anda harus merogoh kocek sebesar $79 untuk satu website. Untuk jumlah website tak terbatas, harga plugin ini sebesar $199. Pastikan Anda mencoba demonya sebelum menggunakan plugin ini.

Harga:

  • $79 / satu website
  • $199 / unlimited

7. Bookly

Bookly

Bookly adalah plugin booking WordPress gratis yang menyediakan sistem reservasi otomatis. Plugin ini juga memiliki interface yang ramah bagi pelanggan maupun bagi pengguna. Dengan desain yang responsif, Bookly berjalan maksimal di perangkat apapun.

Baca Juga: 9 Plugin Ecommerce WordPress Terbaik untuk Toko Online

Plugin booking WordPress ini cocok digunakan bagi Anda yang menjalankan bisnis reservasi skala kecil. Bookly menyediakan berbagai fitur yang memberikan Anda kemudahan dalam mengelola reservasi.

  • Desain yang responsif membuat proses reservasi dapat dilakukan di perangkat apa saja.
  • Opsi menerima atau menolak reservasi otomatis.
  • Integrasi dengan WPML untuk dukungan multi bahasa.
  • Notifikasi pelanggan lewat SMS dan Email
  • Form reservasi unlimited.

Jika skala bisnis Anda meluas, Anda bisa mempertimbangkan versi berbayar Bookly. Beberapa fitur tingkat lanjut ditambahkan di versi ini. 

Salah satunya, Anda bisa membuat daftar karyawan sebanyak apapun. Tiap daftar memiliki jadwal kerja individu, artinya setiap karyawan bisa mengelola jadwalnya masing-masing.

Pengguna Bookly Pro juga dapat mengakses puluhan add-ons berbayar yang disediakan. Sebut saja add-on Service Extras, add-on Location, dan banyak lagi lainnya.

Harga:

  • Tersedia versi gratis
  • Bookly Pro Regular: $89
  • Bookly Pro Extended: $990

8. BirchPress Scheduler

BirchPress Scheduler booking plugin wordpress

Booking plugin WordPress ini lebih spesifik menyasar web developer. Jika Anda mahir dalam pengembangan web atau berniat merekrut developer, BirchPress adalah pilihan yang tepat. Plugin booking WordPress ini menyediakan ribuan filter dan function yang bisa digunakan. Mendesain sistem pemesanan sesuai selera bukan lagi hal yang mustahil.

Baca Juga: Ingin Tau Cara Menjadi Web Developer? Yuk Simak Tipsnya! 

BirchPress memiliki berbagai fitur yang handal dan menarik. Salah satunya adalah sinkronisasi kalender yang impresif. Plugin ini terintegrasi dengan kalender Google, Outlook, iCal, Android, dan iPhone.

Fitur lain yang dimiliki BirchPress, di antaranya:

  • Kustomisasi penuh form pemesanan. Tersedianya ribuan filter dan function memungkinkan Anda melakukan kustomisasi menyeluruh.
  • Notifikasi email otomatis kepada klien dan admin. Ini termasuk kustomisasi template email.
  • Integrasi dengan Paypal dan WooCommerce Payments untuk menangani berbagai jenis pembayaran.
  • Pembatalan / reschedule pemesanan oleh pelanggan.
  • Fitur pemberian kontrol akses kepada staff member.

BirchPress tersedia dalam tiga jenis lisensi, Personal, Business dan Business+. Perbedaan tiap lisensi terletak pada fitur yang diberikan. 

Baca juga:   5 Website yang Mungkin Berguna dan Bisa Gantikan Software-mu di Komputer

Contohnya, integrasi WooCommerce hanya diberikan di Business+. Sebelum menentukan pilihan, Anda bisa mempelajari fitur BirchPress di test drive yang disediakan.

Harga:

  • Personal: $99
  • Business: $199
  • Business+: $249

9. Team Booking

Team Booking plugin wordpress

Team Booking adalah plugin booking WordPress yang menyediakan berbagai sistem pemesanan. Secara umum, Team Booking menyediakan tiga layanan utama, single appointments, event bertiket, dan layanan lain yang tidak terjadwal.

Booking plugin WordPress ini bekerja maksimal di smartphone atau tablet. Hal tersebut tidak lepas dari desainnya yang mobile-friendly. Jadi pelanggan tidak perlu repot membuka desktop atau laptop untuk melakukan pemesanan.

Jika bisnis booking Anda populer, bisnis lain mungkin ingin memasang iklan di website Anda. Team Booking menyediakan widget khusus untuk opsi ruang iklan di sidebar dan footer. Jadi Anda tidak perlu repot menyediakan halaman khusus iklan di website Anda.

Baca Juga: 8+ Plugin WordPress untuk Membuat Website Mobile Friendly

Fitur Team Booking yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Anda dan tim dapat membuat rencana ketersediaan dan mengelola pemesanan dari Google Calendar
  • Kustomisasi kalender front end, maps, hingga email konfirmasi.
  • Pembayaran lewat Paypal dan Stripe.
  • Fitur diskon lewat kupon atau harga promosi.
  • Kompatibel dengan WPML untuk dukungan bahasa lain.

Secara umum fitur dari Team Booking tidak selengkap plugin booking WordPress berbayar lain. Plugin booking WordPress ini juga kurang cocok bagi Anda yang suka kustomisasi kode.

Meski demikian, Team Booking menyediakan semua fitur penting sistem pemesanan. Jadi bagi Anda yang membutuhkan fitur sederhana, Team Booking bisa menjadi pilihan. Harga plugin booking WordPress ini juga lebih murah dari plugin berbayar lain.

Harga:

  • Reguler: $28
  • Extended: $125

10. Appointment Booking Calendar

Sebagian besar plugin booking WordPress menyediakan fitur integrasi Paypal di versi premiumnya. Appointment Booking Calendar adalah salah satu pengecualian.

Pembayaran bisa dilakukan via Paypal di versi gratis plugin ini. Sebaliknya, versi berbayar Appointment Booking Calendar memberi opsi menghapus pembayaran lewat Paypal.

Selain fitur di atas, Appointment Booking Calendar menawarkan berbagai fitur lain.

  • Notifikasi dan konfirmasi pemesanan via email bagi pelanggan setelah menyelesaikan pembayaran.
  • Memberi akses pelanggan ke kalender pemesanan. Bagi pelanggan yang diberi Editor access level, mereka bisa mengakses kalender pemesanan website.
  • Export data pemesanan ke Google Calendar dan Outlook.
  • Pelanggan dapat memesan lebih dari satu slot reservasi dalam satu sesi pemesanan. Opsi ini bisa diaktifkan di pengaturan plugin. 
  • Interface administrator yang modern.
  • Layanan tersedia dalam puluhan bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Versi premium Appointment Booking Calendar menyertakan form builder untuk kustomisasi form pemesanan. Ini memudahkan Anda membuat form yang Anda inginkan. Fitur kode diskon dan kupon juga bisa Anda temukan di versi premiumnya.

Bagi Anda yang tidak butuh terlalu banyak fitur, versi gratis plugin booking WordPress ini layak digunakan.

Harga:

  • Basic: gratis
  • Professional: $60.85
  • Developer: $121.71
  • Platinum: $182.58

Waktunya Pilih Plugin Booking WordPress Anda

Plugin booking WordPress yang tepat akan mendukung perkembangan website booking Anda. 

Jika baru memulai bisnis website booking, Anda bisa menggunakan plugin booking WordPress gratis. Namun jika website booking Anda berskala besar, ada baiknya menggunakan plugin booking WordPress berbayar.

Berikut ringkasan plugin booking WordPress yang sudah dijelaskan di atas.

Plugin Booking WordPress Versi Gratis Versi Berbayar Poin Penting
WooCommerce bookings Tidak tersedia Mulai dari $249 Cocok untuk website booking skala besar
Amelia Tersedia Mulai dari $59 Cocok untuk bisnis salon, klinik, dan gym
Booking Calendar Tersedia Mulai dari $47.40 Cocok bagi Anda yang masih awam dengan sistem pemesanan
Five Star Restaurant Reservations Tersedia Mulai dari $59 Cocok untuk website restoran.
WPPizza Tersedia Add-ons Cocok untuk website restoran
MotoPress WordPress Hotel Booking Tidak tersedia Mulai dari $79 Cocok untuk bisnis reservasi penginapan
Bookly Tersedia Mulai dari $89 Cocok untuk bisnis penyewaan dan reservasi skala kecil
BirchPress Scheduler Tidak tersedia Mulai dari $99 Cocok untuk web developer
Team Booking Tidak tersedia Mulai dari $28 Cocok untuk bisnis penyewaan dan reservasi skala kecil
Appointment Booking Calendar Tersedia Mulai dari $60.85 Cocok untuk bisnis penyewaan dan reservasi skala kecil

Memiliki website booking sudah. Menggunakan plugin booking WordPress terbaik juga sudah. Apalagi yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda? Jawabannya, website Anda harus dikenal oleh banyak orang.

Penasaran caranya bagaimana? Kebetulan, kami punya ebook 40+ tips dan trik meroketkan ranking website di Google yang bisa Anda unduh. Gratis!



Source link

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: