Web Development

Ruby on Rails vs PHP: Mana yang Terbaik?

Pertama, mari kita coba memahami mengapa Anda ingin memilih teknologi tertentu. Semua teknologi berkembang pesat dari alat, komunitas pengembang, perpustakaan dan aplikasi. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin menginginkan teknologi yang dapat bertahan selama bertahun-tahun di luar awal proyek.

Sebagai pengembang, Anda menginginkan teknologi yang dapat dipertahankan cukup lama untuk Anda agar mendapatkan pengembalian investasi yang baik. Pemilik atau pengembang bisnis akan sering membuat keputusan dengan mempertimbangkan kolega mereka dan komunitas pengembang, tergantung pada teknologi yang sangat direkomendasikan.

Dalam posting ini kita akan melihat pro dan kontra dari PHP dan Ruby on Rails. Kita akan melihat bagaimana PHP dan Ruby on Rails dapat dibandingkan dengan poin umum seperti pemeliharaan, kinerja, skalabilitas, biaya, dan dukungan.

Perbandingan PHP dengan Ruby on Rails sama sekali tidak adil. PHP jauh lebih populer daripada Ruby on Rails, karena Ruby on Rails adalah kerangka pengembangan web, bukan bahasa pemrograman. Ruby adalah bahasa yang menjalankan kerangka kerja Ruby on Rails di backend, dan PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk kode dan membuat situs web dan aplikasi web.

Ruby on Rails harus dibandingkan dengan Symfony2, Zend Framework, Codeigniter, Laravel, CakePHP dan banyak kerangka kerja pengembangan web berbasis PHP lainnya. Jadi, untuk memahami mengapa ada begitu banyak popularitas di antara Ruby on Rails, lebih baik untuk memvisualisasikan pencarian yang dilakukan oleh orang-orang.

Grafik tren ini dari Google di atas menunjukkan bahwa semua kerangka kerja pengembangan web PHP masih belum menambahkan hingga jumlah pencarian yang dilakukan untuk Ruby on Rails (berwarna biru). Bahkan, satu-satunya kerangka kerja web yang berkembang di dunia PHP adalah Laravel. Jadi, mengapa Ruby on Rails begitu populer?

Nah, sebagian besar dari membuat aplikasi web adalah memutuskan perpustakaan apa yang ingin Anda gunakan, bagaimana mengatur aplikasi web Anda dan banyak faktor lainnya. Hingga saat ini, banyak proyek PHP masih belum menggunakan kerangka pengembangan aplikasi web yang matang dan terbukti. Banyak pengembang PHP lebih suka membuat kerangka PHP baru, daripada menggunakan kerangka kerja paling populer seperti Zend Framework, Symfony2, dll.

Baca juga:   5 Pertanyaan untuk Ditanyakan Sebelum Memilih Perusahaan Desain dan Pengembangan Web

Karena kompleksitas aplikasi, seperti halnya kerangka kerja apa pun, Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk belajar menggunakan kerangka kerja tertentu. Karenanya, Ruby on Rails mencoba menyederhanakan proses pembelajaran kerangka kerja mereka dengan menolak konfigurasi atas konvensi; Dengan kata lain, Anda (pengembang atau pemilik bisnis) memiliki sedikit waktu untuk memutuskan kapan harus mengatur, melaksanakan, atau bahkan meng-hosting aplikasi tersebut.

Ini mungkin tampak seperti hal yang baik, dan sebagian besar memang benar, itulah alasan mengapa Ruby on Rails sangat populer. Namun, sejak itu, banyak kerangka kerja pengembangan aplikasi web PHP telah mengenalinya dan mengikuti langkah-langkah pengembangan web Ruby on Rails. Ini bisa menjadi alasan mengapa pertumbuhan komunitas Ruby on Rails mengalami stagnasi dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, sementara kerangka kerja pengembangan web lainnya ditampilkan dalam persentase kecil, Anda harus tetap mengingat bahwa PHP sepenuhnya berfokus pada web. Jadi hampir semua yang Anda tulis di PHP akan berjalan di web, sementara di Ruby, tidak ada banyak pilihan untuk Anda tentang kode apa yang dapat Anda tulis untuk mengembangkan aplikasi web.

1. Skalabilitas dan Kemudahan Pemeliharaan

Apakah PHP atau Ruby on Rails, keduanya memberikan kemampuan untuk skala. Namun, karena jumlah sumber daya yang digunakan Ruby dibandingkan dengan PHP, masalah skalabilitas akan muncul jauh lebih awal dalam siklus hidup aplikasi Anda. Skala aplikasi di Ruby on Rails versus PHP akan mengatasi masalah yang sangat umum. Oleh karena itu, skala akan didasarkan pada bagaimana aplikasi itu dirancang. Ada juga layanan online untuk membantu memecahkan masalah penskalaan seperti menggunakan Rackspace Cloud Sites atau Amazon Elastic Beanstalk.

Hosting Unlimited Indonesia

Situasi menjadi sangat berbeda ketika Anda beralih dari keinginan untuk mendaki ke membutuhkan pendakian. Ketika seorang pengembang tidak memiliki pengalaman untuk skala aplikasi, rute yang paling umum adalah menemukan artikel online, tutorial, dan sumber daya lainnya untuk belajar. Jadi, ketika kita berbicara tentang penskalaan situs web, ada banyak sumber daya tertulis dan tersedia untuk pengembang PHP, sementara Ruby on Rails memiliki kelompok komunitas pengembang yang jauh lebih kecil.

Baca juga:   Sewa Pengembang PHP Khusus untuk Layanan Pengembangan Web Anda

Adapun perawatan yang mudah, itu benar-benar tergantung pada organisasi aplikasi web. Selama pengembang web menggunakan kerangka pengembangan web, maka pemeliharaan umum jauh lebih mudah. PHP menawarkan banyak sekali kerangka kerja pengembangan web, semuanya dirancang untuk tujuan tertentu, sementara Ruby memiliki pilihan terbatas (terlepas dari Ruby on Rails).

2. Kecepatan dan Kinerja

Karena PHP adalah bahasa pemrograman, dan Ruby on Rails adalah kerangka pengembangan aplikasi web, Anda harus mengambil kinerja dengan sebutir garam. Tujuan menggunakan kerangka kerja pengembangan web yang lengkap adalah untuk mendapatkan produktivitas dengan biaya cepat. Jadi mari kita jelaskan ini.

Berikut adalah tabel aplikasi web “hello world” yang sangat sederhana. Di bawah ini Anda dapat melihat seberapa cepat PHP dalam hal permintaan: ingat, ini adalah bahasa yang dirancang khusus untuk web. Namun, begitu Anda mulai memperkenalkan kerangka kerja pengembangan aplikasi web full-stack populer, kinerja menurun, dan permintaan per detik mendekati nomor Ruby on Rails.

Bahkan, kerangka kerja pengembangan web PHP yang terkenal Laravel mulai berkinerja lebih buruk daripada Ruby on Rails. Akibatnya, banyak tolok ukur tidak berguna, karena ada lebih banyak kecepatan dan kinerja aplikasi web daripada bahasa atau kerangka pengembangan web. Misalnya, penundaan jaringan, sistem database, dan mekanisme caching, dapat menambah perlambatan dari 10x hingga 100x. Jadi, bagaimana desain aplikasi jauh lebih penting daripada bahasa pemrograman atau kerangka pengembangan web di belakangnya.

3. Biaya

Kelangkaan adalah konsep fundamental ekonomi. Jadi, jika Anda memiliki 10 pengembang web PHP untuk setiap pengembang web Ruby, dan fungsi proyek tergantung pada bahasa, akan ada pemenang yang jelas dalam biaya. PHP, karena persaingan yang kuat, memiliki harga lebih rendah. Sebagai pemilik bisnis, jika motif Anda didasarkan pada biaya, ini harus menjadi insentif yang sangat berguna. Ada pepatah “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar,” tetapi itu tidak berarti Anda harus membayar jumlah yang sama untuk pengalaman yang tersedia. PHP memiliki kurva belajar yang sangat mudah. Selain itu, banyak pengembang PHP yang baru dalam pemrograman pada umumnya dan pada pemrograman aplikasi web pada khususnya.

Baca juga:   5 Alasan untuk Meyakinkan Anda Bahwa PHP Adalah Bahasa Terbaik untuk Proyek Pengembangan Web Anda

Di sisi lain, Ruby adalah bahasa yang lebih sulit dipelajari, sehingga orang yang memilih bahasa itu sudah tahu cara memprogram. Sangat alami bagi pengembang PHP untuk pindah ke Ruby on Rails, dan pengalamannya dalam transfer PHP ke Ruby di seluruh dunia. Faktanya, banyak pengembang Ruby adalah pengembang PHP. Jadi, mengapa pengembang beralih ke Ruby on Rails? Baiklah, jawaban ini akan sama untuk hampir semua bahasa pemrograman lain selain PHP.

Dalam bahasa lain apa pun (kecuali PHP), bahasa akan membatasi dalam kode yang dapat Anda tulis, serta apa yang tersedia untuk digunakan. Oleh karena itu, menjadi metode umum untuk membuat aplikasi web dalam bahasa itu. Misalnya, C # memiliki ASP.NET, Python memiliki Django, Node.js memiliki Express, Lua memiliki Orbit, dan daftarnya berlanjut. Karenanya, untuk menempatkan ini dalam perspektif, katakanlah Anda memiliki opsi untuk berinteraksi dengan khalayak luas, atau berada di antara profesional terpilih yang memiliki tujuan yang sama. Masuk akal bahwa aplikasi yang paling dikenal dibangun dalam bahasa yang memiliki pemirsa terbesar, oleh karena itu, PHP adalah bahasa target. Aplikasi seperti WordPress, Drupal, Magento, Facebook, hanyalah sebagian kecil dari banyak aplikasi yang tersedia, yang ditulis dalam PHP.

Ketika datang untuk meng-hosting aplikasi Ruby on Rails Anda, biaya dapat naik dengan sangat cepat. Anda akan merasa lebih sulit untuk menemukan hosting yang mendukung aplikasi Ruby on Rails, dan merek-merek besar tidak murah. Mereka mulai dari $ 40 dan dengan cepat melompat ke $ 500 atau lebih. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menawarkan akomodasi gratis, tetapi mereka akan membebankan banyak biaya ketika mereka perlu memperluas kebutuhan akomodasi mereka. Hampir semua perusahaan hosting yang menawarkan hosting Ruby on Rails juga akan menyediakan hosting PHP. Beberapa penyedia hosting termurah menawarkan versi Ruby lama dan lama (bahasa), yang membatasi Anda untuk versi Ruby on Rails sebelumnya. Mereka juga menjalankan aplikasi Ruby on Rails mereka sebagai CGI, yang merupakan cara paling lambat untuk menjalankan aplikasi web Anda.



Source by Ram Garg

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: