Tutorial


Bayangkan Anda memiliki karya yang luar biasa, tapi hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Pasti potentsinya tidak maksimal. Inilah mengapa Anda harus mengetahui cara membuat portofolio online yang menarik.

Portofolio adalah jendela bagi para profesional, freelancer, hingga kreator untuk menunjukkan keterampilan dan menarik perhatian calon klien.

Namun, di tengah begitu banyaknya pilihan, memilih platfom portofolio online merupakan tantangan sendiri. Maka dari itu, memahami berbagai platform portofolio online akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Yuk, ikuti panduan lengkap ini untuk menemukan cara membuat portofolio yang menarik sehingga hasil karya Anda bisa menjangkau audiens yang tepat!

CTA banner web hosting

12 Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik

Jenis portofolio online yang tepat untuk Anda sangat bergantung pada bidang dan minat Anda. Di bawah ini, kami menyiapkan platform portofolio untuk kepenulisan, fotografi, seni, hingga fashion:

  1. WordPress atau website portofolio online
  2. Medium
  3. Blog
  4. Canva
  5. Pinterest
  6. YouTube
  7. Instagram
  8. TikTok
  9. DeviantArt
  10. Behance
  11. Github
  12. LinkedIn

Ini dia berbagai cara membuat portofolio online:

1. WordPress atau Website Portofolio Online

Cara membuat portofolio online di WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang telah menjadi favorit di kalangan para kreator dan profesional untuk membuat website portofolio yang menarik.

Salah satu alasan mengapa WordPress sangat cocok sebagai platform portofolio online adalah karena fleksibilitasnya yang tinggi. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan portofolio sesuai dengan gaya dan kebutuhan kreatif Anda.

WordPress juga menawarkan ribuan tema portofolio web yang elegan, sehingga Anda dapat dengan cepat menciptakan portofolio yang terlihat profesional tanpa perlu keahlian pemrograman.

2. Medium

Contoh portofolio online di Medium

Medium adalah platform penerbitan konten online yang sangat populer, di mana Anda dapat menulis, membaca, dan berbagi berbagai artikel, cerita, dan opini. 

Platform Medium telah menjadi tujuan utama bagi para penulis, jurnalis, blogger, dan para kreator konten lainnya untuk menyampaikan pemikiran dan kreativitas mereka kepada audiens yang luas.

Namun, perlu diingat bahwa Medium adalah platform yang fokus pada konten tulisan, sehingga kurang cocok untuk memamerkan karya visual seperti gambar atau video.

3. Blog

website Virus Traveling

Seiring berkembangnya dunia digital, blog telah menjadi platform yang populer dan efektif untuk cara membuat portofolio online.

Blog memungkinkan Anda menyajikan karya, proyek, dan pemikiran Anda dalam format yang mudah diakses oleh calon klien, pengusaha, atau audiens yang berminat.

Baca juga:   Cara Upload Foto Ke Instagram Lewat Browser di Komputer PC, Tanpa Aplikasi Apapun!

Dengan fleksibilitas konten, kesempatan untuk bercerita, dan interaksi dengan pembaca, blog memungkinkan Anda untuk menampilkan kreativitas dan bakat Anda dengan cara yang menarik.

Jika Anda seorang penulis, desainer, fotografer, atau kreator konten lainnya, membuat blog sebagai portofolio online dapat membantu Anda meningkatkan peluang karier dan menarik perhatian audiens yang lebih luas.

4. Canva

Pilihan template portofolio online di Canva

Canva adalah platform desain grafis yang populer dan efektif untuk cara membuat portofolio online yang menarik dan profesional.

Dengan fitur drag-and-drop yang intuitif, Anda dapat dengan mudah menambahkan gambar, teks, dan elemen desain lainnya untuk menciptakan tampilan yang Anda butuhkan.

Namun, menggunakan Canva memiliki batasan, sehingga portofolio yang dihasilkan mungkin lebih cocok untuk media visual. Apabila Anda ingin menyoroti karya tulisan atau proyek yang lebih kompleks, Anda mungkin perlu menggabungkan Canva dengan platform lain.

5. Pinterest

Akun portofolio Pinterest Cenis Majoris

Cara buat portofolio online selanjutnya, dengan Pinterest. Pinterest adalah platform media sosial berbasis gambar yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi inspirasi, ide, dan karya mereka dalam bentuk pin.

Meskipun Pinterest lebih dikenal sebagai tempat untuk menemukan ide kreatif dan inspirasi, platform ini juga dapat dijadikan alat yang efektif untuk menciptakan portofolio online yang menarik dan visual.

Dengan menampilkan karya-karya Anda secara visual, Anda dapat menciptakan portofolio online yang menarik, terstruktur, dan mudah diakses oleh audiens.

6. Youtube

YouTube Dena Nguyen

Kalau platform yang satu ini, pasti Anda sudah tak asing lagi. Yap, YouTube. Meskipun YouTube lebih dikenal sebagai tempat untuk menonton video, platform ini bisa digunakan sebagai portofolio online yang interaktif.

Dengan menjadi YouTuber,  Anda bisa mengunggah video tentang proyek-proyek kreatif Anda, presentasi karya desain, atau bahkan portfolio film.

Melalui video, Anda dapat menampilkan karya terbaik Anda dalam bentuk yang lebih hidup, memberikan kesempatan bagi calon klien untuk memahami kemampuan dan kreativitas Anda.

Namun, perlu diingat bahwa menciptakan konten video yang berkualitas memerlukan waktu, usaha, dan pemikiran. Anda harus memastikan bahwa video Anda memiliki kualitas produksi yang baik dan konten yang informatif.

7. Instagram

Instagram portofolio Malu_Illustrator

Kalau Anda seniman visual, fotografer, atau desainer, Instagram adalah platform yang cocok untuk menampilkan karya terbaik Anda.

Dengan fokus pada media visual, Anda bisa menyajikan berbagai portofolio Anda dengan menarik dan interaktif. Mulai dari desain grafis, film pendek, hingga kemampuan bernyanyi.

Baca juga:   Cara Mudah Membuat QR Code untuk Toko Online Anda

Jangan lupa, terapkan strategi Instagram Marketing agar kualitas konten Anda semakin menarik dan informatif. Dengan basis pengguna yang besar, Instagram bisa memberikan eksposur dan peluang potensial yang tidak terbatas.

8. TikTok

mempromosikan lagu di tiktok

TikTok adalah platform media sosial yang booming yang berfokus pada video pendek.  Sebagai seorang content creator, TikTok dapat menjadi wadah kreatif untuk menampilkan karya terbaik Anda dengan cara yang segar dan interaktif. 

Dengan format video pendek, tren yang cepat menyebar, dan fitur kreatif yang kaya, Anda dapat menampilkan karya Anda dengan cara yang menarik dan menghibur. 

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan uang dari TikTok, lho. Baik dengan berjualan produk, memanfaatkan TikTok Ads, hingga mempromosikan lagu buatan Anda.

9. DeviantArt

FreakyVicky di DeviantArt

DeviantArt adalah komunitas kreatif online yang besar yang memungkinkan para seniman, desainer, fotografer, dan kreator konten lainnya untuk memamerkan contoh portofolio desain mereka.

Dengan jutaan anggota aktif, DeviantArt telah menjadi salah satu platform paling populer bagi content creator untuk menciptakan portofolio online mereka.

10. Behance

Behance Clarissa Corradin

Selain DeviantArt, ada juga Behance yang sudah menjadi website portofolio yang populer bagi para desainer grafis. 

Komunitas di Behance juga besar, jadi kesempatan untuk berhubungan dengan kreator lain yang punya minat serupa dan calon klien dari berbagai belahan dunia tidak terbatas.

Behance juga punya integrasi yang lancar dengan Adobe, jadi sinkronisasi proyek dengan platform lain lebih mudah. Sayangnya, opsi kustombisasi lebih terbatas dibandingkan dengan website portofolio pribadi karena fokusnya lebih ke menampilkan proyek kreatif.

11. GitHub

Cara membuat portofolio online di GitHub

GitHub adalah platform hosting dan kolaborasi untuk pengembangan perangkat lunak dan proyek-proyek pemrograman.

Bagi web programmer, GitHub telah menjadi tempat yang populer untuk menciptakan portofolio online yang menarik dan profesional. Di sini, Anda bisa menampilkan kode, proyek, dan kontribusi Anda dalam dunia pemrograman.

Namun, perlu diingat bahwa GitHub terutama fokus pada kode dan proyek pemrograman. Jika Anda ingin menampilkan karya-karya lain seperti desain atau konten visual, Anda mungkin perlu menggunakan website portofolio yang lebih sesuai.

12. LinkedIn

LinkedIn mungkin bukan platform khusus portofolio, tapi jangan remehkan potensi besar yang bisa Anda dapat di sini. Anda bisa menunjukkan contoh portofolio kerja dan keterampilan Anda melalui profil profesional yang menarik.

Baca juga:   Cara Memblokir Situs Lewat Komputer & Handphone [Terlengkap]

Tersedia juga fitur media untuk mengunggah gambar, dokumen, dan presentasi, sehingga Anda bisa menunjukkan kemampuan dan portofolio kerja Anda kepada para pengusaha dan calon klien

Dengan jaringan luas di LinkedIn, siapa tahu, portofolio kerja Anda bisa menjangkau bisnis ataupun klien yang relevan dengan industri Anda.

Yuk Buat Portofolio Online Anda Sekarang!

Membuat portofolio online yang mengesankan adalah langkah penting untuk membuka peluang baru dan mencapai audiens yang lebih luas. Anda bisa membuat portofolio online dengan:

  1. WordPress atau website portofolio online
  2. Medium
  3. Blog
  4. Canva
  5. Pinterest
  6. YouTube
  7. Instagram
  8. TikTok
  9. DeviantArt
  10. Behance
  11. GitHub
  12. LinkedIn

Setiap platform yang disebutkan di atas menawarkan fitur dan manfaat yang unik, dan pilihan platform yang tepat sangat tergantung pada kebutuhan kreatif Anda. 

Pertimbangkan keterampilan teknis Anda, kemampuan kustomisasi setiap platform, dan audiens spesifik yang ingin Anda targetkan untuk memilih platform yang paling cocok untuk Anda.

Nah kalau Anda ingin portofolio online dengan fleksibilitas besar, website boleh dibilang adalah solusi ideal yang paling mudah. Tapi ingat, perhatikan kualitas hostingnya agar website lancar, aman, dan bebas kendala.

Gunakan web hosting Niagahoster untuk memastikan website Anda memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung. Dengan dukungan teknis 24/7, server terbaik dan keamanan berlapis, portofolio online Anda pasti terjamin.

Yuk, segera buat portofolio online Anda hari ini, dan tingkatkan karir Anda ke level selanjutnya! Selamat membangun portofolio online Anda!

[FAQ] Pertanyaan Umum Tentang Membuat Portofolio Online

1. Membuat portofolio pakai aplikasi apa?

Anda bisa menggunakan aplikasi pembuat portofolio seperti WordPress, Canva, dan Behance.

2. Bagaimana cara membuat portofolio digital?

Cara membuat portofolio digital yaitu dengan memilih platform, menambahkan karya-karya terbaik Anda, dan menyesuaikan tampilan sesuai keinginan.

3. Apa isi portofolio web?

Portofolio web berisi karya, proyek, pengalaman, informasi kontak, dan profil Anda sebagai kreator atau profesional.

4. Biasanya portofolio dalam bentuk apa?

Portofolio biasanya berbentuk situs web yang menampilkan karya dan informasi penting Anda.

WordPress Hosting CTA Button

Hosting Unlimited Indonesia


Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: