Tutorial

Hosting Unlimited Indonesia

Kalau ingin cepat mendapatkan klien, membuat resume offline saja tidak cukup! Kini, Anda juga perlu memamerkan skill untuk menarik perhatian klien dengan cara membuat website resume.

Dengan mengonlinekan resume, Anda dapat menjangkau calon klien dengan lebih mudah. Tapi perlu diingat, bikin web resume tidak boleh sembarangan. Tanpa cara yang benar, bisa-bisa Anda dicap tidak profesional.

Nah, di artikel ini, kami akan membocorkan cara membuat web resume yang mudah diikuti pemula. Tak cuma itu, kami juga akan membagikan tips agar situs resume Anda mudah ditemukan calon klien. Yuk, langsung simak tutorialnya!

Cara Membuat Website Resume Langkah Demi Langkah

Sebenarnya, membangun web resume online itu hampir mirip dengan cara membuat website portofolio. Namun, ada beberapa konten yang akan sedikit berbeda di resume website. 

Web resume lebih banyak memberikan gambaran singkat tentang latar belakang seseorang, sementara website portfolio lebih menonjolkan karya atau proyek yang pernah dikerjakan.

Cara membuat situs web resume dapat dimulai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan Layanan Hosting
  2. Tentukan Nama Domain
  3. Pilih Platform untuk Membuat Website Resume
  4. Promosikan Resume Website 

Sudah tidak sabar? Yuk, scroll ke bawah untuk mulai membuat situs web resume impian Anda!

CTA banner web hosting

1. Siapkan Layanan Hosting

Langkah pertama dalam membuat web resume adalah berlangganan web hosting. Anda perlu hosting yang bagus karena layanan ini akan menjadi tempat untuk menyimpan semua file dan data situs Anda.

Untungnya, Niagahoster menyediakan layanan yang Anda butuhkan untuk membuat web resume yang optimal. Selain itu, di Niagahoster Anda juga bisa mendapatkan domain gratis dengan pembelian paket hosting berdurasi minimal 1 tahun.

Caranya, langsung aja ke website niagahoster.co.id. Di sini, kami menggunakan layanan Web Hosting Premium yang bisa menampung ratusan ribu pengunjung dan punya fitur yang cukup lengkap.

pilih paket web hosting premium

Supaya lebih hemat, kami memilih durasi hosting selama 48 bulan. Namun, pemilihan durasi ini tetap perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.

pilih durasi paket web hosting premium

Selanjutnya Anda cukup memasukkan alamat email serta nomor telepon untuk mendaftar. Kalau sudah punya akun, Anda bisa langsung memilih opsi login. Atau, Anda juga bisa login menggunakan akun Facebook atau Google.

Berikutnya, pilih metode pembayaran yang tersedia. Cek kembali detail pesanan Anda untuk memastikan pesanan sudah benar. Setelah itu, klik tombol Buat Tagihan Pembayaran.

pilih metode pembayaran paket web hosting premium

2. Tentukan Nama Domain

Setelah menyelesaikan pembayaran di langkah sebelumnya, Anda akan diarahkan ke hPanel Niagahoster. Pada proses setup hosting, Anda akan diminta mendaftarkan domain. Nah, di sini, pilih opsi Klaim Domain Gratis yang sudah disertakan dengan paket Anda.

Karena seluruh konten resume website akan difokuskan pada diri Anda, maka pilihan terbaik adalah menggunakan nama asli sebagai nama domain.

klaim domain gratis niagahoster

Setelah memilih nama domain, Anda perlu mendaftarkannya. Anda perlu memasukkan sejumlah informasi yang diperlukan di kolom yang tersedia untuk mendaftarkan domain. Kalau sudah, klik tombol Selesaikan Pendaftaran.

tahap registrasi domain

Mulai proses persiapan membuat website resume dengan mengklik tombol Selesaikan Setup. Setelah itu, tunggu sampai prosesnya selesai.

selesaikan setup

3. Pilih Platform untuk Membuat Website Resume

Langkah berikutnya dalam cara membuat website resume online yaitu memilih platform. Banyak platform yang bisa digunakan untuk buat web resume. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Di artikel ini, kami akan memandu Anda mendesain website resume di AI Website Builder dan WordPress.

pilih platform untuk membuat website

A. Menggunakan AI Website Builder

Menggunakan AI website builder, Anda dapat mendesain website dengan cepat, mudah, dan praktis. Bahkan, semua kustomisasi yang perlu Anda lakukan nantinya tidak membutuhkan coding sama sekali!

membuat website dengan AI Website Builder

Dengan tool seperti AI Website Builder, Anda cukup memasukkan nama, jenis, dan deskripsi website yang Anda inginkan untuk langsung merancang web resume dalam hitungan menit. 

Baca juga:   Ini Contoh Penerapannya di Berbagai Bidang

Karena akan membuat situs resume, Anda perlu memilih jenis website Portofolio, lalu isi nama dan deskripsi website sesuai dengan preferensi Anda. Jika sudah terisi lengkap, klik tombol Buat website dan tunggu selama beberapa saat.

cara membuat website resume dengan AI website builder

Di halaman berikutnya, terdapat 3 template yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Pada tombol Style, tersedia juga berbagai palet warna yang dapat dipilih.

Untuk kustomisasi lebih lanjut, klik Mode Edit Penuh di pojok kanan atas.

pilih template dan style sebagai cara membuat website resume

Setelah masuk ke editor website, Anda dapat mengganti teks, background, sampai gambar-gambar yang akan ditampilkan di website Anda.

AI Website Builder juga dilengkapi dengan AI Assist yang dapat membantu Anda merancang teks seperti pada bagian About Me. Bagian ini berisi latar belakang singkat diri Anda, termasuk riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan yang dikuasai, dan masih banyak lagi.

menambahkan About Me adalah salah satu langkah dalam cara membuat website resume dengan fitur AI Assist

Setelah itu, Anda bisa menambahkan bagian lain yang diperlukan dengan mengklik tombol Tambahkan Bagian. Karena di tutorial ini kami mencontohkan langkah-langkah membuat website resume fotografer, kami akan menambahkan tampilan proyek dan hasil jepretan.

AI Website Builder menyediakan berbagai kategori yang dapat digunakan untuk menampilkan karya di resume website. Misalnya, hasil foto dapat ditampilkan dalam bentuk feed Instagram, slideshow, atau gallery.

tombol tambahkan bagian untuk bikin website resume dengan AI

Satu hal yang tak kalah penting, Anda juga dapat menambahkan bagian Testimoni untuk meningkatkan kepercayaan calon klien.

Lewat bagian ini, Anda bisa membangun kredibilitas dengan menunjukkan ulasan dari klien yang sudah pernah bekerja sama.

langkah selanjutnya dalam cara membuat web resume adalah menambahkan section testimoni

Begitu selesai kustomisasi, Anda bisa langsung meluncurkan website dengan klik tombol Onlinekan yang ada di pojok kanan atas.

tombol onlinekan untuk mempublikasikan situs web resume online

Bagaimana, cara menggunakan AI untuk membuat website itu mudah sekali, ‘kan? Namun, jika ingin mencari template yang lebih beragam, Anda bisa memilih platform WordPress untuk membuat web resume.

Bagaimana cara membuat website resume online dengan WordPress? Yuk, meluncur ke bagian selanjutnya!

B. Membuat Website Resume di WordPress

WordPress adalah platform pengembangan website yang populer dan mudah digunakan. WordPress menyediakan ratusan tema dan plugin untuk membuat resume website makin menarik dan fungsional.

Kalau memilih platform WordPress untuk membangun situs resume online, Anda diharuskan membuat akun WordPress terlebih dahulu. Simak panduan berikut ini, ya.

  1. Isi informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun WordPress. Kalau sudah selesai, klik Lanjutkan.
detail login wordpress untuk menginstal wordpress baru
  1. Di halaman berikutnya, Anda akan mendapatkan rekomendasi plugin yang bisa langsung diinstall dengan mencentang kotak yang tersedia. Tapi, Anda juga bisa langsung klik Lewati kalau ingin menginstall plugin secara manual.
pilih plugin sebelum membuat web resume online dengan wordpress
  1. Setelah itu, pilih tampilan website dengan memasang template siap pakai yang tersedia.
pilihan template untuk menginstal wordpress
i. Install Tema WordPress

Di langkah sebelumnya, Anda memang sudah memasang tema website. Tapi, jika kurang suka dan ingin mengganti tema WordPress agar lebih sesuai dengan web resume online Anda, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, cari tema website yang Anda inginkan pada direktori tema WordPress. Caranya, klik menu Appearance lalu pilih opsi Themes.
  1. Di halaman ini, klik Add New untuk menambahkan tema baru.
klik add new menambahkan tema wordpress baru
  1. Selanjutnya, pilih tema yang ingin Anda gunakan. Karena di tutorial ini kami akan menggunakan tema Astra, jadi tinggal masukkan saja keyword “Astra” di kolom pencarian dan klik Install.
install tema astra
  1. Setelah proses instalasi selesai, aktifkan tema dengan klik tombol Activate.
ii. Install Plugin WordPress

Setelah tema berhasil dipasang, kini saatnya menginstall sejumlah plugin untuk memudahkan Anda mengikuti langkah-langkah dalam cara membuat website resume. 

Ada 4 plugin yang perlu diinstal, yaitu Elementor, Essential Addons for Elementor, dan Starter Templates. Nah, langkah instalasinya cukup mudah, kok. Ikuti panduan berikut ini:

  1. Klik Plugins > Add New di sidebar dashboard WordPress. 
install plugin wordpress
  1. Cari plugin yang diinginkan di kolom pencarian. Kalau sudah ketemu, klik Install Now dan klik tombol Activate setelah proses instalasi selesai.
Baca juga:   Cara Mengatasi Err Connection Refused FileZilla dengan Mudah
install plugin wordpress 2
  1. Ulangi tahap ini untuk menginstall semua plugin yang dibutuhkan. 
iii.  Pilih Template Dasar Website Resume

Seluruh persiapan membuat website resume online di WordPress sudah selesai. Sekarang, saatnya memilih template web portofolio untuk memudahkan proses kustomisasi website. 

  1. Kembali ke dashboard WordPress dan klik Appearance > Starter Templates.
buka starter templates
  1. Di halaman berikutnya, klik Build Your Website Now. 
  1. Begitu masuk ke halaman berikutnya, Anda akan disambut 3 page builder yang bisa dipilih untuk membantu menyesuaikan website tanpa perlu coding. Anda bebas memilih page builder sesuai keinginan. Namun, di tutorial ini kami menggunakan page builder Elementor
pilih page builder elementor
  1. Selanjutnya, pilih template untuk website resume yang diinginkan. Saat Anda mengetikkan “resume” di kolom pencarian, akan muncul beberapa pilihan template gratis dan premium. Di tutorial ini, kami memilih template resume gratis berikut. 
cara membuat situs resume berikutnya adalah memilih template di starter templates
  1. Di sini, Anda akan menemukan berbagai customization tool untuk mengatur palet warna dan font style. Tenang, Anda tetap bisa mengotak-atik tampilan website setelah melewati langkah ini kok. Nah, kalau sudah sesuai dengan preferensi Anda, klik Continue > Submit & Build My Website.
tahap kustomisasi template sebagai salah satu cara membuat situs web resume
  1. Tunggu sistem membangun website Anda dalam beberapa saat. Ketika proses berhasil, Anda akan melihat tampilan seperti di gambar berikut ini.
notifikasi website resume telah berhasil dibuat
iv. Kustomisasi Konten Website Resume

Akhirnya, Anda sudah sampai di tahap kustomisasi halaman resume website. Caranya cukup mudah, tinggal klik Edit with Elementor di menu bar berikut.

kustomisasi konten website resume online dengan elementor

Dengan Elementor, Anda bisa berkreasi dengan berbagai tool dan widget yang tersedia. 

  1. Mengubah Background Website Resume

Hal pertama yang harus dilakukan saat kustomisasi situs web resume adalah mengganti background. Anda bisa mengubah latar belakang dengan mengklik gambar yang ingin diganti. 

Lalu di tab Style pada sidebar, pilih Choose Image. Di sini terdapat opsi upload file gambar dari komputer atau memilih foto yang tersimpan di media library.

mengganti background sebagai cara membuat website resume online dengan elementor

Sudah selesai menyesuaikan background? Saatnya menambahkan salah satu bagian terpenting untuk situs resume Anda, yaitu “About Me” atau “Tentang Saya”.

  1. Membuat Section About Me
menambahkan section about me sebagai salah satu hal penting dalam cara membuat website resume

Sekarang, kami akan memandu Anda membuat halaman About Me yang efektif agar calon klien bisa mengenal Anda lebih dekat. Biasanya, bagian ini menampilkan biografi singkat pemilik resume.

Anda dapat membagikan detail penting seperti jenjang pendidikan, pengalaman kerja, skill yang dimiliki, proyek terbaru, hingga penghargaan yang pernah diterima. Kalau bingung bagaimana merangkai kata-kata yang sesuai, gunakan saja bantuan AI seperti ChatGPT. 

Untuk membuat konten dengan ChatGPT, Anda hanya perlu mengunjungi chat.openai.com. Kemudian, berikan prompt atau instruksi spesifik agar ChatGPT dapat menghasilkan konten yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Menambahkan Kumpulan Proyek

Agar resume terlihat ringkas, sisipkan portofolio yang sudah dibagi sesuai kategori proyek di halaman utama. Kemudian, buatlah halaman khusus yang berisi kumpulan proyek sesuai dengan kategori tersebut.

Jika sudah, tambahkan link halaman khusus tadi di tombol Learn More seperti pada gambar di bawah ini.

cara menampilkan proyek pada web resume
  1. Menyertakan Testimoni Klien

Testimoni adalah elemen penting lain yang harus ada di situs web resume Anda, karena dapat membantu membangun kredibilitas. 

Ulasan klien lama menunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dan berkolaborasi dengan orang lain. Dengan testimoni, Anda juga dapat menunjukan apa saja soft skill yang Anda kuasai.

Tak perlu menampilkan banyak review di halaman utama resume online. Sama seperti di langkah sebelumnya, Anda dapat membuat halaman khusus yang berisi testimoni klien. Kemudian, tambahkan link ke tombol View All Reviews seperti pada contoh berikut.

testimoni sebagai salah satu konten penting dalam web resume online

Dengan begitu, pengunjung yang ingin melihat testimoni lainnya cukup klik tombol yang menuju ke halaman tersebut.

  1. Mencantumkan Formulir Kontak

Lanjut ke bagian yang tak kalah penting, yaitu formulir kontak. Di halaman About Me, Anda mungkin sudah mencantumkan berbagai tombol media sosial. Namun, menyertakan formulir kontak akan lebih memudahkan calon klien menghubungi Anda jika tertarik untuk bekerja sama.

Baca juga:   Apa Itu Website Statis? Apa Bedanya dengan Website Dinamis?

Template yang dipakai dalam tutorial ini belum menyediakan form kontak, jadi Anda bisa menambahkannya dengan widget WPForms

Caranya, drag and drop widget tersebut di tempat yang Anda inginkan. Jadi, ketika pengunjung mengisi formulir tersebut, Anda akan langsung mendapatkan notifikasi melalui email. 

Kemudian, pilih jenis formulir yang Anda inginkan dengan klik Select a form.

cara menambahkan formulir kontak pada website resume

Di sini, kami memilih jenis Simple Contact Form. Nantinya, formulir akan muncul secara otomatis seperti pada gambar berikut.

pilih jenis formulir kontak website resume

Terlepas dari elemen wajib yang kami sebutkan di artikel ini, masih banyak konten yang dapat ditampilkan untuk membuat resume Anda jauh lebih menarik.

Misalnya, halaman timeline riwayat hidup atau bagian khusus yang berisi penghargaan yang pernah Anda terima. Anda bebas mendesain situs web resume online sesuai kebutuhan.

4. Promosikan Resume Website

Lantas, bagaimana caranya agar situs resume Anda dapat menjangkau calon klien?

Menjadi langkah terakhir dalam cara membuat situs resume, berikut tips dan trik supaya website mudah ditemukan calon klien:

  • Optimasi kecepatan akses website. Untuk mempercepat loading website, sebaiknya install plugin caching. Plugin ini memungkinkan website menampilkan konten statis di perangkat pengguna, sehingga proses loading website jadi lebih cepat. 
  • Maksimalkan teknik Search Engine Optimization (SEO) website. Kalau ingin web resume Anda bisa muncul di ranking teratas hasil pencarian Google, Anda perlu belajar SEO dan mempraktikkannya di website Anda.
  • Tulis artikel blog yang relevan. Tips selanjutnya agar website lebih mudah ditemukan pengunjung adalah menulis artikel blog. Caranya, buat artikel SEO friendly dengan topik yang relevan, seperti tutorial dan tips yang sesuai bidang Anda atau cerita di balik proyek terbaru.
  • Promosikan resume website di media sosial. Agar traffic website semakin naik, bagikan proyek terbaru yang Anda upload di situs resume ke berbagai platform media sosial seperti Instagram, Linkedln, atau Twitter.

Sampai sini, Anda telah berhasil menyelesaikan semua langkah dalam cara membuat website resume. Bagaimana, sudah siap buat situs web resume online sendiri untuk menjangkau klien dari seluruh dunia? 

Mulai Dapatkan Klien dengan Membuat Website Resume!

Melalui artikel ini, Anda telah mempelajari cara membuat website resume sampai selesai. Ada dua cara membuat situs web resume yang bisa Anda coba yaitu dengan platform AI Website Builder dan WordPress.

Kedua cara tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Kalau mencari tema dan plugin yang bervariasi, WordPress bisa menjadi pilihan. Namun, kalau ingin membuat website secara lebih praktis, AI Website Builder adalah pilihan platform yang tepat.

Setelah berhasil membuat website, langkah selanjutnya yaitu mengonlinekannya ke layanan hosting agar website Anda dapat diakses banyak orang. Namun, memilih layanan hosting itu harus teliti lho. Salah-salah, website Anda malah jadi lemot, sering down, atau bahkan diserang malware berbahaya!

Makanya, pilihlah penyedia layanan hosting yang berkualitas seperti Niagahoster. Web Hosting Niagahoster dibekali dengan fitur-fitur unggulan seperti LiteSpeed Enterprise untuk akses website yang tetap gesit di segala kondisi.

Layanan ini juga telah dioptimasi untuk WordPress, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses area dashboard, menginstall WordPress, sampai memperbarui plugin dan tema di satu tempat. 

Menariknya lagi, layanan ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Website Builder, yang akan membantu Anda membangun website dengan performa terbaik dalam beberapa klik saja!

Yuk bangun resume website dan onlinekan dengan web hosting Niagahoster!



Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: