Teknologi


Internet

Alkindyweb.com – Perseteruan antar dua negara yaitu Ukraina dengan Rusia, berdampak pada konektivitas yang melemah internet di wilayah sekitar Kharkiv, kota terbesar kedua.

Penyerangan Rusia terhadap Ukraina terjadi sejak rabu malam waktu eropa timur, melintasi perbatasan utara, selatan, dan timur negara itu.

Mirisnya, ketika konflik semakin meningkat banyak kelompok masyarakat sipil semakin khawatir tentang kemungkinan serangan langsung terhadap infrastruktur internet negara tersebut.

Rusia sebelumnya telah dikaitkan dengan serangan DDoS terhadap situs pemerintah Ukraina, menggunakan persenjataan fisik atau cyber untuk menonaktifkan infrastruktur telekomunikasi di tingkat jaringan, semakin membungkam Ukraina.

Baca juga:   Sensor LiDAR Terra Drone Diandalkan Untuk Survei Data

Baca Juga: 20 Twibbon Hari Bahasa Ibu Internasional untuk Medsos, Ada Sejarah yang Mengharukan

Invasi tersebut telah mengurangi konektivitas internet di beberapa bagian negara. Saat ini, pemadaman tampaknya berpusat di sekitar Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Posisi kota tersebut sekitar 25 mil dari perbatasan Rusia. Proyek Deteksi dan Analisis Pemadaman Internet (IODA) di Georgia Tech melaporkan pemadaman sebagian dimulai tepat sebelum tengah malam pada 23 -24 Februari dan masih berlanjut.

Pemadaman memengaruhi penyedia layanan internet Triolan, yang melayani sejumlah kota dan area lain di Ukraina, termasuk Kharkiv.

Baca juga:   Pemain PUBG Mobile Bisa Bertemu Teddy Bear Ini Keseruannya

Menurut pelacak penghentian internet NetBlocks, pengguna Triolan telah melaporkan hilangnya layanan internet fixed-line sementara smartphone terus bekerja.

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Pasaman Barat, Simak 7 Aplikasi Info Gempa Terkini

Sebuah pesan yang terlihat di situs web Triolan (24/02), memberi tahu pelanggan tentang kurangnya akses sebagian atau seluruhnya di beberapa kota.

Berdasarkan laporan The verge dari saluran Telegram resmi perusahaan mengklaim bahwa sebagian besar layanan telah dipulihkan, meskipun tanggapan menunjukkan bahwa banyak pelanggan masih mengalami pemadaman jaringan.

Pembaruan Triolan juga mencatat bahwa server DNS yang mengirim permintaan yang dibuat ke URL yang dapat dibaca manusia, mengalami operasi yang tidak stabil di beberapa area.

Baca juga:   Gojek Sebut GTV Meningkat Hingga Lebih dari Rp170 Triliun

Pelanggan diinstruksikan untuk terhubung menggunakan layanan 1.1.1.1 atau 8.8.8.8, resolver DNS publik yang disediakan oleh Cloudflare dan Google.

Seorang juru bicara Cloudflare melaporkan bahwa pemantauan lalu lintas menunjukkan layanan internet Ukraina sebagian besar beroperasi tetapi koneksi dari Kharkiv terganggu.

Hosting Unlimited Indonesia



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: