Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Huawei sangat berharap, pergantian kepemimpinan di AS dapat mengubah kebijakan garis keras yang sebelumnya diterapkan Donald Trump. Namun, harapan akan adanya relaksasi, sepertinya lebih bersifat fatamorgana. Alih-alih mengurangi tekanan, Presiden Joe Biden malah memperluas pembatasan yang sebelumnya sudah diberlakukan. 

Seperti dilansir dari Reuters, pemerintahan Joe Biden pada minggu ini mengubah lisensi bagi perusahaan yang akan dijual ke Huawei, yang selanjutnya membatasi perusahaan untuk memasok barang-barang yang dapat digunakan dengan perangkat 5G. 

Perubahan tersebut dapat mengganggu kontrak yang ada dengan Huawei yang telah disepakati di bawah lisensi sebelumnya yang sekarang telah diubah. Tindakan tersebut menunjukkan pemerintahan Biden memperkuat garis keras pada ekspor ke Huawei, pembuat peralatan telekomunikasi yang dimasukkan dalam daftar hitam perdagangan karena masalah keamanan nasional AS.

Baca juga:   Investor Gojek Northstar Group Kolaborasi dengan Google

Lisensi ekspor awal diberikan oleh Departemen Perdagangan setelah perusahaan dimasukkan dalam daftar hitam perdagangan departemen pada 2019. Kebijakan baru itu membuat pemberian lisensi lebih ketat, dibandingkan diterapkan di masa pemerintahan Trump yang semakin berkurang.

Pada Januari 2021, pemerintahan Trump memutuskan menolak 116 lisensi dengan nilai nominal total $ 119 miliar, dan hanya menyetujui empat lisensi senilai $ 20 juta, menurut dokumen Departemen Perdagangan yang ditinjau oleh Reuters. Sebagian besar yang ditolak masuk ke dalam tiga kategori besar: memori, handset dan perangkat lain, serta aplikasi jaringan.

Antara 2019 dan 2020, administrasi menyetujui lisensi bagi perusahaan untuk menjual barang dan teknologi senilai $ 87 miliar kepada Huawei, kata dokumen itu. Lisensi umumnya berlaku selama 4 tahun.

Pembatasan baru itu dengan sendirinya merugikan beberapa pemasok, satu sumber mencatat, mereka juga menyamakan lapangan bermain di antara perusahaan, karena beberapa menerima lisensi di bawah kebijakan yang kurang ketat.

Baca juga:   Samsung Galaxy S21 FE Akan Menggunakan Kamera Selfie 32MP

Menurut satu lisensi yang direvisi yang dilihat oleh Reuters, yang mulai berlaku 9 Maret, item tidak boleh digunakan “dengan atau di perangkat 5G apa pun,” interpretasi luas yang melarang item masuk ke perangkat 5G meskipun tidak ada hubungannya dengan 5G. berfungsi.

Lisensi lain yang diubah tidak diizinkan untuk digunakan di militer, 5G, infrastruktur kritis, pusat data perusahaan, aplikasi cloud atau ruang angkasa, efektif pada 8 Maret 2021.

Pemberitahuan tersebut juga mengatakan bahwa item tertentu harus memiliki kepadatan 6 gigabyte atau kurang, dan persyaratan teknis lainnya.

Kedua lisensi yang direvisi mengatakan, sebelum mengekspor, Huawei atau pelanggan harus menerapkan rencana kontrol suku cadang dan menyediakan catatan inventaris kepada pemerintah AS berdasarkan permintaan.

Baca juga:   Mengenal Aset Kripto “Asix” Anang Hermansyah, Langsung Cuan Dalam Sepekan!

Perusahaan ditempatkan pada daftar hitam perdagangan, yang dikenal sebagai “daftar entitas,” karena masalah keamanan nasional dan kebijakan luar negeri, dan lisensi untuk menjual kepada mereka umumnya menghadapi standar kemungkinan penolakan.

Tetapi Trump memiliki pendekatan yang tidak konsisten terhadap Huawei, membuka pintu untuk lebih banyak penjualan ketika dia mencari kesepakatan perdagangan tetapi kemudian turun lebih keras ketika ketegangan mulai meningkat karena virus korona dan tindakan keras Beijing di Hong Kong tahun lalu.

Menurut dokumen pada Januari yang diakses Reuters, sekitar 300 aplikasi dengan nilai $ 296 miliar masih menunggu keputusan. Tidak jelas berapa banyak dari permohonan aplikasi itu yang telah diputuskan.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: