Teknologi


Hyper 5G Telkomsel
Selama MotoGP 2022 di Indonesia berlangsung, Telkomsel turut menunjukkan beragam implementasi teknologi 5G dimana saat pengetesan memiliki kecepatan download mencapai 5 Gbps di Kawasan Mandalika International Street Circuit. Telkomsel juga menghadirkan ‘Telkomsel 5G Experience’ dengan 6 use cases, yaitu Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device.

Alkindyweb.com – Telkomsel menghadirkan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi terdepan, Hyper 5G, di perhelatan balap motor internasional MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Pada gelaran yang akan berlangsung Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, dan tambahan frekuensi 3500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pada pengujian di lapangan kombinasi frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps.

Baca juga:   Imbas Ketidakpastian Ekonomi, Spotify Batasi Perekrutan Karyawan

Hyper 5G Telkomsel

Selain itu, Telkomsel juga melakukan penggelaran 5G menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz yang untuk sementara juga diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pada pengujian di lapangan, frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan 5G lebih dari 5 Gbps.

Baca Juga: Telkomsel Perkuat Konektivitas Broadband 4G/LTE dan 5G di Mandalika

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Kami menghadirkan showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ untuk menunjukkan bahwa Indonesia telah memiliki teknologi telekomunikasi terbaru yang mampu membuka peluang bagi lintas sektor industri untuk terus berinovasi.”

“Melalui showcase tersebut, terdapat 6 jenis use cases yang kami hadirkan di antaranya Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device,” imbuh Nugroho.

Baca juga:   IDC: 70% Transformasi Digital di Indonesia untuk Jangka Pendek

Hyper 5G Telkomsel

Di area showcase, pengunjung dapat menikmati secara langsung upaya Telkomsel dalam mendukung kemajuan bangsa dengan menghadirkan teknologi digital terbarukan yang mampu membuka peluang lebih luas dalam menghadirkan ragam inovasi di lintas sektor industri Indonesia.

Selama gelaran MotoGP, pengunjung dapat mencoba berbagai use cases teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel, seperti use case Humanoid Robot, di mana pengunjung dapat melihat langsung bagaimana sebuah robot yang didukung Hyper 5G Telkomsel memiliki kemampuan menyerupai manusia.

Teknologi ini memungkinkan robot untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti menyambut dan mengenali wajah tamu/pengunjung, menghibur pengunjung dengan melakukan aksi menari dan menampilkan gerakan tertentu yang menarik.

Baca juga:   Pentingnya Memilih Headset Untuk Remote Working

Dengan keunggulannya, Humanoid Robot dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti hiburan, media, hingga retail.

Baca Juga: Pra Musim MotoGP 2022 Mandalika, Telkomsel Hadirkan Akses Jaringan Hyper 5G

Kemudian ada use case Cloud Gaming, yang menghadirkan secara langsung keseruan bermain game balap MotoGP yang dilakukan secara streaming.

Dengan karakteristik throughput yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah, Hyper 5G Telkomsel memungkinkan siapa saja untuk dapat memainkan game secara online atau langsung dari server tanpa hambatan.

Hosting Unlimited Indonesia



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: