Tutorial


Website builder adalah platform untuk membuat website dengan mudah tanpa harus menguasai coding. Dengan menggunakan web builder, baik pemula maupun yang berpengalaman dapat membuat website profesional dalam hitungan menit.

Di era digital seperti sekarang, website sudah menjadi kebutuhan pokok. Namun, tak semua orang terampil dalam pemrograman dan desain web. Itulah mengapa website builder menjadi alternatif yang makin populer.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu website builder, perbedaan web builder dengan CMS, kelebihan dan kekurangan website builder, serta rekomendasi software web builder yang bisa Anda pilih.

Tanpa basa-basi, yuk simak artikelnya sekarang!

Apa Itu Website Builder?

Website builder adalah platform atau software yang memungkinkan Anda membuat website melalui template siap pakai.

Cara menggunakan website builder mirip seperti membuat slide untuk presentasi. Menggunakan metode drag and drop, Anda tinggal melakukan kustomisasi layout, warna, hingga font dengan template yang sudah tersedia.

Hal ini bertolak belakang dengan metode pengembangan website konvensional yang melibatkan pemrograman. Di sini, Anda perlu menulis kode (koding) untuk setiap elemen website secara manual.

Padahal, tak semua orang memiliki keahlian dan waktu cukup untuk belajar coding. Memang sih, Anda juga bisa menggunakan jasa web developer. Namun, biaya yang dikeluarkan jadi membengkak, kan?

Maka dari itu, website builder adalah solusi pembuatan website secara instan yang cocok untuk pemula. Dalam hitungan menit, Anda bisa menyelesaikan halaman web Anda dengan beberapa klik dan menambahkan konten yang dibutuhkan.

Perbedaan Website Builder dan CMS

Selain website builder, Content Management System atau CMS adalah platform untuk memudahkan proses pembuatan website tanpa coding. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan mencolok, seperti:

Konsep Dasar

konsep dasar website builder untuk mendesain tampilan

Seperti yang sudah dijelaskan, web builder adalah software untuk memudahkan Anda membuat website dengan drag and drop. Anda tinggal menggeser elemen maupun mengubah tata letak tampilan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

konsep dasar cms untuk mengelola konten

Sedangkan CMS merupakan platform yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan konten website. CMS menyediakan backend dashboard sehingga Anda dapat menambah, mengedit, maupun menghapus konten pada halaman web.

Tingkat Kontrol

Karena berfokus pada kemudahan mendesain tampilan, website builder umumnya memberikan level kontrol yang lebih sedikit bagi Anda. Terutama, untuk hal-hal yang berurusan dengan teknis website.

Sebaliknya, CMS memberikan keleluasaan bagi pengguna yang ingin mengontrol berbagai aspek yang berkaitan dengan website. Termasuk di dalamnya konfigurasi hosting dan server website.

Baca juga:   Awas Social Engineering! Ini Cara Menghindari Tindak Kejahatan Online

Kemudahan Penggunaan

Website builder sangat mudah untuk digunakan, bahkan oleh pemula. Karena, web builder dirancang agar Anda yang tidak mengerti pemrograman sekalipun dapat memiliki website idaman.

Di samping itu, CMS juga terbilang mudah digunakan. Pun demikian, Anda mungkin butuh waktu agak lebih lama untuk menguasai fitur-fiturnya yang cenderung lebih beragam.

Kustomisasi

Website builder menyediakan template dan tema untuk Anda pilih dan ubah sesuai keinginan. Namun, keterbatasan fitur terkadang membuat web builder kurang fleksibel untuk kebutuhan situs yang lebih kompleks.

Sedangkan CMS biasanya menghadirkan fitur lengkap sehingga Anda lebih leluasa melakukan kustomisasi. Termasuk, melakukan perubahan tampilan hingga tingkat terkecil pada bagian halaman tertentu.

Karenanya, website builder cocok bagi Anda yang ingin membuat website toko online, website perusahaan, maupun jenis website lain tanpa mau dipusingkan dengan konfigurasi tingkat lanjut.

Di samping itu, CMS cocok bagi Anda yang ingin membangun blog atau website pribadi yang menyediakan banyak konten.

Kelebihan Website Builder

Berikut kami sajikan beberapa kelebihan website builder sebagai alternatif untuk membuat website:

1. Mudah Digunakan

Kelebihan utama dari website builder adalah kemudahan penggunaannya. Semua fiturnya dirancang agar mudah dipelajari oleh pemula yang tidak memiliki keterampilan teknis.

Dengan begitu, Anda dapat memiliki situs sendiri setelah melakukan beberapa perubahan terhadap template. Hasil akhir website tak cuma menarik dari segi tampilan, tapi juga fungsional alias bisa digunakan secara penuh.

2. Tersedia Template Website

Keunggulan website builder berikutnya yaitu ketersediaan template atau tema untuk berbagai jenis website. Hal ini cukup membantu bagi Anda yang kurang piawai dalam cara mendesain website. Loh, kenapa begitu?

Sebab, Anda tidak perlu merancang layout halaman dari awal. Cukup pilih satu template yang cocok dengan keinginan, lalu ubah agar tampilan situs jadi jauh lebih personal.

3. Hemat Biaya

Kelebihan lain dari web builder yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membuat website jadi lebih hemat. Dalam beberapa kasus, aplikasi website builder bahkan dapat Anda manfaatkan secara cuma-cuma.

Namun mungkin saja, Anda akan dibebankan biaya tambahan untuk dapat menggunakan fitur-fitur premium, maupun menambahkan fungsi-fungsi tertentu ke dalam website.

4. Hemat Waktu

Selain hemat biaya, membangun website menggunakan website builder juga terbukti menghemat waktu. Terutama, jika dibandingkan dengan metode pengembangan web konvensional lewat coding pemrograman.

Baca juga:   7+ Perbedaan dan Kapan Harus Digunakan

Sebab, aplikasi web builder menyediakan beragam fungsi siap pakai untuk Anda manfaatkan. Sehingga dalam hitungan jam bahkan menit, website idaman sudah selesai dibuat.

5. Hasil Akhir Responsive

Dengan menggunakan website builder, Anda bisa memastikan bahwa hasil akhir web akan responsive. Maksud dari responsive adalah tampilan website dapat menyesuaikan diri terhadap perangkat mobile.

Software web builder modern biasanya menawarkan opsi untuk mengoptimalkan website, agar tampilan dan fitur-fiturnya dapat diakses dengan lancar melalui smartphone maupun tablet.

Kelemahan Website Builder

Di samping kelebihannya, website builder tentunya memiliki kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan, seperti:

1. Keterbatasan Kustomisasi

Kelemahan website builder yang pertama yaitu kustomisasi yang terbatas. Meskipun menyediakan beragam template siap pakai dan fitur pendukung, namun opsi tampilan dan fungsi yang disediakan template tersebut kurang fleksibel.

2. Kontrol yang Minim

Kelemahan lain dari website builder adalah Anda tidak mendapat kontrol penuh terhadap website. Hal ini karena setiap aplikasi web builder mempunyai aturan dan batasan penggunaan tertentu.

Dengan kata lain, Anda tidak bisa menambahkan fitur baru ke dalam website melalui bantuan plugin atau layanan pihak ketiga.

3. Ketergantungan Layanan

Kekurangan website builder berikutnya yaitu ketergantungan penuh terhadap layanan atau platform page builder tersebut. Yang dikhawatirkan adalah seandainya website builder yang bersangkutan menghentikan layanannya.

Otomatis, website Anda jadi tidak bisa diakses dan terpaksa harus dipindahkan ke layanan lain.

4. Performa yang Lambat

Beberapa website builder sering kali mempunyai file yang besar karena template dan fungsi yang disediakan. Meski tak selalu, hal ini berpotensi mempengaruhi performa situs Anda.

Terutama, jika di saat bersamaan website Anda juga menggunakan banyak gambar dan elemen visual lain yang memberatkan.

5. Keterbatasan Pengembangan

Kelemahan terakhir dari website builder yaitu keterbatasan dalam skalabilitas. Ketika website Anda mulai berkembang dan membutuhkan fitur tambahan, keterbatasan web builder mungkin menyulitkan Anda untuk mengembangkan website menjadi lebih kompleks.

Itu artinya, Anda harus memilih penyedia website builder terbaik yang menawarkan fitur sesuai kebutuhan dan memiliki performa server yang mumpuni.

Nah kalau Anda ingin tahu apa saja website builder terbaik yang bisa Anda coba, kami sudah mengumpulkan rekomendasi terbaik di bawah ini.

Contoh Website Builder untuk Anda Coba

Anda tertarik membuat website dengan web builder? Berikut tiga rekomendasi website builder terbaik versi kami:

Baca juga:   Tutorial Menggunakan PHP Composer untuk Project Anda

1. Hostinger Website Builder

hostinger website builder contoh website builder

Hostinger Website Builder adalah platform website builder terbaik untuk membangun website dengan antarmuka intuitif. Hostinger Web Builder menyediakan template profesional untuk berbagai jenis website, seperti portfolio, blog, dan toko online.

Di samping itu, masih banyak fitur tambahan yang dapat diintegrasikan ke website Anda. Sebut saja, fitur khas toko online seperti formulir kontak dan pemesanan, sampai tools berbasis AI seperti AI Writer dan AI Heatmap.

2. Wix

contoh website builder adalah wix

Wix adalah layanan web builder populer yang bisa Anda pertimbangkan. Wix menawarkan ratusan template website serta beragam fitur yang mudah digunakan.

Dengan Wix, Anda mengatur tata letak website, menambahkan elemen seperti gambar dan video, serta memilih warna tema yang sesuai dengan branding situs Anda.

3. Weebly

weebly adalah web builder populer

Weebly adalah platform web builder terbaik yang sudah dipercaya lebih dari 40 juta pengguna. Layaknya page builder lain, Weebly menyediakan berbagai template dan elemen halaman yang bisa diatur secara drag and drop.

Hal ini membuat Weebly dapat dimanfaatkan untuk membangun website toko online, blog, bahkan landing page.

Sudah Tahu Apa Itu Web Builder, kan?

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui pengertian website builder, kelebihan dan kekurangannya, serta contoh aplikasi web builder. Website builder adalah tool atau aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun seluruh bagian website tanpa coding.

Apa pun website builder yang Anda pilih, pastikan Anda memilih layanan web hosting yang teruji kualitasnya. Sebab, tampilan website yang menarik maupun kustomisasi yang mudah tak ada artinya kalau hosting yang digunakan tidak optimal.

Akibatnya, website yang Anda desain dengan cantik jadi lambat ketika diakses, atau malah sering down. Nah, jika Anda membutuhkan layanan hosting dengan kinerja nendang, Unlimited Hosting Niagahoster bisa jadi pilihan.

Layanan Unlimited Hosting memastikan akses website kencang berkat dukungan LiteSpeed Web Server. Selain itu, website Anda juga dijamin selalu online dengan Uptime 99.99%.

Keunggulan di atas bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, mulai Rp9 ribuan/bulan saja. Oh ya, masih ada garansi 30 hari uang kembali jika Anda kurang puas dengan performa layanan. Jadi tunggu apa lagi, yuk gunakan Unlimited Hosting Niagahoster sekarang!

Hosting Unlimited Indonesia


Sumber Artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: