Teknologi


Seperti Ini Kualitas Pelayanan Operator dan Perkembangan 5G di Indonesia
Seperti Ini Kualitas Pelayanan Operator dan Perkembangan 5G di Indonesia

Alkindyweb.com – Perusahaan analitik seluler global Opensignal, baru merilis dua laporan terbaru berjudul Global Mobile Network Experience Awards 2022, dan 5G Impact on the Global Mobile Network Experience. Laporan tersebut secara langsung membandingkan kualitas pengalaman jaringan seluler terbaik pada operator dari seluruh dunia.

Laporan ini mengukur kualitas  enam layanan operator yaitu, pengalaman video, game, aplikasi suara, kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan Ketersediaan 4G.

Dalam laporan tersebut ditemukan beberapa poin, berikut rangkumannya:

Smartfren terpilih sebagai Global Rising Star, yaitu salah satu dari 30 operator telekomunikasi teratas di dunia dengan peningkatan yang pesat pada kualitas pengalaman jaringan seluler untuk lima kategori yaitu, pengalaman video, pengalaman game, pengalaman aplikasi suara, pengalaman kecepatan unduh dan pengalaman kecepatan unggah.

Baca juga:   Samsung Bayar Royalti Atas Penggunaan Video Paten Nokia

Dalam laporan itu, Smartfren dinilai sebagai operator peringkat ke-2 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas pengalaman Video (18%) dan Pengalaman Game (26.9%).

Baca Juga: Era 5G, Apakah Efisien Jika Operator Bangun Jaringan Masing-masing?

Smartfen juga dinilai sebagai operator peringkat ke-3 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi Suara (5.3%) dan peringkat ke-5 untuk Pengalaman Kecepatan Unggah (45.9%).

Kemudian unutuk Telkomsel, operator ini mewakili Indonesia untuk Global Rising Star kategori pengalaman kecepatan unggah, disebutkan kualitas unggah Telkomsel meningkat 35%.

Baca juga:   Shopee Targetkan 1,2 Juta UMKM Join di 9.9 Super Shopping Day 2021

Dan Indosat mewakili Indonesia untuk Global RIsing Star kategori pengalaman video. Kualitas streaming video Indosat meningkat 8,7%.

Laporan 5G Impact on the Global Mobile Network Experience menganalisis 100 negara dengan atau tanpa jaringan 5G.

Baca Juga: Jadi Operator Telekomunikasi yang ‘Lengkap’ Memang Lebih Strategis di Indonesia

Hal ini dilakukan untuk mempelajari apakah kualitas dan kecepatan jaringan seluler telah berkembang di era 5G, dan memperbandingkan kualitas jaringan 5G dengan jaringan 4G dan lainnya.

Berikut beberapa poin temuan yang terdapat pada laporan tersebut:
• Indonesia telah sedikit meningkat dalam peringkat global untuk kecepatan unduh dari ke-74 di Q1 tahun 2019 (sebelum adanya jaringan 5G) menjadi ke-68 di Q4 2021.
• Pada Q4 tahun 2021, skor Pengalaman Kecepatan Unduh di Indonesia adalah 14,4Mbps, meningkat 2.1 kali lipat dibandingkan awal tahun 2019.
• Pengalaman Kecepatan Unduh paling lamban di 2021 tercatat di 9,2 Mbps, yaitu 2,4 kali lipat lebih cepat daripada tahun 2018.
• Untuk Pengalaman Game, Indonesia menempati peringkat ke-51 dengan skor 59,6 pada skala 100 poin. Terjadi peningkatan sebesar 3,7 poin sejak Q1 tahun 2020.

Baca juga:   Smartphone Layar Besar, Harga Mulai Rp1 jutaan



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: