Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Pandemi Covid-19 yang menyebar memberikan dampak bagi perkembangan industri smartphone. Laporan Counterpoint mengatakan harga jual smartphone mengalami kenaikan.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Counterpoint, Average Selling Price (ASP) pasar smartphone dunia naik sebesar 10 persen di kuartal kedua 2020.

Menariknya, itu terjadi di tengah penurunan yang relatif tidak signifikan sebesar 23% YoY. Khusus untuk segmen premium, terlihat lebih tangguh dengan hanya mengalami penurunan 8% YoY.

“Dampak ekonomi pandemi terhadap basis pengguna potensial segmen premium lebih kecil jika dibandingkan dengan segmen pelanggan lainnya.” demikian keterangan Counterpoint, dikutip dari situs resminya, Sabtu (26/9).

Baca juga:   Oppo K7x Rilis 4 November di Tiongkok

Situasi ini dibuktikan oleh permintaan Apple, pemain terbesar di segmen premium. Sementara pengiriman untuk sebagian besar OEM menurun pada Q2 2020, pengiriman untuk Apple meningkat 3% YoY dan pendapatan iPhone meningkat 2% YoY.

Baca juga: Riset: 73 Persen Konsumen Dunia Pilih Smartphone di Bawah Rp5 Juta

Para ahli percaya bahwa di antara faktor utama yang menyebabkan harga lebih tinggi adalah peralihan ke 5G karena semakin banyak perangkat dengan dukungan untuk jaringan generasi kelima muncul, tetapi dengan harga yang tidak murah.

Baca juga:   Pembaruan Windows 10 Buat PC Lebih 'Lemot'

Selama kuartal tersebut, 5G berkontribusi pada 10% dari total pengiriman handset global. Smartphone itu juga menyumbang 20% dari total pendapatan handset karena sebagian besar perangkat 5G pada Q2 2020 berada di segmen premium.

Dikatakan, 72% dari pendapatan handset 5G global berasal dari China, dimana Huawei menjadi pendorong utama. Hal ini karena China sudah berada di jalur pemulihan saat semua negara ekonomi utama lainnya masih menderita akibat dampak parah COVID-19.

Di sisi lain, permintaan untuk model dengan harga yang lebih rendah sangat terpengaruh. Perangkat level awal biasanya dibeli secara offline, dan sebagian besar pasar global berada dalam tahap penguncian selama Q2 2020. Sentimen konsumen juga rendah, dengan pengguna di kelas menengah ke bawah menghindari pembelian diskresioner.

Baca juga:   Belum Genap Sebulan Oppo A95 Raih Kuntungan Lebih dari 100% di Indonesia

Sehingga, secara keseluruhan, penurunan permintaan untuk perangkat tingkat harga yang lebih rendah karena dampak ekonomi dan penutupan ritel offline, ketahanan segmen premium, dan peningkatan penjualan 5G , terutama di China, berkontribusi pada peningkatan ASP smartphone selama kuartal tersebut.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: