Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Membuat konten merupakan salah satu kegiatan yang saat ini makin ramai digemari oleh banyak orang. Terlebih saat ini orang-orang sedang dihadapkan dengan kenyataan untuk berdiam di rumah saja demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Sejak beberapa tahun silam, sejatinya sudah banyak bermunculan content creator di Youtube, namun belum seramai sekarang. Mulai tahun lalu, semakin banyak pendatang baru di dunia vlogger dengan berbagai macam platform. Mulai dari masyarakat biasa, selebritis, hingga tokoh politik pun ikut terjun menjadi vlogger, baik untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan utama maupun hanya konten sampingan.

Demi menghasilkan konten yang menarik, tentunya harus melalui berbagai macam proses sebelum diunggah ke platform. Mulai dari menentukan konsep, pengambilan video, pemindahan hasil video dari kamera ke laptop, hingga proses editing.

Namun, untuk menghasilkan video smartphone yang bagus tak melulu menggunakan kamera canggih. Banyak juga smartphone yang memiliki kualitas kamera yang tak kalah canggih dari kamera khusus vlog pada umumnya.

Tak jarang juga beberapa content creator yang memilih menggunakan smartphone untuk kebutuhan konten video nya agar lebih praktis jika dibawa kemanapun. Oleh karena itu, berikut tim Selular berikan 6 rekomendasi smartphone yang cocok dijadikan pengganti kamera untuk membuat konten vlog.

Baca juga: 6 Smartphone yang Rilis di Indonesia Februari 2021

1.Samsung Galaxy M21

Rp3.199.000

Rekomendasi yang pertama yaitu datang dari smartphone seharga Rp3 jutaan, Samsung Galaxy M21. Ponsel besutan Samsung ini cocok digunakan untuk vlogging dikarenakan ponsel ini mendukung rekaman video berkualitas 4K serta fitur super steady seperti seri A. Hal ini tentu jadi nilai lebih buat pembuat konten dalam berkreasi membuat video vlogging.

Samsung Galaxy M21 ini juga ditenagai baterai bongsor berkapasitas 6.000mAh dan dibekali triple camera 48MP, serta ditopang prosesor exynos 9611. Selain layar Infinity-U 6,4 inci full HD+ super AMOLED, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur suara dolby atmos.

Spesifikasi lain dari ponsel ini yaitu memiliki kapasitas RAM 4GB dan penyimpanan data 64GB yang dapat di-upgrade hingga 512 GB.

Di bagian belakang, ponsel ini dilengkapi dengan triple camera yang terdiri dari 48MP lensa utama, lensa Ultra Wide 123° 8MP, serta lensa kedalaman (Depth) 5MP yang semakin memperkaya kreativitas pengguna. Selain itu, Galaxy M21 juga memiliki front camera 20MP yang tak kalah jernih untuk merekam berbagai aksi foto maupun video selfie.

Baca juga:   Ini Dia Spesifikasi Galaxy A53 5G yang Terungkap di GeekBench

2.Xiaomi Mi Note 10

Rp6.199.000

Best Smartphone di Harga Rp4-6 juta

Selanjutnya ada Xiaomi Mi Note 10 yang juga cocok dijadikan ponsel untuk membuat video vlogger. Smartphone buatan xiaomi ini dilengkapi dengan fitur vlog mode yang dapat membuat kualitas video menjadi sangat jernih dan beresolusi tinggi, sehingga dapat memudahkan konten kreator dalam membuat video vlog.

Menariknya, ponsel ini memiliki fitur night mode 2.0 yang didalamnya terdapat komposisi multi-frame guna membantu pengguna merekam apapun dengan kualitas tinggi di malam hari ataupun di tempat yang minim cahaya.

Berbicara soal performa, dapur pacu dari Mi Note 10 Pro ini tak perlu diragukan. Smartphone ini tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 730G dengan kinerja yang andal. Prosesor dari smartphone ini memiliki clock speed mencapai 2.2 GHz sedangkan kinerja GPU dalam melakukan rendering grafis pun jauh lebih mulus.

Dengan kapasitas memori RAM sebesar 8GB, ini cukup memungkinkan pembuat video vlog guna menyimpan tangkapan hasil rekaman video maupun aplikasi editing yang cukup berat dengan mudah. Keunggulan lainnya dari ponsel ini yaitu memiliki penyimpanan internal engan ROM sebesar 256GB serta ditopang dengan baterai jumbo sebesar 5260mAh.

3.Oppo Reno5 5G

Rp7.000.000

Rekomendasi yang ketiga yaitu ponsel yang belum lama ini baru rilis, Oppo Reno5 5G. Nampaknya memang bukan jadi rahasia umum jika smartphone Oppo memiliki kualitas kamera yang dapat dijagokan.

Oppo Reno5 5G bisa menjadi salah satu opsi untuk Anda yang sedang mencari ponsel untuk membuat konten vlog lantaran ia hadir dengan berbagai fitur video cukup komplet, salah satunya Dual View Video. Fitur ini dapat merekam video menggunakan kamera depan dan belakang dalam satu frame.

Menariknya, Oppo Reno5 5G juga memiliki fitur AI Highlight Video yang dimana fitur ini mampu mendeteksi kondisi cahaya di sekeliling objek sehingga video yang dihasilkan akan terlihat cerah, tajam, dan alami sekalipun dalam keadaan temaram.

Pada saat merekam video di area temaram atau gelap, kamu dapat mencoba Oppo Reno5 5G yang menyediakan fitur AI Highlight Video. Fitur ini mampu mendeteksi kondisi cahaya di sekeliling objek sehingga video yang dihasilkan akan terlihat cerah, tajam, dan alami.

Baca juga:   AlteaCare Hadir Menggunakan Teknologi AWS

Selain itu, di kamera Oppo Reno5 5G juga tersemat fitur-fitur lainnya seperti slow motion, dual-view video, time lapse, movie mode, expert mode, extra HD, night flare portait, ultra steady video, ultra-clear 108 MP image, dan ultra dark mode.

Terdapat juga aplikasi editing video Soloop yang menawar fitur editing dengan mudah. Spesifikasi lain dari Oppo Reno5 5G yakni ditopang dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128 GB serta ditenagai dengan kapasitas baterai sebesar 4.300 mAh yang hadir dengan keunggulan superVOOC 2.0 serta mendukung pengisian daya hingga 65 Watt.

4.Iphone 8 Plus

Rp7.700.000

Selanjutnya ada iPhone 8 Plus yang juga terbilang memiliki kualitas video baik untuk dijadikan alat membuat konten video vlog. Dibandingkan dengan iPhone X, kualitas kamera video dari iPhone 8 Plus masih menjadi juara.

Kamera belakang iPhone 8 memiliki resolusi video sebesar 4K 60 fps. Pengguna juga dapat merekam video dengan gerakan slow motion dengan kualitas Full HDR yang memukau.

Bagi Anda yang ingin melakukan zoom in pun bisa dilakukan tanpa perlu khawatir bakal mengorbankan kualitas resolusi video. Dengan menggunakan kamera iPhone 8 Plus ini, pengguna dapat melakukan zoom in sebanyak 6 kali dengan kualitas video yang tetap terjaga.

Sayangnya, rumor yang beredar Apple bakal menghentikan penjualan dari iPhone 8 Plus. Namun jika Anda tertarik untuk memboyong smartphone ini, Anda masih bisa mencarinya di berbagai gerai e-commerce ataupun ibox dengan mengharapkan masih adanya beberapa stock yang tersisa.

5.Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Rp18.999.000.

Rekomendasi selanjutnya yaitu hadir dari smartphone kasta tertinggi dari series Galaxy, yakni Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Ponsel ini memiliki beragam fitur pendukung yang mampu membantu pengguna menghasilkan kualitas video yang apik, termasuk pada saat merekam video dalam kondisi bergerak.

Terdapat juga fitur director’s view yang dimana seluruh kamera bakal menyala secara bersamaan sehingga pengguna dapat dengan mudah memilih angle terbaik secara live saat merekam video. Fitur ini juga memungkinkan pengguna merekam momen dengan semua lensa dalam satu waktu dan menyesuaikan bidikan di tiap-tiap lensa, yang berarti bahwa kamera wide, ultra-wide, serta dua telephoto di Galaxy S21 Ultra 5G menyala semua, sehingga pengguna dapat dengan mudah beralih dari satu lensa ke lensa berikutnya.

Baca juga:   Oppo Bocor, Ponsel Lipat dengan Layar Kedua dan Kamera Dalam Layar

Hal menarik lainnya yakni terdapat pada fitur vlogger view yang dimana ftur ini berfungsi untuk pengambilan konten yang lebih informatif karena kamera depan akan sekaligus mengambil gambar pengguna saat mereka mengambil situasi sekitarnya layaknya seorang content creator sejati tanpa harus repot membalikkan smartphone.

6.Iphone 12 pro max

Rp26.999.000 (512 GB)

performa iPhone 12

Rekomendasi yang terakhir yaitu ada pada iPhone 12 Pro Max. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa ponsel anyar buatan Apple ini sedang digandrungi oleh pecinta Apple karena kualitasnya yang oke.

Deretan ponsel iPhone memang sudah seringkali digunakan untuk menghasilkan foto serta video berkualitas, baik oleh pengguna umum maupun profesional, dan secara nyata terbukti andal.

Yang bikin menarik dari iPhone, ia memiliki kemampuan menangkap gambar yang cenderung tampil lebih netral dibanding ponsel Android sehingga mudah dimodifikasi pada saat editing.

iPhone 12 Pro Max merupakan model teratas yang memiliki spesifikasi tertinggi. Smartphone ini dibekali dengan chipset Apple A14 Bionic dan kapasitas memori internal 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Selain itu, pilihan format perekaman videonya terbilang lengkap, yakni hingga 4K 60 FPS atau 1080p 240 FPS. Tersedia juga opsi 10-bit HDR dan Dolby Vision HDR hingga 60 FPS.

Soal layar, iPhone 12 Pro Max dilengkapi dengan model layar OLED berukuran 6,7 inci (2.778 x 1.284). Di punggung iPhone 12 Pro Max terdapat empat buah kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera telephoto 12 MP dengan optical zoom 2,5x, kamera ultra wide 12 MP, serta kamera LiDAR scanner. Ponsel ini juga ditopang dengan kapasitas baterai sebesar 3.687mAh dengan pengisian daya wireless charging dan fast charging.

Jadi, smartphone mana yang menarik perhatian Anda untuk dijadikan sebagai alternatif membuat konten video vlog? Jangan lupa tonton juga video di bawah ini:



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: