Tutorial

Hosting Unlimited Indonesia

Website bisnis adalah situs web yang khusus dibuat untuk keperluan bisnis. Di tengah dunia bisnis modern seperti sekarang, Anda bisa meningkatkan pendapatan hingga berkali-kali lipat dengan cara membuat website bisnis, lho!

Dengan jenis website ini, Anda dapat memperkenalkan bisnis kepada audiens yang lebih luas sehingga meningkatkan potensi konversi. Selain itu, website bisnis memudahkan Anda menjelaskan produk dan layanan yang dijual, serta membangun citra profesional bagi usaha Anda.

Nah, mau tahu bagaimana cara membuat website bisnis sendiri tanpa ribet?

Tenang! Artikel ini akan menjelaskan cara buat website bisnis yang bisa Anda ikuti. Mulai dari memilih nama domain, membuat halaman web, hingga mengoptimasi website, semuanya kami rancang agar mudah dipahami oleh pemula.

Jika sudah siap, yuk langsung scroll ke bawah!

Tonton video tutorialnya juga, ya!

Cara Membuat Website Bisnis dalam 10 Langkah Mudah

Salah satu langkah awal dalam memulai bisnis online adalah membangun website usaha. Ini dia 9 cara membuat situs bisnis sendiri dengan mudah:

  1. Beli layanan web hosting.
  2. Pilih nama domain bisnis.
  3. Tentukan platform website.
  4. Install tema website bisnis.
  5. Pasang plugin yang diperlukan.
  6. Tambahkan katalog produk.
  7. Buat halaman Kontak.
  8. Bangun halaman Tentang Kami.
  9. Rancang menu navigasi website.
  10. Maksimalkan strategi SEO website bisnis.

Mari mulai pembahasan langkah-langkah membuat website bisnis selengkapnya!

1. Beli Layanan Web Hosting

Seperti pembuatan website pada umumnya, Anda perlu berlangganan web hosting untuk memulai cara membuat website bisnis. Layanan hosting penting bagi bisnis karena di sinilah file situs web Anda disimpan agar dapat diakses oleh pengunjung secara online.

Keandalan dan kecepatan hosting berdampak langsung pada kinerja website dan pengalaman pengguna. Oleh karena itu, pertimbangkan faktor-faktor seperti kapasitas penyimpanan, kecepatan akses, fitur keamanan, dan dukungan teknis saat memilih web hosting.

Layanan WordPress Hosting dari Niagahoster adalah solusi yang dapat diandalkan untuk website bisnis Anda. Dirancang khusus untuk WordPress, layanan ini akan memudahkan pengelolaan website dan menjamin performanya selalu optimal.

WordPress Hosting CTA Button

2. Pilih Nama Domain Bisnis

Setelah berlangganan hosting, Anda perlu memilih nama domain, yaitu alamat unik yang akan memudahkan pengunjung mengakses website bisnis Anda.

Kabar baiknya, layanan WordPress Hosting Niagahoster dengan durasi 1 tahun sudah menyertakan domain gratis senilai Rp119.900!

Anda tinggal menyelesaikan pembayaran, lalu masuk ke hPanel untuk mengklaim domain gratis. Ketikkan domain yang Anda inginkan dan klik Cari. Jika domain tersedia, klik Lanjutkan dan ikuti petunjuk selanjutnya.

mengklaim domain gratis dalam cara membuat website bisnis

Jangan lupa mempertimbangkan beberapa strategi dalam memilih domain. Pastikan nama tersebut mencerminkan bisnis Anda, singkat, dan mudah dieja. Jika masih bingung, Anda bisa membaca artikel yang sudah kami siapkan untuk menemukan inspirasi contoh nama domain bisnis.

3. Tentukan Platform Website

Memilih platform website adalah tahap penting dalam membuat website bisnis. Salah satu pilihan terpopuler adalah WordPress, platform Content Management System (CMS) yang fleksibel dan mudah digunakan.

Kelebihan WordPress antara lain adalah tersedianya ribuan tema dan plugin siap install sehingga Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan fungsi situs web sesuai kebutuhan bisnis.

Baca juga:   10 Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan File Online

Menggunakan WordPress Hosting Niagahoster, penginstalan WordPress dilakukan otomatis. Anda hanya perlu masuk ke hPanel lalu klik tombol Kelola pada akun hosting.

mengakses akun hosting di hpanel niagahoster

Kemudian, pilih Ringkasan WordPress dan Edit Website untuk masuk ke halaman admin WordPress.

mengakses halaman admin wordpress di hpanel

Selain WordPress, Anda dapat mencoba AI Website Builder. Layanan ini memungkinkan Anda membuat website dengan cepat, tanpa coding dan tanpa ribet dengan bantuan AI.

Untuk mengakses AI Website Builder, masuk ke menu Website dan pilih opsi Tambah Website dari sidebar dashboard hosting.

menambahkan website baru di hpanel niagahoster

Pilih jenis website Anda, lalu pilih opsi Buat Website Baru. Setelah itu, pilih Website Builder dengan AI dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembuatan website bisnis Anda.

membuat website bisnis adalah memilih ai website builder

Mana pun platform yang Anda pilih, pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi Anda, ya!

4. Install Tema Website Bisnis

Lanjutkan cara membuat website bisnis dengan menginstall tema untuk situs web Anda. Bagi pengguna WordPress, Anda dapat memilih berbagai template WordPress gratis yang cocok untuk website usaha Anda.

Proses penginstalan tema WordPress juga sangat mudah. Setelah masuk ke dashboard admin, cukup akses menu Appearance dan pilih Themes.

mengakses menu themes pada halaman admin wordpress

Di halaman berikutnya, klik tombol Add New. Lalu, pasang tema yang diinginkan dengan mengklik Install dan Activate. Sebagai contoh, kami akan menginstall tema Astra.

menginstall tema astra dalam langkah langkah membuat website usaha

Apabila Anda memilih AI Website Builder, tak perlu khawatir dengan pengaturan tema dan tampilannya. Setelah menyelesaikan proses setup awal website, Anda dapat menjelajahi beberapa pilihan template siap pakai.

mengganti template pada ai website builder

Silakan klik bagian Template untuk mencoba opsi yang tersedia, dan sesuaikan font serta palet warna dengan opsi Style. Setiap perubahan desain website akan otomatis diterapkan pada situs Anda.

mengubah style pada ai website builder dalam cara membuat situs web bisnis

5. Pasang Plugin yang Diperlukan

Jika memilih CMS WordPress, Anda perlu menginstall plugin untuk meningkatkan kinerja dan fungsionalitas situs web bisnis.

Ini dia beberapa rekomendasi plugin untuk website bisnis terbaik yang bisa Anda instal:

  • WooCommerce – Menambahkan fitur toko online, memungkinkan Anda menjual produk atau layanan melalui website.
  • Yoast SEO – Memaksimalkan strategi SEO situs web untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari.
  • Contact Form 7 – Membuat formulir kontak interaktif untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Jetpack – Menyediakan berbagai fitur keamanan, kinerja, dan analisis penting untuk situs web.
  • Google Site Kit – Memantau performa situs berdasarkan data dari Google Analytics, Search Console, PageSpeed Insights, dan lainnya.

Untuk menginstall plugin WordPress, akses menu Plugins dan pilih Add New dari sidebar dashboard Anda.

mengakses menu plugins pada halaman admin wordpress

Selanjutnya, ketikkan nama plugin yang Anda inginkan di kolom pencarian, misalnya WooCommerce. Jika sudah, klik Install Now lalu Activate untuk memasang plugin tersebut.

menginstall plugin woocommerce dalam cara membuat website untuk bisnis

Sementara bagi pengguna AI Website Builder, Anda tidak perlu repot menginstall plugin tambahan karena semua yang Anda butuhkan telah tersedia secara default.

6. Tambahkan Katalog Produk

Saatnya menampilkan katalog produk atau layanan di situs web bisnis Anda. Dengan katalog produk, Anda bisa memberikan gambaran lengkap produk yang ditawarkan dan mendorong pengunjung untuk bertransaksi.

Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki semua informasi produk yang diperlukan. Siapkan deskripsi, gambar, harga, dan detail lain yang relevan.

Baca juga:   Awas! Spyware adalah Bahaya yang Selalu Mengintai Anda! [Terlengkap]

Bagi Anda yang memilih WordPress, silakan gunakan WooCommerce untuk menambahkan produk yang dijual. Caranya dengan mengakses menu Products, lalu pilih Add new.

mengakses menu add new products pada halaman admin wordpress

Opsi ini akan mengarahkan Anda ke halaman editor untuk mengisi informasi produk.

menambahkan katalog produk dalam cara membuat website bisnis sendiri

Bingung mengisi halaman produk? Anda dapat menyimak panduan kami tentang cara membuat halaman produk yang menarik.

Jika menggunakan AI Website Builder, Anda dapat mengakses fitur Online Store untuk menambahkan produk yang dijual. Caranya, klik Mode Edit Penuh dari pratinjau situs Anda.

Kemudian, pilih menu Online Store dari sidebar kiri dan klik Tambahkan Toko.

menambahkan toko pada ai website builder

Lanjutkan dengan mengakses menu yang sama, lalu klik tombol Kelola Toko di pojok kiri bawah. Silakan ikuti instruksi selanjutnya untuk mengisi informasi dasar toko.

Jika sudah, Anda akan diarahkan ke dashboard pengelolaan toko. Akses menu Produk lalu klik Tambahkan Produk.

mengakses dashboard pengelola toko pada ai website builder

Silakan pilih jenis produk dan isi detail produk seperti gambar, nama, deskripsi, dan harga. Kalau sudah selesai, jangan lupa untuk mengklik tombol Simpan.

menambahkan produk baru dalam cara membuat website bisnis

7. Buat Halaman Kontak

Membuat halaman Kontak menjadi langkah wajib berikutnya dalam cara membuat website bisnis. Sebab, halaman ini menyediakan informasi kontak agar pengunjung dapat menghubungi bisnis Anda.

Pengguna WordPress dapat memanfaatkan plugin Contact Form 7 untuk membuat formulir kontak. Untuk menggunakannya, akses menu Contact dan pilih Add New.

mengakses menu add new contact pada halaman admin wordpress

Atur template formulir sesuai kebutuhan, lalu klik Save untuk menyimpan perubahan.

membuat website bisnis adalah menambahkan formulir kontak

Kemudian, salin kode shortcode yang muncul. Setelah itu, buka menu Pages dan klik Add New untuk membuat halaman Kontak.

Tempelkan shortcode pada halaman baru tersebut. Sertakan juga alamat fisik dari Google Maps dan link media sosial agar halaman Kontak bisnis Anda lebih lengkap dan informatif.

menambahkan formulir pada halaman kontak

Jika menggunakan AI Website Builder, Anda bisa menambahkan Contact Form tanpa plugin. Caranya, keluar dari dashboard pengelolaan toko dengan mengklik tombol Edit Website.

mengakses menu edit website dari dashboard pengelolaan toko

Kemudian, akses menu Kontak dari pratinjau situs dan edit informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, lokasi di Maps, dan link media sosial

mengedit informasi kontak pada ai website builder dalam langkah langkah membuat website usaha

8. Bangun Halaman Tentang Kami

Halaman lain yang perlu Anda tambahkan dalam pembuatan website bisnis adalah Tentang Kami. Halaman ini dapat digunakan untuk menyampaikan latar belakang, visi misi, dan individu di balik bisnis Anda.

Anda yang memilih WordPress dapat membangun halaman baru berjudul ‘Tentang Kami’. Gunakan block teks untuk menuliskan latar belakang dan visi misi bisnis. Untuk memperkenalkan tim, kombinasikan block gambar dan teks.

menambahkan halaman tentang kami dalam cara membuat situs web bisnis

Agar halaman ini tampak lebih menarik bagi pengunjung, Anda dapat menerapkan beberapa tips membuat halaman Tentang Kami.

Sedangkan bagi pengguna AI Website Builder, Anda dapat mengakses menu Tentang dari pratinjau situs. Kemudian, edit isi halaman ini sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.

mengedit informasi tentang pada ai website builder

Setelah menambahkan halaman-halaman penting, langkah selanjutnya dalam membangun situs usaha adalah merancang dan menambahkan menu navigasi ke halaman utama.

Di platform WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat menu navigasi. Buka tab Appearance dan pilih Menu. Selanjutnya, beri nama pada menu Anda dan tentukan lokasi di mana menu akan ditampilkan.

membuat menu baru di wordpress

Kemudian, pilih halaman-halaman yang ingin ditambahkan ke menu, serta sesuaikan urutannya. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol Save Menu.

menambahkan menu dalam cara membuat website untuk bisnis

Untuk AI Website Builder, menu navigasi sudah ditampilkan otomatis. Tenang, Anda masih dapat mengatur urutannya dengan mengakses ikon Menu pada sidebar kiri, kok.

mengatur menu pada ai website builder

10. Maksimalkan Strategi SEO Website Bisnis

Terakhir, Anda perlu memaksimalkan strategi SEO (Search Engine Optimization) website bisnis guna meningkatkan peringkatnya. Ranking yang tinggi meningkatkan peluang situs Anda dikunjungi oleh pelanggan dari mesin pencari seperti Google.

Baca juga:   Mau Tahu Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting?

Pertama, tentukan keyword yang relevan untuk setiap halaman website. Keyword adalah kata atau frasa yang biasanya digunakan oleh pengguna saat mencari informasi di Google. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di artikel kami mengenai cara riset keyword.

Setelah menemukan keyword, lakukan optimasi SEO on-page dengan menyisipkan keyword tersebut secara alami dalam judul, subjudul, isi konten, dan meta description. Jangan lupa untuk mengoptimasi gambar serta mengatur URL (slug) halaman agar mengandung kata kunci yang relevan.

mengoptimasi seo on page dalam cara membuat website bisnis sendiri

Di WordPress, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk membantu mengoptimasi halaman website sesuai standar SEO yang dianjurkan.

Sementara itu, bagi pengguna AI Website Builder, Anda bisa dengan mudah memaksimalkan strategi SEO website dengan mengklik ikon Analitik dan memilih opsi SEO.

mengoptimasi seo on page pada ai website builder

Sampai di sini, cara membuat website bisnis sendiri telah berhasil Anda selesaikan. Baik Anda memulai bisnis dari nol maupun baru akan go online, proses pembuatan website bisnis ini tetap bisa Anda ikuti dengan mudah, kok.

Kembangkan Usaha Anda dengan Membuat Website Bisnis!

Melalui artikel ini, Anda sudah mempelajari cara membuat website bisnis menggunakan WordPress dan AI Website Builder. Untuk membantu Anda mengingat lagi, ini dia langkah-langkah membuat website usaha:

  1. Membeli layanan web hosting.
  2. Memilih nama domain bisnis.
  3. Menentukan platform (WordPress atau Website Builder).
  4. Menginstall tema situs web bisnis.
  5. Memasang plugin yang dibutuhkan.
  6. Menambahkan produk yang dijual.
  7. Membuat formulir di halaman Kontak.
  8. Membangun halaman Tentang Kami.
  9. Merancang menu navigasi website.
  10. Mengoptimasi SEO website bisnis.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah mempersiapkan bisnis untuk sukses di dunia digital. Website bisnis Anda akan menjadi sarana untuk membangun identitas bisnis, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Jika bisnis Anda siap go online, mulailah dengan membuat website menggunakan WordPress Hosting Niagahoster. Dengan layanan ini, Anda dapat membangun website dengan WordPress yang fleksibel dan kaya fitur, atau menggunakan AI Website Builder yang mudah untuk pemula.

Selain itu, WordPress Hosting Niagahoster menawarkan fitur unggulan seperti LiteSpeed Enterprise untuk mempercepat loading website, dan Data Center kelas dunia untuk menjaga stabilitas situs Anda.

Jangan ragu lagi, segera onlinekan bisnis Anda dengan WordPress Hosting Niagahoster!



Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: