Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Menurut Counterpoint Research, telah terjadi perubahan dalam industri smartphone. Selama kuartal ketiga tahun ini yang mencakup Juli hingga September, MediaTek mengambil alih Qualcomm untuk menjadi penyedia chipset teratas untuk industri smartphone dengan pangsa pasar 31%.

Counterpoint mengaitkan kesuksesan MediaTek dengan penjualan ponsel yang kuat dalam kisaran harga $100- $250 di tengah pertumbuhan yang kuat di dua pasar ponsel pintar teratas di dunia, China dan India.

Sebagai negara berkembang, konsumen India lebih memilih merek-merek bukan utama yang di antaranya menggunakan chip MediaTek daripada Snapdragon yang lebih mahal dari Qualcomm.

Ini bukan berarti Qualcomm tidak mencatat pertumbuhan di Q3. Dengan 39% pasar, pembuat chip adalah penyedia chipset 5G terkemuka untuk ponsel dan ini adalah pasar yang berlipat ganda selama kuartal ketiga.

Counterpoint mengatakan 17% dari semua ponsel yang terjual selama kuartal ketiga mendukung 5G. Angka tersebut diprediksi meningkat menjadi 33% untuk kuartal saat ini yang dimulai pada bulan Oktober dan berakhir pada akhir tahun.

Baca juga:   Cara mengaktifkan kartu Telkomsel online dan offline cukup mudah.

Dengan pertumbuhan yang kuat dalam pengiriman 5G untuk kuartal keempat, Qualcomm memiliki peluang untuk mengambil kembali mahkota yang diambil oleh MediaTek darinya.

Pangsa 31% terbesar MediaTek dari pasar chipset smartphone adalah 19% dari 25% pangsa yang dimiliki perusahaan yang berbasis di Taiwan tahun lalu. Selama periode waktu yang sama, bagian Qualcomm dari pangsa chipset untuk handset turun dari 31% menjadi 29% saat ini.

Apple berada di urutan ketiga karena chip A-series-nya, yang dibuat khusus untuk ponsel dan tabletnya, menguasai 12% pasar. Itu menempatkan Apple berada di depan dari Samsung dan unit HiSilicon Huawei.

MediaTek Ambil Alih Mahkota Chipset Smartphone dari Qualcomm di Q3

Direktur Riset Counterpoint Dale Gai menunjukkan “Penguatan pangsa pasar MediaTek yang kuat pada Q3 2020 terjadi karena tiga alasan: kinerja yang kuat di segmen harga smartphone kelas menengah ($100- $250) dan pasar negara berkembang seperti LATAM (Amerika Latin) dan MEA ( Timur Tengah dan Asia), AS melarang Huawei yang akhirnya menang di OEM terkemuka seperti Samsung, Xiaomi dan Honor.

Baca juga:   Samsung Siapkan Peluncuran Varian Galaxy Berikutnya

Pangsa chipset MediaTek di Xiaomi telah meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak periode yang sama tahun lalu. MediaTek juga mampu memanfaatkan celah yang diciptakan karena larangan AS terhadap Huawei.

Chip MediaTek yang terjangkau yang dibuat oleh TSMC menjadi pilihan pertama bagi banyak OEM untuk dengan cepat mengisi celah yang ditinggalkan oleh ketidakhadiran Huawei. Huawei juga sebelumnya telah membeli sejumlah besar chipset sebelum larangan tersebut.”

Gai juga mencatat, “Di sisi lain, Qualcomm juga membukukan keuntungan yang kuat (dari tahun lalu) di segmen kelas atas pada Q3 2020, sekali lagi berkat masalah pasokan HiSilicon. Namun, Qualcomm menghadapi persaingan dari MediaTek di pertengahan segmen akhir. Kami yakin keduanya akan terus bersaing secara intensif melalui penetapan harga yang agresif, dan mengarusutamakan produk SoC 5G hingga 2021.”

Baca juga:   Tanpa Adanya Dukungan Infrastruktur, Layanan Digital Tidak Ada Artinya

Analis Riset Counterpoint Ankit Malhotra menambahkan, “Qualcomm dan MediaTek telah merombak portofolio mereka, dan fokus konsumen memainkan peran kunci di sini. Tahun lalu, MediaTek meluncurkan seri G baru berbasis game, sementara chipset Dimensity telah membantu menghadirkan 5G ke kategori terjangkau. Perangkat 5G termurah di dunia, Realme V3, ditenagai MediaTek.

Memprediksi masa depan, Malhotra berkata, “Fokus langsung dari vendor chipset adalah menghadirkan 5G ke massa, yang kemudian akan membuka potensi penggunaan 5G konsumen seperti cloud gaming, yang pada gilirannya akan menyebabkan permintaan yang lebih tinggi untuk GPU dengan clock lebih tinggi dan prosesor yang lebih bertenaga. Qualcomm dan MediaTek akan terus bersaing untuk posisi teratas.”



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: