Teknologi


Jakarta, Selular. ID – Operator mobile Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia telah memulai negosiasi penggabungan bisnis mereka. Bersama, perusahaan baru ini berharap bisa memperkuat posisinya di pasar Indonesia yang kompetitif, dan bahkan, mungkin menantang pemain terbesar, yaitu Telkomsel.

Analis Opensignal Francesco Rizzato mengungkapkan, jika kesepakatan ini tuntas, para pengguna mungkin perlu menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum dapat melihat semua manfaat pada pengalaman mobile mereka, karena biasanya operator membutuhkan waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada dan menciptakan sinergi. Tetapi, beberapa perubahan bisa datang lebih cepat.

Untuk bantu memahami potensi perusahaan gabungan tersebut, Opensignal memperkirakan seperti apa pengalaman mobile bagi pengguna jika Indosat dan 3 adalah satu operator. Analisa ini menggunakan data periode waktu yang sama seperti analisis laporan pengalaman mobile terakhir Opensignal untuk Indonesia.

Baca juga:   Review Redmi 9A: Smartphone Rp1 Jutaan Hasil Cukup Memuaskan

“Analisis kami menggabungkan pengalaman pengguna operator Indosat dan 3 dengan hasil skor yang jatuh antara skor masing-masing kedua operator tersebut. Meskipun Indosat mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat dibandingkan dengan operator 3, namun operator 3 menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik kami yang mengukur pengalaman streaming video dan gaming online. Hal ini menunjukkan jika kedua operator bergabung, tidak hanya pengguna smartphone dari satu operator saja yang akan melihat pengalaman rata-rata yang meningkat, tetapi pengguna kedua operator tersebut akan melihat peningkatan di sejumlah kategori pengalaman mobile kami, sementara, juga mengalami penguruan di kategori lain. Hal ini menunjukkan bagaimana dua operator tersebut bersinar pada kategori pengalaman mobile yang berbeda,” ujar Francesco Rizzato.

Baca juga:   Mastel Dukung Pemerintah Mengatur Kewajiban Kerja Sama OTT dan Operator

Dari empat kategori pengalaman mobile yang kami analisis, hanya Pengalaman Mobile Gaming dan Pengalaman Kecepatan Unggah yang menunjukkan gabungan skor yang lebih tinggi dari rata-rata nasional apabila Indosat dan 3 bergabung. Sementara, Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Video berada di bawah rata-rata nasional. Hal ini karena Telkomsel memiliki pangsa pelanggan mobile terbesar di Indonesia. Artinya, skor Telkomsel memiliki bobot yang lebih besar dalam rata-rata nasional. Akibat Telkomsel memiliki keunggulan besar dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Video, maka akan lebih menantang bagi perusahaan gabungan Indosat-3 untuk mengejar rata-rata nasional pada dua kategori tersebut.

Analisis Opensignal menunjukkan operator Indosat dan 3 masing-masing bersinar dalam kategori pengalaman mobile yang berbeda. Perkiraan skor gabungan Indosat-3 menunjukkan pengguna akan mendapat manfaat. Kedua grup pengguna akan melihat peningkatan di beberapa kategori pengalaman mobile, sementara ada penurunan di kategori lainnya. Namun, perkiraan Opensignal juga menunjukkan bahwa skor gabungan akan lebih rendah dari rata-rata nasional dan regional di banyak metrik.

Baca juga:   Realme Narzo 20 Series Terjual 35.000 Unit

Hal ini menunjukkan meskipun merger merupakan peluang bagi kedua operator untuk memperkuat posisi kompetitif mereka di pasar Indonesia, namun kemungkinan besar akan membutuhkan waktu sebelum para pengguna kedua operator dapat melihat manfaat pada pengalaman mobile mereka alhasil kedua entitas tersebut mengintegrasikan jaringan mereka, menciptakan sinergi, dan berpotensi menantang Telkomsel sebagai pemimpin pasar.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: