Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Blibli melalui Blibli Mitra, disebutkan telah membantu pengusaha mikro dan toko kelontong, untuk meningkatkan bisnis dengan memperluas kanal penjualan melalui adopsi teknologi digital.

David Michum, Vice President Offline-to-Online Blibli menjelaskan, melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dapat menghubungkan toko offline ke ekosistem online Blibli, untuk menyediakan 12 produk digital, termasuk pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS dan PDAM. Blibli Mitra pun menjadi aplikasi pertama di pasar yang menyediakan tiket kereta api loop line rute KA Joglosemarkerto.

“Blibli Mitra membuka akses ke produk grosir yang memudahkan toko mengisi kembali stok dagangan. Harga bersaing baik dari produk grosir dan digital memungkinkan toko mendapatkan keuntungan lebih, sehingga meningkatkan pendapatan mereka,’tutur David.

Dikatakan David, sejak diluncurkan pada November 2019, Blibli Mitra telah mencatat performa positif, di mana jumlah mitra sudah bertumbuh hingga 16.000 toko di 333 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca juga:   6 Kode Promo Gojek Bulan Juni 2022, Banyak Promo Menarik!

Melalui para mitra toko, Blibli Mitra telah melayani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods. Melihat peningkatan ini, Blibli Mitra pun menargetkan pertumbuhan mitra toko sebesar 2 kali lipat pada penutupan tahun di Desember 2020, jika dibandingkan dengan posisi saat Oktober 2020.

Pandemi covid 19, semakin mendorong bisnis toko kelontong karena para pelanggan telah membatasi kunjungan ke pusat perbelanjaan dan memilih untuk berbelanja produk sehari- hari. Perubahan perilaku pelanggan ini memicu pertumbuhan order oleh mitra toko di Blibli Mitra hingga 4 kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi.

Dikatakan David, produk digital yang terbanyak dibeli melalui mitra toko adalah pulsa dan token listrik. Sementara, produk grosir yang terbanyak dipesan oleh mitra toko adalah kopi bubuk, mi instan, dan susu siap minum.

Baca juga:   Lusa, Xiaomi Mulai Jual Redmi 9T di Indonesia

Demi membantu menjaga ketersediaan barang toko dan perputaran bisnis para mitra, Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment By Blibli (FBB) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruhIndonesia. Layanan pengiriman pun disediakan dengan gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

Blibli Mitra juga menyediakan berbagai fitur pengaturan bisnis, antara lain cash flow management, pemantau keuangan, serta loyalty gamification dan promo dari brand, agar mitra toko bisa menjalankan usaha secara efisien. Selain itu, Blibli Mitra mendorong digital upskilling melalui pendampingan mitra secara intensif serta menyediakan akses ke seller care 24 jam.

Baca juga:   Tahun Depan LG Kenalkan Smartphone Layar Gulung

Baca Juga:Blibli Dukung UMKM Virtual Expo 2020

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD),” lanjut David. “Mitra toko juga diharapkan dapat mengikuti program Affiliate yang dapat meningkatkan pendapatan mereka ke depannya.” Tutur David.

Sementara Hira Triadi, Head of eCommerce Unilever Indonesia mengatakan, berbagai pihak, termasuk brand hingga e-commerce seperti Blibli, sangat penting untuk memperkuat usaha mikro demi pemulihan ekonomi. Kolaborasi tersebut juga akan membantu usaha mikro menghadapi masa depan yang penuh dengan transformasi digital dengan mempercepat adopsi teknologi omnichannel yang memang akan semakin meluas.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: