Tutorial

Hosting Unlimited Indonesia

Blogspot memang disukai karena kemudahan penggunaannya dan bisa dipakai untuk membuat website secara gratis. Sayangnya, Blogspot juga memiliki kekurangan, yaitu masih menggunakan subdomain sebagai alamatnya. Apakah ada cara mengganti domain Blogspot ini? Jawabannya, ada

Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara custom domain Blogspot. Dengan begitu, kalian bisa menggantinya dengan nama domain pilihan Anda sendiri. Ikuti tutorial lengkapnya, yuk!

Cara Mengganti Domain Blogspot secara Manual

Penggunaan subdomain seperti namadomain.blogspot.com, bisa menurunkan kredibilitas website Anda. Cara mengganti domain Blogger itu prosesnya memang agak panjang, tapi mudah untuk dipraktikkan kok. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Mencari Tahu CNAME Blogspot

Untuk mengetahui CNAME Blogspot, masukkan dahulu domain milik Anda. Pertama-tama, login ke Blogspot menggunakan akun Google Anda.

Di dashboard Blogger, klik menu Settings pada bagian kiri.

Selanjutnya, scroll ke bawah sampai menemukan bagian Publishing, lalu klik Custom Domain.

Setelahnya, akan muncul pop-up Custom domain. Di sini, masukkan nama domain Anda dengan www, kemudian klik SAVE untuk menyimpan pengaturan.

Kalau sudah, Anda akan mendapatkan pesan yang berisi CNAME dan Destination. Untuk menambahkan custom domain blogspot, Anda hanya memerlukan CNAME kedua. Ini dia rincian CNAME yang ada pada contoh gambar di bawah:

  • Name: b3acxbft2bh6
  • Destination: gv-jkgwtur4vyqewe.dv.googlehosted.com

2. Memasukkan CNAME Baru

Tahap selanjutnya adalah menambahkan CNAME baru pada DNS management panel pengelolaan domain Anda. Kalau Anda pelanggan setia Niagahoster, langkah pertama dalam tahap ini adalah login ke Member Area Niagahoster.

Login Member Area Niagahoster

Pilih domain yang akan Anda ubah lalu klik Kelola Layanan.

Di halaman Pengaturan Domain, scroll ke bawah sampai Anda menemukan tombol Manage DNS Record lalu klik tombol tersebut.

Baca juga:   Apa Itu Website? Simak Pengertian, Jenis, Contoh & Manfaatnya!
klik tombol Manage DNS Record

Sebelum melakukan konfigurasi, sinkronisasi record ke server terlebih dahulu dengan klik tombol Sync ke server.

sinkronisasi record ke server

Jika sudah, klik Tambahkan DNS Record, kemudian pilih opsi Tambahkan website Blogspot.

Tambahkan website Blogspot

Setelahnya akan muncul pop-up Custom Blogspot. Di sini, masukkan CNAME dari dashboard Blogger di kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Save Record.

Masukkan CNAME Blogspot

Selamat! CNAME Blogspot Anda sudah tersimpan di Member Area Niagahoster. Nah, setelah klik tombol Kembali pada pop-up notifikasi berhasil, Anda akan melihat CNAME tersimpan di daftar halaman DNS Management. Tapi biasanya, proses ini memerlukan waktu sekitar 1-5 menit.

Setelah memastikan CNAME benar-benar tersimpan, kembali ke halaman konfigurasi domain. Klik nama domain Anda di bagian atas.

Scroll ke bawah sampai Anda menemukan bagian Overview Domain. Kemudian, klik tombol Ubah Nameserver.

ubah nameserver untuk mengganti domain blogspot

Lalu, update nameserver dengan mengisi data di gambar berikut ini. Isi kolom tersebut dengan informasi berikut:

Nameserver 1: ns3.niagahoster.com

Nameserver 2: ns4.niagahoster.com

Lalu, klik Simpan.

simpan data nameserver

3. Menyimpan Custom Domain di Dashboard Blogger

Kembali lagi ke halaman dashboard Blogger, masukkan nama domain Anda. Misalnya saja, www.vpsniagahoster.com. Untuk melakukan penyimpanan, klik tombol SAVE.

cara custom domain blogspot

Apabila proses penyimpanan gagal, artinya domain sedang dalam masa propagasi sampai domain dapat dikenali oleh sistem Blogger. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu hingga beberapa jam setelah melakukan pengaturan di Member Area Niagahoster.

masa propagasi domain

Nah, kalau proses penyimpanan berhasil, maka nama domain Anda akan tersimpan di bagian Custom domain. Di tahap ini, blog Anda sudah bisa diakses dengan domain tersebut. Selamat, ya!

nama domain tersimpan di bagian Custom domain.

4. Mengatur WWW

Cara mengganti domain Blogspot belum selesai. Masih ada tahap terakhir yaitu mengatur WWW. Saat ini blog Anda hanya bisa diakses menggunakan www di depan nama domain. Contohnya, www.vpsniagahoster.com.

Baca juga:   Website Tidak Bisa Diakses? Begini Cara Mengatasinya!

Biasanya, akan muncul keterangan bahwa DNS tidak bisa ditemukan seperti pada gambar di bawah ini.

dns tidak ditemukan tanpa www

Agar blog Anda bisa diakses tanpa WWW, Anda harus melakukan redirect. Caranya, di bagian Publishing pada menu Settings Blogger, temukan toggle Redirect domain dan klik untuk mengaktifkannya.

langkah redirect domain dalam cara mengganti domain blogger

Selesai! Kini, blog Anda sudah bisa diakses menggunakan nama domain tanpa WWW. Sampai sini, Anda sudah berhasil mengikuti cara mengganti domain blogspot menjadi custom domain.

Kenapa Anda Perlu Menggunakan Custom Domain di Blogspot?

Jangan buru-buru mengikuti menghapus blog Anda di Blogspot. Sebab, Anda bisa menggunakan custom domain atau nama domain yang dipilih sendiri. Memang, kenapa sih Anda harus mengganti domain Blogspot? Ini dia penjelasannya.

  • Kurang fleksibel. Subdomain itu tidak bisa dipindahkan ke platform lain. Apabila suatu hari Anda memutuskan untuk beralih ke content management system (CMS) seperti WordPress, alamat blog yang sudah ada tidak dapat digunakan di platform yang baru. Anda akan rugi jika sudah memiliki banyak pembaca setia.
  • Susah ditemukan di Google. Ketika memasukkan sebuah kata kunci pencarian di Google, kemungkinan besar tidak ada blog dari Blogspot yang muncul. Oleh karena itu, Blogspot bukanlah pilihan yang tepat jika ingin blog Anda terkenal.
  • Tidak terlihat profesional. Blogspot bukanlah media yang tepat untuk membangun suatu brand. Banyaknya spam yang dilakukan dengan blogspot.com mengurangi kredibilitas platform ini.
  • Sulit mendapatkan backlink. Backlink merupakan salah satu cara agar blog Anda mudah ditemukan oleh Google. Namun, bisa jadi Anda akan sulit mendapatkan backlink yang berkualitas karena website lain biasanya enggan memberikan backlink kalau Anda menggunakan Blogspot.
  • Dapat digunakan untuk membuat email. Pemilik domain juga dapat membuat email dengan nama blog di belakangnya, seperti budi@namablog.com. Jika digunakan dalam konteks bisnis, tentunya alamat email tersebut membuat Anda terlihat profesional.
  • Custom domain ramah di kantong. Harga domain tidak selalu menguras dompet kok. Beberapa ekstensi domain seperti .xyz, .online, dan .site tersedia dengan harga terjangkau. Di Niagahoster, bahkan Anda bisa membeli sebuah domain mulai dari Rp 14ribu saja!
Baca juga:   Cara Membuat Website Perusahaan (Company Profile) Termudah

Yuk, Ganti Domain Blogspot Anda dengan Custom Domain!

Sampai sini, Anda sudah mempelajari cara custom domain Blogspot dalam beberapa langkah saja. Mulai dari mencari dan memasukkan CNAME baru, mengarahkan IP domain ke IP server Google, sampai menghubungkan domain ke Blogspot.

Langkah-langkah ini bisa Anda ikuti dengan mudah jika Anda beli domain di Niagahoster. Sebab, pada dasarnya Anda hanya perlu meng-copy paste CNAME dari Blogspot ke menu custom Blogspot di Member Area Niagahoster.

Selain mendapat kemudahan di atas, apa saja sih keuntungan yang didapat kalau beli domain di Niagahoster?

  • Sudah pasti terpercaya karena memiliki sertifikat ICANN.
  • Banyak pilihan ekstensi, mulai dari .com, .org, .net, .co.id, dan masih banyak lagi.
  • Adanya fitur untuk memudahkan pengelolaan domain, seperti Domain Management dan Unlock Domain. 

Jadi, makin yakin beli domain di Niagahoster ‘kan? Yuk, miliki custom domain Anda dengan klik tombol di bawah ini!



Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: