Tutorial


Siapa bilang bikin website itu mahal? Ada banyak cara membuat website gratis, kok. Tak perlu khawatir harus bisa coding, membangun website gratis bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah saja!

Di artikel ini, kami akan membocorkan cara buat website gratis yang tentunya mudah diikuti pemula. Makin penasaran, kan? Langsung saja, ini dia tutorial membuat website gratis!

Cara Membuat Website Gratis dalam 7 Langkah Mudah

Di bagian ini, kami akan membahas cara membuat website gratis yang menarik untuk meningkatkan kehadiran Anda secara online. Untuk pengelolaan konten yang lebih mudah, kami merekomendasikan platform WordPress untuk membangun website gratis.

Berikut cara membuat situs gratis yang dapat Anda ikuti:

  1. Tentukan jenis website
  2. Beli hosting dan domain
  3. Install WordPress
  4. Install tema situs web
  5. Install plugin situs web
  6. Buat postingan website pertama
  7. Optimasi website

Nah sekarang, mari bahas cara membuat website gratis satu per satu.

1. Tentukan Jenis Website

Langkah pertama cara membuat website gratis adalah menentukan jenis website. Inilah beberapa jenis website yang umum Anda temui adalah:

  • Website Pribadi. Jenis website ini dimiliki oleh seseorang sebagai sebuah identitas online. Jenis website ini sering berisi opini pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari.
  • Website Sekolah. Banyak sekolah yang saat ini membuat website untuk memudahkan akses informasi. Tidak hanya untuk mengetahui lokasi dan fasilitas yang dimiliki, website sekolah sering dimanfaatkan untuk menampilkan kegiatan belajar mengajar. Contohnya: SMK Telkom Jakarta, dan SMAN 2 Blitar.
  • Blog. Blog adalah jenis website ini menampilkan informasi yang selalu up-to-date. Ciri dari blog adalah menampilkan informasi terbaru paling atas. Blog bisa dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan. Contoh: Kobayogas, dan Niagahoster.
  • Website Toko Online. Website toko online adalah jenis situs web yang dilengkapi dengan fitur untuk menjual produk, memudahkan transaksi online, dan mengamankan pembayaran.
  • Company Profile. Website company profile atau perusahaan adalah website yang dimiliki perusahaan tertentu untuk menampilkan profil, kontak, dan produk atau layanan yang dimiliki perusahaan tersebut. Anda dapat mempelajari panduan cara membuat website perusahaan dari kami.
  • Website Instansi. Jenis website ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dalam rangka keterbukaan informasi publik. Tidak hanya berisi kegiatan instansi tertentu, tapi juga terkait transparansi anggaran.
  • Website Berita. Sesuai namanya, website berita menampilkan berita terbaru. Lingkup berita yang ditampilkan bisa nasional, regional atau berdasarkan topik tertentu. Selain portal berita besar seperti Detik dan Kompas, Anda juga bisa membuat website berita Anda sendiri dengan mengikuti cara membuat website berita.
  • Website Desa. Website desa dimiliki oleh pemerintah desa untuk mendorong percepatan pembangunan desa. Website desa berisi informasi profil desa, kegiatan desa dan penggunaan anggaran desa.
Baca juga:   Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghapusnya [Terlengkap]

Dengan banyaknya jenis website ini, penting untuk mengetahui website apa yang Anda inginkan dari berbagai contoh website yang ada.

2. Beli Hosting dan Domain

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website gratis adalah beli web hosting dan domain. 

Kalau Anda belum punya, kami akan menjelaskan panduan cara membeli hosting di Niagahoster.

  1. Pertama, Anda bisa menuju ke halaman Niagahoster dan memilih hosting yang Anda inginkan. Di tutorial ini, kami memilih web hosting Premium yang cocok untuk membuat blog atau website pribadi.
  1. Selanjutnya, pilih durasi paket hosting sesuai kebutuhan Anda. Di sini, kami memilih durasi 12 bulan karena sudah termasuk domain gratis.
  1. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, buat akun baru Niagahoster untuk memudahkan proses checkout. Atau, kalau pilih opsi login jika Anda sudah punya akun Niagahoster
  1. Pilih metode pembayaran dan klik tombol Buat Tagihan Pembayaran. Kalau sudah, lakukan pembayaran maksimal 1×24 jam.

3. Install WordPress

Seusai memasukkan paket hosting dan domain ke dalam cart, Anda akan dibawa ke halaman fitur Niagahoster. Di sini, Anda bisa tambahkan beberapa fitur pendukung sekaligus untuk website. Mulai dari website builder, fitur keamanan dengan sertifikat SSL, dan rekomendasi privasi.

Untuk cara install WordPress secara otomatis, Anda bisa beri tanda centang di bagian Gratis Auto Install Website WordPress. Lebih baik lagi kalau Anda juga centang fitur tambahan di bagian bawahnya, yaitu WordPress Accelerator

Selepas Checkout Sekarang dan selesaikan pembayaran, Anda sudah punya akses ke website Anda sendiri.

fitur pendukung Auto Install Website WordPress sebelum checkout hosting di Niagahoster

WordPress akan terinstall dengan langkah di atas. Namun, kalau Anda tak sengaja melewatkannya, tak perlu khawatir. Anda bisa menginstall WordPress melalui Softaculous Apps Installer.

Berikut cara membuat website gratis dengan menginstall WordPress:

  1. Buka cPanel. Caranya, akses alamat website diakhiri /cpanel. Contoh: namadomain.com/cpanel;
  2. Masukkan username dan password;
  3. Pada kolom pencarian ketikkan Softaculous Apps Installer dan klik dua kali;
  4. Selanjutnya ketikkan WordPress pada laman Softaculous;
  5. Setelah ketemu, klik Install
  6. Kemudian isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang diminta;
  7. Lanjutkan dengan klik tombol Install di bagian paling bawah halaman.

Seketika, cara membuat website gratis dengan WordPress berhasil dilakukan. Mudah sekali, bukan?

banner ebook 20+ langkah wajib setelah install wordpress
Jangan sampai Anda melewatkan ini setelah instal WordPress, apa saja? Download checklist sekarang!

4. Install Tema Situs Web

Selanjutnya, cara membuat website gratis berlanjut ke menginstall tema WordPress. Memasang tema akan memudahkan Anda dalam membuat desain website dan mempercantik tampilan website Anda. 

Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti tutorial berikut:

  1.  Masuk ke dashboard WordPress dengan menambahkan wp-admin di belakang domain Anda. Misalnya, namadomain.com/wp-admin. Setelah itu, di layar Anda akan muncul halaman login seperti ini.
  1. Isi username dan password akun WordPress Anda untuk login ke dashboard WordPress. 
  2. Akses menu Appearance > Themes yang ada di sidebar dashboard WordPress.
Baca juga:   Cara Memblokir Situs Lewat Komputer & Handphone [Terlengkap]
  1. Di halaman berikutnya, klik Add New. Di sini, pilih tema WordPress gratis yang ingin Anda terapkan.
  1. Di tutorial ini, kami pilih tema Neve. Setelah menemukan pilihan tema yang diinginkan, klik tombol Install, lalu lanjutkan dengan klik Activate.

5. Install Plugin Situs Web

Setelah memasang tema yang Anda inginkan, Anda juga perlu menginstall plugin. Bagi yang belum tahu, plugin adalah software untuk menambah fungsi pada website. 

Berikut cara install plugin WordPress yang bisa Anda ikuti:

  1. Langkah ini diawali dengan mengklik menu navigasi Plugins > Add New.
  1. Selanjutnya, temukan plugin WordPress terbaik yang ingin Anda install. 

Perlu diingat, meski banyak sekali plugin fungsional yang bisa diinstall, tetap pilih yang sesuai kebutuhan website saja. Jadi, hapus plugin yang tidak dibutuhkan agar kinerja website tidak berat. 

Sebagai saran, kami rekomendasikan Anda memasang plugin-plugin penting ini pada website:

  • Yoast SEO. Memudahkan Anda mengoptimasi performa SEO website di mesin pencari sehingga bisa menarik pengunjung lebih banyak. 
  • LiteSpeed Cache. Mempercepat loading halaman website. 
  • Akismet Anti-Spam. Mencegah serangan spam pada website atau blog.

6. Buat Postingan Website Pertama

Sudah siap membuat halaman web dan menerbitkan postingan blog pertama Anda? Cara membuat postingan di WordPress cukup mudah kok. Ini dia langkah-langkahnya: 

  1. Pertama, masuk ke menu navigasi Posts > Add New. Setelah itu akan muncul editor blog post yang dilengkapi berbagai fitur.
membuat postingan blog pertama
  1. Untuk membuat post baru di WordPress, buat judul post terlebih dulu. Kemudian, isi area yang tersedia dengan konten post Anda. 
  2. Jika ingin mengubah format teks, gunakan opsi toolbar. Toolbar tersebut hampir sama dengan toolbar yang Anda gunakan di Microsoft Word.
  3. Di sisi kanan halaman, Anda akan melihat semacam meta box. Tiap box memiliki fungsi khusus, yaitu:
  • Publish. Di sini Anda dapat mengubah status dan visibilitas post. Buatlah jadwalnya. Dengan mengklik tombol Publish, post Anda dapat dibaca oleh pengunjung. Jika ingin menghapus post, klik tombol Move to Trash.
  • Categories. Pada box ini, Anda dapat menentukan kategori post yang lebih spesifik. Jika ingin membuat kategori baru, klik saja tombol +Add New Category.
  • Featured Image. Anda bisa menambahkan semacam gambar sampul untuk post dengan fitur ini.

7. Optimasi Website

Pada dasarnya, dengan lima langkah cara membuat website gratis di atas, website Anda sudah siap digunakan. 

Namun, perlu diketahui bahwa website tetap butuh optimasi. Baik dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari agar lebih optimal. Nah, apa saja yang perlu dilakukan?

  • Install Plugin Caching. Plugin caching berguna untuk membuat versi statis dari website Anda dan mengirimkannya sehingga website bisa loading lebih cepat.
  • Optimasi gambar. Ukuran gambar yang diupload di website perlu dikompresi untuk mempercepat loading website.
  • Optimasi permalink. Google menyukai permalink yang mengandung judul atau keyword. Selain itu, permalink yang pendek akan memberikan performa yang lebih baik pada situs web.
Baca juga:   Cara Membuat E-Learning Berbasis Web dengan Mudah [Terbaru]

Mengapa Harus Membuat Website Gratis dengan WordPress?

Sampai sini, Anda sudah tahu cara membuat website gratis di atas. Tapi, kenapa WordPress dipilih sebagai platformnya, ya?

Inilah yang membuat kami jatuh hati dengan WordPress:

  • Open-source dan gratis. WordPress mudah dimodifikasi dan bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya. Anda punya kesempatan memiliki performa situs web yang sama hebatnya dengan perusahaan kelas dunia.
  • Bisa dipakai untuk membuat segala jenis situs web. Mulai dari yang statis sampai dinamis, dari yang hanya tulisan sampai dengan full gambar HD. Semua bisa dihandle oleh WordPress!
  • Bisa personalisasi dan tampilkan keunikan brand di situs web. WordPress menyediakan ribuan plugin dan tema gratis yang bisa diunduh dan diubah sesuai preferensi.
  • User-friendly. Antarmuka yang intuitif membuat siapapun bisa merancang dan mempublikasikan konten lewat WordPress dengan mudah.
  • Ramah Search Engine Optimization (SEO). WordPress memiliki pengaturan bawaan yang memastikan situs web berjalan sesuai kaidah SEO. Dengan begitu, kemungkinan Anda menempati halaman pertama di hasil pencarian Google semakin besar.

Cara Bikin Website Gratis Itu Gampang, ‘kan?

Dari artikel ini, Anda sudah mempelajari cara membuat web gratis dalam hanya 7 langkah mudah. Mulai dari menentukan jenis website, beli hosting dan domain, sampai cara optimasi situs web gratis.

Memiliki website memang menjadi hal wajib untuk menguatkan kehadiran online, terutama bagi pemilik bisnis. Pemula tak perlu khawatir karena bikin website itu bisa dilakukan tanpa harus menguasai coding. Caranya adalah dengan menggunakan Content Management System seperti WordPress.

Kabar gembiranya, cara membuat website gratis bisa lebih praktis lagi dengan menggunakan WordPress Hosting Niagahoster.

Dengan WordPress Hosting Niagahoster, Anda tidak perlu menginstall WordPress secara manual karena CMS ini akan otomatis terpasang. Pembuatan website jadi lebih simple dan cara pengelolaannya pun lebih mudah!

Yang bikin makin menarik, paket hosting ini punya fitur Auto Update WordPress untuk mengupdate versi WordPress, plugin, atau tema secara otomatis. Testing website pun semakin praktis karena ada fitur WordPress Staging yang bisa mengkloning website. 

Tunggu apa lagi? Nikmati segala keunggulan WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Hosting Unlimited Indonesia

Sumber Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: