Teknologi


Ponsel Bekas

Alkindyweb.com – Pasar untuk smartphone refurbished (rekondisi, bekas) tumbuh 15% pada tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, melampaui pertumbuhan 4,5% dari pasar smartphone baru.

Counterpoint Research melaporkan bahwa unit yang diperbaharui telah mendapatkan popularitas di kalangan konsumen dan pembuat smartphone.

Peralihan ke 5G mendorong banyak pengguna untuk meningkatkan penjualan unit baru yang lebih tinggi membantu meningkatkan penjualan unit rekondisi.

Banyak vendor beralih ke kesepakatan tukar tambah untuk menurunkan biaya pembelian model baru, yang pada gilirannya meningkatkan ketersediaan unit yang bisa direkondisi dan dijual kembali.

Baca juga:   Opensignal: Merger Indosat dan 3 Bisa Mengubah Lanskap Persaingan Indonesia

Penghematan biaya adalah faktor besar mengapa orang memilih ponsel bekas daripada yang baru (barang bekas bisa 60% lebih murah rata-rata daripada unit baru).

Baca Juga: Prosesor 3nm Masuk Pasar Semester Dua Tahun Ini, Apple Jadi Pengguna Pertama

Dua pasar yang mengalami pertumbuhan terbesar adalah Amerika Latin (+29%) dan India (+25%).

Namun, pasar mature seperti AS (+15%), Eropa (+10%), dan China (+10%) juga mencatat pengguna membeli ponsel bekas dalam jumlah yang meningkat.

Jadi mereka juga merasakan krisis uang, tetapi ada lebih dari itu.

Baca juga:   Ada 7 Chromebook Bisa Gunakan Steam Versi Beta di Chrome OS

Keberlanjutan dan inisiatif ramah lingkungan kian populer di kalangan konsumen dan mendapatkan telepon rekondisi daripada yang baru adalah cara yang bagus untuk mengurangi limbah elektronik.

Inisiatif ini mendapatkan daya tarik dengan produsen dan operator juga, meskipun fokus utama mereka tetap pada profitabilitas.

“Di UE, inisiatif pemerintah membantu penjualan pasar sekunder. Operator juga melakukan upaya untuk menggunakan lebih banyak perangkat pasar sekunder dengan tujuan pengurangan limbah elektronik. Akhirnya, pasar dan perusahaan koleksi UE menumbuhkan kehadiran mereka,” tulis Direktur Riset Jeff Fieldhack.

Baca juga:   Pendapatan Google Q3 Tumbuh Positif Berkat Belanja Pengiklan

Baca Juga: Menjual Smartphone Bekas jadi Solusi Pedagang

Jadi, bukan hanya OEM dan operator, pihak ketiga juga memperluas bisnis ponsel bekas.

Ini dimungkinkan oleh gerakan Hak untuk Memperbaiki yang berkembang di Eropa, AS, dan Jepang ketika perusahaan membuka akses ke suku cadang dan alat asli ke bengkel non-afiliasi.

IPhone Apple masih memimpin pasar barang bekas, tetapi model Samsung juga semakin populer.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: