Tutorial


Tahukah Anda bahwa halaman About Me adalah salah satu halaman terpenting ketika membuat blog? Dengan cara membuat halaman About Me di blog, Anda dapat memperkenalkan diri, berbagi latar belakang pendidikan dan pengalaman, serta membangun relasi dengan pembaca.

Halaman ini juga membuka peluang bagi Anda untuk lebih dikenal oleh pembaca, serta membangun kredibilitas dalam perjalanan online Anda. Namun, bagaimana cara membuat halaman About Me di blog yang menarik?

Nah! di artikel ini, kami akan membahas cara menulis About Me di blog. Setelah membaca artikel ini, Anda dapat membuat halaman About Me yang menarik dan meninggalkan kesan positif bagi pembaca.

Mau tahu langkah-langkah lengkapnya? Yuk, simak!

Cara Membuat Halaman About Me di Blog dalam 10 Langkah

Berikut adalah langkah-langkah membuat halaman About Me (Tentang Saya) di blog:

  1. Tentukan tema dan tujuan halaman About Me.
  2. Susun informasi pribadi yang relevan.
  3. Pilih foto profil terbaik.
  4. Perkenalkan diri secara singkat.
  5. Jelaskan informasi pendidikan dan pengalaman.
  6. Tunjukkan minat dan keahlian khusus.
  7. Bagikan pencapaian yang relevan.
  8. Berikan alasan atau motivasi membuat blog.
  9. Tambahkan informasi kontak.
  10. Mulai buat halaman About Me di blog.

Mari mulai cara membuat About Me di blog dari langkah yang pertama!

WordPress Hosting CTA Button

1. Tentukan Tema dan Tujuan Halaman About Me

Sebelum membuat halaman About Me di blog, Anda perlu menentukan tema dan tujuan dengan jelas. Dengan begitu, Anda dapat memperkenalkan diri secara lebih baik, menargetkan konten sesuai dengan audiens yang dituju, serta memperkuat relasi dengan pembaca.

Sebaiknya, tema yang dipilih mencerminkan minat dan fokus utama Anda. Misalnya jika Anda seorang fotografer yang membuat web portofolio untuk memamerkan hasil karya, tema halaman About Me Anda dapat menunjukkan kecintaan Anda terhadap fotografi dan dampaknya terhadap hidup Anda, seperti contoh berikut:

cara membuat halaman about me di blog dengan menentukan tema dan tujuan

Selain tema, Anda perlu menentukan tujuan yang ingin dicapai melalui halaman ini. Misalnya apakah Anda ingin membangun koneksi, atau mungkin menarik klien potensial untuk bekerja sama. Tujuan ini akan memudahkan Anda menyusun halaman Tentang Saya secara lebih terarah.

Kemudian, Anda juga dapat mempertimbangkan perspektif pembaca. Pikirkan halaman About Me seperti apa yang sekiranya menarik bagi mereka. Sampaikan informasi yang relevan, gunakan bahasa yang sesuai, dan jangan lupa untuk menunjukkan kedekatan dengan target audiens.

2. Susun Informasi Pribadi yang Relevan

Langkah berikutnya dalam cara membuat halaman About Me di Blog adalah menyusun informasi pribadi yang relevan untuk ditampilkan. Informasi pribadi akan membantu pembaca untuk memahami siapa Anda sebagai blogger dan ciri khas Anda.

Mulailah dengan informasi umum seperti nama, usia, dan tempat tinggal. Selanjutnya, tambahkan informasi pendukung yang relevan, misalnya minat, hobi, dan keahlian yang dimiliki. Anda juga boleh menuliskan hal-hal menarik lainnya untuk melengkapi profil Anda.

Namun ingat, tidak semua informasi pribadi perlu dipublikasikan. Tidak masalah jika Anda tidak ingin menampilkan informasi yang terlalu personal. Anda harus selalu memprioritaskan privasi, dan cukup sertakan informasi yang dirasa aman untuk diketahui pengunjung.

cara membuat about me di blog dengan menyusun informasi pribadi

Sebagai inspirasi, Anda dapat melihat contoh About Me di blog Sekar Arum. Sang blogger menjelaskan bahwa dia adalah seorang introvert yang tidak terlalu nyaman berada di keramaian. Selain itu, ia juga menjelaskan sedikit keterbatasan fisik yang dimiliki, tapi tidak menghalangi aktivitasnya sehari-hari.

Baca juga:   Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting

3. Pilihlah Foto Profil Terbaik

Setelah menentukan tujuan dan memilah informasi pribadi, lanjutkan cara membuat halaman About Me dengan memilih foto profil terbaik. Foto ini penting karena merupakan salah satu penentu kesan pertama audiens tentang diri Anda.

Saat memilih foto, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal lebih dulu. Misalnya, pastikan foto profil masih berkaitan dengan niche blog Anda. Jika memiliki blog parenting seperti Annisa Steviani, Anda dapat menampilkan foto profil bersama keluarga dan anak-anak, untuk memberikan kesan hangat dan ramah.

cara membuat tentang saya di blog dengan memilih foto terbaik

Selain itu, foto profil Anda harus memiliki kualitas yang baik. Gunakan foto dengan resolusi tinggi, pencahayaan yang baik, dan fokus yang jelas terutama pada wajah Anda. Jangan gunakan foto yang blur, terlalu jauh, atau tidak jelas, karena akan mengurangi ketertarikan pembaca untuk mengenal Anda.

Terakhir, cobalah untuk memperbarui foto profil seiring dengan perubahan yang terjadi di hidup Anda. Dengan begitu, pembaca akan merasa lebih dekat dengan diri Anda secara sebenarnya.

4. Perkenalkan Diri secara Singkat

Untuk menulis About Me yang menarik di Blog, Anda wajib memperkenalkan diri. Singkat saja, misalnya dengan mencantumkan hal-hal utama seperti nama, minat atau hobi Anda, atau bidang keahlian yang Anda tekuni.

Berikan gambaran tentang diri Anda dan ciri khas Anda sebagai seorang blogger. Sebagai contoh, Anda dapat memulai dengan perkenalan singkat seperti yang dilakukan travel blogger Matius Teguh Nugroho berikut:

cara menulis about me di blog dengan memperkenalkan diri

Hal penting lainnya, pastikan Anda menempatkan perkenalan singkat sebagai “hero”, yaitu bagian yang pertama kali terlihat saat pengunjung membuka halaman Tentang Saya.

Dengan begitu, audiens akan langsung mendapatkan gambaran tentang diri Anda dan konten yang Anda bagikan di blog.

5. Jelaskan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman

Berikutnya, jelaskan latar belakang pendidikan Anda dan pengalaman yang relevan. Informasi seperti ini dapat meyakinkan pembaca akan pengetahuan dan keahlian Anda.

Awali dengan mencantumkan pendidikan formal yang Anda jalani, seperti gelar sarjana atau diploma yang dimiliki. Tak lupa, sertakan juga pendidikan informal seperti kursus, pelatihan, atau sertifikasi yang relevan dengan bidang atau topik yang Anda tulis di blog.

Selain itu, tunjukkan pengalaman kerja atau proyek yang pernah Anda selesaikan apabila relevan dengan topik blog Anda. Jelaskan peran dan tanggung jawab Anda, serta hasil yang telah dicapai.

cara membuat tentang saya di blog dengan menjelaskan latar belakang

Sebagai contoh, tengok halaman Tentang Saya milik Gordon Ramsay. Sebagai chef terkemuka di dunia, Gordon menjelaskan bahwa dulunya ia mengambil pendidikan pengelolaan hotel. Ia juga menyampaikan pengalamannya bekerja di berbagai restoran hingga memutuskan membuka usaha resto seperti sekarang.

6. Tunjukkan Minat dan Keahlian Khusus

Langkah selanjutnya dalam cara menulis halaman about me di blog adalah menyoroti minat khusus dan keahlian sesuai niche blog Anda. Bagian ini akan meningkatkan kredibilitas Anda serta kepercayaan, pembaca terhadap konten yang Anda sajikan.

Jelaskan secara singkat bagaimana minat tersebut berkaitan dengan topik yang Anda bahas. Di samping itu, sampaikan juga bagaimana keahlian Anda dapat memberikan kontribusi yang berharga kepada pembaca.

Baca juga:   Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Jangan lupa, sampaikan dengan cara yang menarik dan menginspirasi. Hal ini akan semakin menunjukkan dedikasi dan tingkat pemahaman Anda terhadap bidang tersebut.

contoh about me di blog yang memuat minat dan keahlian

Contoh About Me di blog yang memiliki penyampaian menarik untuk bagian minat dan keahlian adalah milik Mas Kulin. Blogger yang mengulas tips fashion dan perawatan diri pria ini menekankan pentingnya penampilan yang rapi untuk meningkatkan kepercayaan diri.

7. Bagikan Pencapaian yang Relevan

Cara membuat About Me di blog sudah memasuki langkah nomor 7. Pada bagian ini, Anda dapat menunjukkan pencapaian Anda untuk meningkatkan kredibilitas blog.

Pencapaian tersebut dapat berupa penghargaan, proyek-proyek sukses, maupun kolaborasi dengan brand terkenal.

Pilihlah pencapaian terbaik menurut Anda, atau prestasi yang sekiranya dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca. Setelah itu, Anda dapat membuat daftar atau menuliskannya dalam format deskripsi singkat.

Untuk deskripsi, jelaskan secara singkat pencapaian tersebut, kapan Anda meraihnya, serta dampaknya pada diri sendiri atau blog Anda. Pastikan tetap objektif dan tidak berlebihan dalam menyampaikannya. Tetaplah rendah hati agar audiens merasa dekat dengan Anda.

cara membuat about me di blog dengan membagikan pencapaian

Untuk menginspirasi Anda, Silakan lihat halaman About Me dari blog teknologi dan gadget TechRadar. Mereka menjelaskan bagaimana TechRadar berkembang dan kini hadir dalam 10 bahasa, serta mencapai lebih dari 70 juta pembaca di seluruh dunia.

8. Berikan Alasan atau Motivasi di Balik Blog

Menjelaskan alasan dan motivasi di balik blog yang Anda buat merupakan langkah penting untuk membuat halaman About Me yang menarik. Sebab, pembaca jadi bisa tahu mengapa Anda memulai blog tersebut dan berbagi pengetahuan atau pengalaman Anda.

Jelaskan ketertarikan Anda pada topik yang diangkat pada blog. Sampaikan alasan yang kuat, apakah memang passion, pengalaman pribadi, atau ingin membantu orang lain. Kalau ada, ceritakan juga kisah menarik yang melatarbelakangi Anda membuat blog.

Selain itu, beri tahukan motivasi Anda untuk terus berkarya dan berbagi konten di blog. Misalnya, Anda ingin memperluas pengetahuan, berinteraksi dengan komunitas terkait, atau memberikan inspirasi kepada audiens. Sampaikan alasan dan motivasi secara tulus agar pembaca merasa dekat dengan Anda.

cara menulis about me di blog dengan memberikan alasan dan motivasi

Untuk melihat contoh halaman About Me di blog yang menyampaikan alasan dan motivasi dengan baik, coba tengok blog kuliner Foodnote Stories. Pasangan Pram dan Amelia menjelaskan bahwa hobi makan sejak sekolah memotivasi mereka untuk membuat blog sebagai wadah untuk berbagi pengalaman kuliner.

9. Tambahkan Informasi Kontak

Setelah memperkenalkan diri dan menyampaikan informasi tentang blog Anda, sekarang saatnya memberikan opsi bagi pembaca yang ingin menghubungi Anda secara pribadi.

Pada halaman About Me, Anda dapat mencantumkan informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, atau akun media sosial yang dapat dijangkau oleh pengunjung. Dengan begitu, mereka dapat berinteraksi secara lebih intens, memberikan umpan balik dan pertanyaan, serta membuka peluang kerja sama.

cara membuat tentang saya di blog dengan menambahkan kontak

Kemudian, Anda juga boleh membuat formulir kontak pada halaman yang satu ini. Nantinya, pembaca pun dapat menghubungi Anda tanpa harus susah payah mencari informasi kontak yang mungkin tersembunyi.

Kalau belum tahu cara menambahkan formulir kontak di halaman About Me, kami sudah menyiapkan panduan cara membuat contact form di WordPress yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Baca juga:   Kenali Cara Kerja Control Panel Hosting

10. Mulai Buat Halaman About Me di Blog

Selamat! Anda sudah sampai pada langkah terakhir cara membuat halaman About Me di blog. Setelah mengetahui 9 tips dan trik menulis halaman Tentang Saya yang menarik, sekarang saatnya Anda praktik secara langsung.

Pertama, pastikan Anda sudah membuat website di WordPress. Setelah itu, silakan masuk ke dashboard WordPress. Jika sudah, akses menu Pages > Add New Page dari sidebar sebelah kiri.

buka menu pages add new di wordpress

Kemudian, beri judul halaman About Me sesuai keinginan Anda. Lalu, tulislah konten Tentang Saya seperti yang sudah Anda pelajari pada langkah-langkah di atas. Jelaskan tentang diri Anda, berikan informasi pendukung, unggah foto yang menarik, dan tambahkan kontak yang dapat dihubungi.

contoh about me di blog pada wordpress

Selesai menulis, cek kembali konten agar tidak terjadi kesalahan penulisan maupun link yang rusak. Jika sudah, tetapkan permalink atau URL halaman About Me secara singkat dan deskriptif. Terakhir, waktunya klik tombol Publish agar halaman ini dapat diakses secara online.

edit permalink dan publish halaman about me di wordpress

Tak lupa, Anda juga perlu menambahkan halaman About Me sebagai menu, agar lebih mudah diakses pembaca. Untuk membuat menu di WordPress, silakan kembali ke dashboard WordPress dan buka opsi Appearance > Menu via sidebar.

Setelah itu, buat menu baru melalui kolom Menu structure jika Anda belum pernah mengatur menu. Kemudian, silakan klik tanda centang pada halaman About Me, lalu tekan tombol Add to Menu.

menambahkan halaman about me sebagai menu

Anda dapat mengatur tata letak halaman Tentang Saya sesuai kebutuhan. Apabila sudah selesai menyesuaikannya, klik tombol Save Menu di pojok kanan bawah.

Kurang lebih begini tampilan menu About Me pada beranda blog Anda:

hasil akhir tampilan menu about me di wordpress

Sampai di sini, Anda telah mempraktikkan cara membuat halaman About Me yang menarik di blog. Bagaimana, sama sekali tidak sulit, kan?

Yuk Buat Halaman About Me Anda Sendiri di Blog!

Halaman About Me adalah tempat di mana Anda dapat memperkenalkan diri, membagikan informasi pribadi yang relevan, dan menjelaskan motivasi di balik blog yang Anda buat.

Nah, melalui artikel ini, Anda telah mempelajari cara membuat halaman About Me yang menarik perhatian pembaca di blog. Karena menjadi salah satu halaman yang sering diakses oleh pengunjung, Anda perlu tahu tahap-tahap menulis About Me. 

Mulailah dari menentukan tema dan tujuan, memperkenalkan diri, membagikan keahlian dan pencapaian, hingga menambahkan informasi kontak yang dapat dihubungi.

Namun, selain isi halaman tersebut, hosting juga berperan besar dalam menjaga interaksi pengunjung blog Anda. Sebab, blog yang bagus tidak akan memiliki performa yang baik apabila hosting Anda lambat dan sering down.

Untungnya,  Niagahoster menawarkan layanan WordPress Hosting yang cocok untuk kebutuhan Anda. Layanan ini dirancang khusus untuk pengelolaan website WordPress yang optimal, dengan berbagai fitur terbaik yang akan menjaga website dan blog Anda selalu online 24/7 dengan aman.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera bangun blog Anda dengan layanan WordPress Hosting Niagahoster!

Hosting Unlimited Indonesia

Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: