Teknologi


Xiaomi gempa bumi

Alkindyweb.com – Xiaomi mengumumkan fase uji coba dari fitur peringatan dini gempa bumi (EEW).

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia akan mendapatkan pemberitahuan saat terjadi gempa bumi di sekitarnya, menjadikan sistem peringatan dini gempa bumi berperan penting dalam memberi waktu bagi pengguna untuk menyelamatkan diri.

Apa itu EEW dan bagaimana cara mengaktifkan fungsinya?

Fitur peringatan dini gempa akan memperingatkan pengguna hingga belasan detik sebelumnya sebelum gelombang sekunder tiba dengan memanfaatkan kecepatan gelombang listrik lebih cepat ketimbang gelombang sekunder.

Baca juga:   Fitur Feed Kronologi di Instagram Akan Hadir Kembali

Begitu fiturnya diaktifkan di smartphone Xiaomi, setelah badan pemantau mendeteksi gempa bumi, mereka akan mensinkronisasi informasi peringatan dini ke server Xiaomi melalui channel khusus, dan Xiaomi akan menggunakan channel prioritas untuk mendorong informasi peringatan dini kepada pengguna di daerah terdampak.

Setiap pemberitahuan dalam EEW akan menampilkan magnitudo dari gempa bumi terkait, estimasi datang, dan intensitasnya yang nantinya diperingatkan ke layar smartphone berupa hitung mundur.

Syarat agar smartphone bisa memicu peringatan gempa tergantung pada intensitasnya dan lokasi, dan waktu serta penunjuk intensitas yang terlihat oleh pengguna di berbagai wilayah akan berbeda.

Baca juga:   Lebih Fresh, Google Penelusuran Punya Tampilan Baru

Peringatan yang nantinya diterima oleh pengguna di Indonesia terjadi bila intensitas gempa mencapai IV atau lebih berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) yang digunakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Fitur ini membutuhkan koneksi data untuk berfungsi.

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Pasaman Barat, Simak 7 Aplikasi Info Gempa Terkini

Fitur EEW ini kompatibel dengan smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 12, MIUI 12.5, dan MIUI 13. Xiaomi Indonesia telah merampungkan fase beta testing untuk perangkat yang mendukung sebelum memutuskan untuk memboyong fitur ini ke Indonesia.

Baca juga:   Spesifikasi Huawei Enjoy 20 Beredar

Fitur ini membutuhkan otorisasi dari pengguna untuk diaktifkan dengan pertimbangan privasi pengguna.

Smartphone akan membunyikan nada peringatan saat gempa bumi terjadi, Xiaomi menyarankan para pengguna untuk membiasakan diri dengan bunyinya.

Xiaomi menyambut masukan dari pengguna selama fase uji coba ini dengan memberikan masukan melalui link ini.

Baca Juga: Facebook Aktifkan Safety Check Gempa Donggala

Halaman berikutnnya

Bagaimana fitur EEW hadir untuk smartphone Xiaomi di Indonesia?

Hosting Unlimited Indonesia



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: