Tutorial


Anda pelanggan baru Niagahoster? Mungkin karena baru pertama membuat website, Anda pun bingung harus melakukan apa. Padahal, ada banyak fitur Niagahoster yang bisa bikin website Anda lebih optimal.

Fitur Niagahoster cukup lengkap, lho. Mulai dari fitur essential, kecepatan, cegah downtime & keamanan, hingga layanan support 24 jam tanpa henti. Dengan menggunakan fitur Niagahoster ini, Anda akan mendapat manfaat seperti:

  • Memaksimalkan performa website;
  • Lebih mudah mengembangkan website;
  • Mempercepat page load;
  • Memperketat perlindungan website;
  • Upgrade skill dan pengetahuan;
  • Lebih mudah mencapai goal seperti mningkatkan revenue, brand awareness, dll.

Bagaimana? Makin tertarik memanfaatkan fitur Niagahoster, kan? Tanpa berlama-lama, yuk meluncur!

Cara Menikmati Fitur Niagahoster

Bagi pelanggan baru Niagahoster, selamat Anda beruntung. Sebab, Niagahoster memberikan segudang fitur yang mampu menggenjot performa website Anda. Fitur apa saja kah itu?

Nah sebelum menjawabnya, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengakses fitur Niagahoster tersebut. Ada dua pintu yang bisa Anda pilih:

  • cPanel —  adalah panel kontrol untuk mengelola web hosting. Seperti manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya.
Tampilan menu cPanel Niagahoster
  • Member Area Niagahoster — adalah halaman khusus bagi pengguna Niagahoster untuk mengelola hosting. Di sini Anda bisa menikmati fitur Niagahoster tanpa harus login ke cPanel terlebih dahulu.
Tampilan Member Area Niagahoster

Sebenarnya, mengaktifkan fitur melalui dua cara di atas itu sama. Hanya saja, Member Area Niagahoster sudah menyediakan shortcut untuk beberapa fitur cPanel yang paling penting bagi user. Sehingga, Anda bisa mengaksesnya lebih cepat.

Baca Juga: Panduan Lengkap cPanel untuk Pemula

25 Fitur Niagahoster Supaya Website Lebih Optimal

Nah sekarang, kami akan mengulas 25 fitur Niagahoster yang sayang Anda lewatkan. Berikut di antaranya:

Fitur Essential

Fitur essential adalah fitur paling dasar yang penting Anda ketahui. Dengani fitur Niagahoster ini, Anda akan mampu mengelola hingga mengembangkan website lebih mudah.

1. WordPress Management

WordPress Management adalah fitur Niagahoster lainnya yang bisa Anda aktifkan melalui Member Area. Caranya tinggal pilih menu WordPress Management di area sidebar -> klik Sites.

Menu WP Management pada bagian sidebar Member Area
Tampilan WP Management

Fitur ini memungkinkan Anda mengelola WordPress dengan cepat dan mudah. Mulai dari menginstal WordPress, memindah layanan WordPress ke hosting Niagahoster, hingga mengaktifkan WordPress Accelerator untuk mempercepat kinerja web.

Catatan: Info WordPress Accelerator akan kami bahas detail pada bagian Fitur Kecepatan.

2. Auto Installer (Softaculous)

Mau menginstal apps di hosting tanpa ribet? Softaculous solusinya!

Fitur Niagahoster ini memungkinkan Anda menginstal berbagai CMS dan framework (WordPress, Laravel, OpenCart, dll) secara otomatis. Jadi, Anda tak perlu lagi membuat database secara manual dan repot mengatur konfigurasi server.

Softaculous pada cPanel

Dengan begitu, Anda bisa segera menggunakan website dengan konfigurasi yang diinginkan. Baik untuk blog, toko online, web perusahaan, hingga kebutuhan lainnya.

3. SSL

Fitur Niagahoster selanjutnya, SSL gratis. SSL (Secure Socket Layer) adalah sistem keamanan yang melindungi koneksi dalam website. Data-data website juga akan terenkripsi sehingga hacker tidak bisa membaca informasi. Alhasil, tiap komunikasi dan data sensitif yang mengalir dalam sistem pun aman.

Situs yang memasang SSL pasti punya tanda gembok pada URL di address bar. Icon gembok ini menandakan bahwa visitor website berada dalam jaringan yang aman.

Website yang menggunakan SSL memiliki tanda gembok

Kabar gembiranya, Niagahoster memberikan penggunanya SSL gratis. Fitur ini bisa Anda nikmati dengan klik Lets Encrypt SSL dan mengikuti cara memasang SSL gratis yang ada.

Fitur Niagahoster SSL

Selain SSL gratis ini, Anda juga boleh lho mencoba SSL lain seperti Comodo Positive SSL. Dengan harga Rp115ribu, Anda sudah mendapat SSL terbaik yang super aman dan kompatibel untuk berbagai jenis browser.

Dibandingkan SSL gratisan, kami lebih menyarankan Comodo Positive SSL bagi website bisnis. Sebab, masa aktifnya lebih panjang tanpa harus diperbarui setiap tiga bulan dan Anda juga mendapatkan garansi serta bantuan support resmi jika SSL bermasalah.

4. Akun Email

Sebagai pengguna Niagahoster, Anda bisa membuat email dengan domain sendiri. Misalnya: annisa@toko-nia.com.

Dan jika memilih paket hosting Pelajar hingga Bisnis, Anda bebas membuat akun email sebanyak apapun. Ini cocok bagi Anda yang mengelola toko online dengan banyak anggota tim. Sebab, email jadi lebih profesional dan terpercaya.

Membuat akun email dengan domain sendiri

Serunya lagi, Anda boleh mengirimkan maksimal 2400 email/hari dengan 15 penerima sekali kirim. Selain itu, Niagahoster juga mendukung Unlimited POP3 Email sehingga pengguna tetap bisa membuka unduhan email secara offline sebanyak apapun.

Baca juga:   Plugin Rank Math vs Yoast SEO

5. Unlimited Database MySQL

Database MySQL adalah tempat penyimpanan data berbasis SQL yang website butuhkan. Data ini memungkinkan website memproses info yang pengunjung web minta. Seperti login, berbelanja, mencari konten, dll.

Menu Database MySQL pada cPanel

Dengan fitur Unlimited Database MySQL, sebanyak apapun database boleh Anda buat. Anda juga bebas mengatur database sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Membuat Database MySQL di cPanel

6. Unlimited Subdomain

Boleh dibilang, subdomain merupakan anak website. Halaman subdomain terpisah dari website utamanya. Contohnya seperti course.niagahoster.co.id.

Membuat subdomain dengan fitur Niagahoster

Itu artinya, memiliki Unlimited Subdomain memungkinkan Anda membuat banyak anak website secara gratis. Baik itu landing page, blog, halaman produk, dll.

Kami cukup merekomendasikan subdomain bagi website punya banyak layanan atau segmen. Sebab, subdomain memungkinkan halaman web lebih fokus dan masing-masing memberikan pengalaman unik bagi audiens.

Baca Juga: Cara Membuat Subdomain di cPanel

7. Unlimited Bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas maksimal jaringan komputer dalam mengirim dan menerima data dalam hitungan detik. Misalnya, menampilkan gambar, mengunduh file, dan interaksi pada website lainnya.

Jika pertukaran data melebihi batas bandwidth, risikonya website error dan tidak bisa diakses dalam jangka waktu tertentu.

Nah, meski Niagahoster memberikan Unlimited Bandwidth, Anda tetap bisa kok memantau penggunaan bandwidth melalui fitur Bandwidth pada cPanel.

Menu bandwidth pada cPanel
Grafik penggunaan bandwidth

Nantinya, fitur ini akan menampilkan grafik bandwidth mulai dari 24 jam yang lalu hingga tahun sebelumnya. Bahkan, tersedia juga rangkuman setiap bulan untuk masing-masing jenis protokol (HTTP, FTP, IMAP, POP3, dan SMTP).

8. Disk Space Usage

Web hosting punya ruang penyimpanan alias disk space. Di dalamnya Anda bisa menyimpan berbagai file konten (teks, gambar, database, code, dll).

Nah, fitur Disk Space Usage memungkinkan Anda memantau penggunaan ruang penyimpanan hosting. Sehingga, Anda bisa tahu sisa disk space ataupun file yang paling menyita memori.

Melihat disk space usage website

Kabar gembiranya, Niagahoster menyediakan berbagai paket hosting dengan Unlimited Disk Space. Jadi, Anda tidak perlu cemas untuk menyimpan file dengan berbagai ukuran pada website.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Penggunaan Disk Space WordPress

9. Website Performance

Fitur Niagahoster berikutnya, Website Performance. Penting diingat, fitur ini bisa Anda nikmati melalui Member Area Niagahoster.

Memantau website performance

Dengan fitur ini, Anda bisa memantau performa website. Seperti jumlah pengunjung, keyword yang memungkinkan user menemukan situs Anda, hingga halaman web yang paling sering dikunjungi.

Alhasil, lebih mudah bagi Anda dalam mengevaluasi kinerja website. Hasil evaluasi pun nantinya bisa menjadi dasar pertimbangan Anda untuk membuat strategi lanjutan.

Fitur Kecepatan

Fitur kecepatan bertanggungjawab untuk meroketkan speed website. Ini cukup penting, mengingat 75% orang ogah kembali ke website jika loadingnya lebih dari empat detik.

Nah, berikut adalah fitur kecepatan Niagahoster yang berhak Anda dapatkan.

10. LiteSpeed Enterprise

Fitur kecepatan yang pertama, LiteSpeed Enterprise. LiteSpeed adalah server web dengan kinerja tinggi yang dikembangkan oleh LiteSpeed Technology. 

Fitur LiteSpeed Enterprise Niagahoster

Memakai server ini, website jadi lebih cepat, stabil, serta mencegah serangan DDoS. DDoS adalah serangan yang membuat lalu lintas server error akibat menampung beban yang terlalu berat.

Fakta menarik lainnya, banyak website masih menggunakan server Apache atau Nginx. Padahal, performa LiteSpeed 50% lebih cepat dibandingkan kedua server tersebut. Itu artinya, jika website Anda memakai LiteSpeed web server, kemungkinan besar akan lebih kencang daripada kebanyakan situs lainnya.

Baca Juga: Website Makin Gesit Pakai LiteSpeed

11. WordPress Accelerator (LiteSpeed Cache)

Seperti yang sudah kami janjikan, sebagai user Niagahoster Anda akan mendapatkan fitur WordPress Accelerator. 

Apa sih itu?

Yap, WordPress Accelerator (LiteSpeed Cache) adalah plugin untuk menggenjot kecepatan website Anda.  Caranya dengan membersihkan cache secara kilat, memproses informasi lebih cepat, hingga mengingat data yang pernah masuk ke situs.

Mengaktifkan WordPress Accelerator

Cara cepat untuk mengaktifkan fitur LiteSpeed Cache, yaitu mengakses lewat Member Area. Silakan klik menu WordPress Management -> Sites, lalu pilih dasbor WordPress Accelerator. Setelah itu, Anda cukup cukup geser tombol WordPress Accelerator hingga on.

12. HTTP/3, QUIC & BROTLI

HTTP/3, QUIC & BROTLI adalah protokol yang memungkinkan website bekerja lebih cepat. Detailnya, mari kita bedah pengertian tiap fitur satu per satu.

Niagahoster menggunakan protokol HTTP/3, QUIC, BROTLI

HTTP/3 merupakan protokol yang memungkinkan terjadinya pengiriman data antar komputer. Versi ketiga dari HTTP (hypertext transfer protocol) ini jauh lebih efisien daripada pendahulunya.

Baca juga:   Aldwin Nayoan, Author at Niagahoster Blog

Sedangkan QUIC (Quick UDP Internet Connections) adalah protokol buatan Google yang berfungsi mempercepat transportasi di internet. 

Kemudian, ada BROTLI. Masih buatan Google, BROTLI merupakan teknik kompresi yang mampu menyusutkan ukuran file data. Sehingga, website lebih ringan dan hemat data.

Kombinasi ketiga protokol kecepatan ini memungkinkan website Anda bekerja jauh lebih cepat. Jadi, pengunjung situs bisa menikmati berbagai konten web tanpa macet ataupun loading lama.

Nah, bagi pengguna Niagahoster yang tertarik menggunakan protokol HTTP/3, QUIC & BROTLI, silakan aktifkan SSL pada website. Nantinya, ketiga protokol kecepatan ini akan secara otomatis terpasang pada situs Anda.

Baca Juga: Cara Instal SSL di Hosting | Gratis dan Berbayar

13. Gratis CDN (Content  Delivery Network)

CDN atau Content Delivery Network adalah kumpulan server global yang terletak di data center dan tersebar di berbagai negara. Tugasnya, mengirimkan data website dari server yang lokasinya paling dekat dengan visitor.

Ibaratnya seperti pusat perbelanjaan berisikan produk-produk dari banyak negara. Tentunya pembeli punya akses lebih dekat daripada belanja langsung ke negara asalnya, bukan?

CDN Niagahoster

Dengan fitur Niagahoster ini, seluruh orang dari negara mana pun bisa mengakses website Anda lebih cepat. Ini cocok sekali jika website Anda ingin menjangkau ranah internasional. Semisal, web toko online, situs live-streaming, dll.

Baca Juga: Cara Setting CDN QUIC.cloud di WordPress

Cegah Downtime & Keamanan

Downtime adalah kerusakan pada sistem yang membuat website tidak bisa diakses. Penyebabnya cukup banyak: server error, beban website terlalu berat, serangan cybercrime, dll. 

Bagi bisnis, downtime berefek menghilangkan revenue hingga 17%. Tentunya, Anda tidak ingin bisnis merugi hanya karena sistem error, bukan?

Nah, jangan cemas. Bagi pengguna Niagahoster, Anda akan memiliki berbagai fitur downtime dan keamanan seperti berikut.

14. Network Redundant

Network redundant merupakan proses menambah jaringan baru ataupun jalur komunikasi alternatif. Fungsinya untuk memperkecil kemungkinan downtime dengan menyediakan beberapa rute cadangan.

Fitur bawaan Niagahoster Network Redundant

Itu artinya, jika jaringan website Anda mengalami gangguan, komunikasi akan dialihkan ke jaringan lain. Sehingga, website tetap dapat beroperasi.

Oh ya sebagai informasi, fitur ini adalah bawaan otomatis dari Niagahoster. Jadi, Anda tak perlu setting apapun. Praktis, bukan?

15. Power Redundant

Power redundant adalah daya tambahan untuk membuat server terus menyala. Karena memiliki beberapa power supply untuk server, fitur ini mengurangi kemungkinan downtime. Berita baiknya, fitur ini juga bawaan otomatis dari Niagahoster.

Fitur Power Redundant

Cara kerja fitur ini yaitu ketika satu power supply mati atau kehabisan tenaga, power supply lainnya akan mengambil alih. Tentunya, bagi Anda pemilik bisnis ataupun website yang harus on 24 jam, fitur ini akan cukup membantu.

16. CloudLinux OS

Cloudlinux OS adalah salah satu sistem operasi terbaik bagi layanan web hosting. Pasalnya, OS berbasis Linux ini memang dirancang khusus untuk kebutuhan server. Sehingga, server lebih stabil dan aman.

Kok bisa begitu?

Niagahoster menggunakan Cloudlinux OS

Yap, CloudLinux mampu mengelola sumber daya resource dengan baik sesuai kebutuhan penggunanya. Artinya, jika salah satu user menggunakan resource yang sangat banyak, user lainnya tidak akan terganggu.

17. Isolated Account and Resources

Fitur Niagahoster berikutnya, Isolated Account and Resources. Fitur ini mengisolasi setiap server sekaligus memberikannya sumber daya masing-masing. Sehingga, server lebih stabil, aman, dan jauh dari gangguan.

18. DDos & Malware Protection (Imunify360)

Menu Imunify360 pada cPanel

Imunify360 adalah perangkat keamanan buatan CloudLinux yang cukup ampuh mengatasi malware. Apalagi, Imunify360 memiliki teknologi six-layers security sehingga serangan malware sulit menembus perlindungan.

Teknologi six-layers security yaitu lapisan keamanan yang terdiri dari: Antivirus, Firewall, Web Application Firewall, Domain Reputation, Patch Management, dan PHP Security Layer. Kombinasi keenam dinding ini akan menjauhkan website dari berbagai ancaman.

19. Backup

Selain berbagai fitur keamanan di atas, Niagahoster juga menyediakan fitur backup, lho. Jadi, Anda tak perlu takut akan kehilangan data secara tiba-tiba.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengaksesnya lewat Member Area ataupun bisa juga lewat cPanel. Lalu, klik File Backup atau Database Backup -> Full Backups.

Baca juga:   Apa itu GTMetrix? Cara Menggunakan GTMetrix di Website Anda
Fitur Niagahoster membackup secara otomatis

Nah kabar gembiranya, Niagahoster menggunakan JetBackup. JetBackup adalah software backup yang memungkinkan Anda mencadangkan data sesuai kebutuhan. Bahkan, Anda bisa menjadwalkan waktu backup secara otomatis.

Jadi setelah memilih Full Backups, Anda bisa melihat laporan backup website. Selain itu, Anda juga bisa memulihkan data (restore) ataupun mendownload data backup.

Backup dengan JetBackup

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menggunakan JetBackup di cPanel

20. SpamExpert Protection

Pernahkah Anda mendapatkan email mencurigakan? Bisa jadi, itu adalah spam. Faktanya, 97% orang tidak mengenali email phishing yang canggih, lho. Tak heran, 85% perusahaan pernah terjerat serangan phishing.

SpamExpert Protection

Tapi, bagi Anda pengguna Paket Bisnis Unlimited Hosting Niagahoster, jangan cemas.Niagahoster sudah membekali SpamExpert Protection yang melindungi email keluar dan mencegah email spam masuk, kok. Anda juga bisa mengaktifkan SpamExperts secara mudah.

21. CloudFlare Protection

Berikutnya, CloudFlare Protection. CloudFlare adalah penghubung antara pengunjung dengan server website. Fitur ini mampu mengarahkan visitor ke koneksi tercepat sekaligus mengawasi jalur berbahaya bagi website.

CloudFlare Protection

Kabar gembiranya lagi, CloudFlare memiliki server yang tersebar di berbagai negara. Sehingga, konten web dapat tampil lebih cepat sekaligus aman. 

Baca Juga: Cara Setting CloudFlare di WordPress

Layanan Support Terbaik 24/7

Sebagai pelanggan baru Niagahoster, mungkin Anda ragu untuk mencoba-coba fitur Niagahoster. Takut website error, alasannya.

Niagahoster memberikan layanan support 24 jam

Nah, sebenarnya Anda tak perlu takut, lho. Karena, Niagahoster memberikan layanan support yang siap membantu Anda 24 jam setiap hari. Berikut info lengkapnya.

22. Bantuan Pelanggan Terbaik dan Fast Response

Pelanggan baru Niagahoster tidak perlu takut saat menjumpai kendala pada layanan. Sebab, Niagahoster menyediakan layanan support 24 jam non-stop yang solutif dan fast-response.

Baca Juga: Customer Success Agent: Pastikan Website Beres, Bisnis Sukses

23. Layanan Pelanggan Via Chat, WhatsApp, Email, dan Telp

Di mana sajakah pelanggan Niagahoster bisa meminta bantuan support?

Sekarang, Anda bisa lho mengontak kami melalui live-chat, WhatsApp, Email, hingga telepon. Dan apapun channel komunikasinya, kami jamin Anda akan mendapatkan kualitas bantuan yang terbaik.

24. Gratis Transfer Hosting

Terkadang, seseorang malas pindah layanan hosting karena telanjur punya website di provider lain. Sehingga, mereka bingung mau memindah datanya.

Nah, bagi Anda pelanggan baru Niagahoster, jangan cemas. Niagahoster akan membantu Anda transfer hosting secara mudah dan gratis. Jadi, Anda tak perlu ribet mengumpulkan data dari nol kembali.

25. Free Premium Course

Yap, Anda tidak salah baca. Sebagai pelanggan Niagahoster, Anda berhak mendapatkan free premium course dari Niagahoster Course.

Fitur Free Premium Course Niagahoster

Sedikit cerita, Niagahoster Course adalah platform berisi materi seputar bisnis online dan teknologi yang dikemas secara menarik. Di sini Anda akan mendapatkan materi dari berbagai pengajar yang sudah expert di bidangnya.

Dengan meningkatkan wawasan akan pengetahuan bisnis dan teknologi yang sesuai kebutuhan jaman, Anda jadi lebih mudah mengembangkan website. Seperti merancang strategi baru hingga mengoptimasi web.

Yuk, Maksimalkan Fitur Niagahoster Agar Website Makin Mudah Mencapai Tujuan!

Sekarang, Anda sudah mengantongi 24+ fitur Niagahoster untuk memaksimalkan website. Mulai dari fitur essential, kecepatan, cegah downtime dan keamanan, hingga layanan support terbaik 24/7. 

Supaya Anda lebih mudah mengingat, kami akan merangkumnya kembali. Berikut 24+ fitur Niagahoster:

  1. WordPress Management
  2. Auto Installer (Softaculous)
  3. SSL
  4. Akun Email
  5. Unlimited Database MySQL
  6. Unlimited Subdomain
  7. Unlimited Bandwidth
  8. Disk Space Usage
  9. Website Performance
  10. WordPress Management
  11. Speed Enterprise
  12. WordPress Accelerator
  13. HTTP/3, QUIC & BROTLI
  14. Network Speed 10Gig/s
  15. Gratis CDN
  16. Network Redundant
  17. Power Redundant
  18. Cloudlinux OS
  19. Isolated Account and Resources
  20. Ddos & Malware Protection (Imunify360)
  21. Backup
  22. SpamExpert Protection
  23. CloudFlare Protection
  24. Bantuan Pelanggan Terbaik dan Fast Response
  25. Layanan Pelanggan Via Chat, Whatsapp
  26. Gratis Transfer Hosting
  27. Free Premium Course

Menggunakan fitur Niagahoster di atas, performa website makin oke dan mampu membawa Anda lebih dekat ke tujuan. Baik itu melejitkan bisnis online, meningkatkan personal branding dari blog portfolio, dan banyak lagi.

Nah untuk memudahkan Anda mengeksplor fitur Niagahoster, kami sudah menyiapkan e-book spesial. E-book berjudul Panduan Lengkap cPanel untuk Pemula ini akan membantu Anda mengoperasikan fitur Niagahoster.

Akhir kata, selamat mencoba ya!



Source link

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: