Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Menggunakan Wifi dinilai lebih leluasa dibanding dengan data seluler pribadi. Hal itu karena Wifi menawarkan koneksi internet tanpa batas, sehingga pengguna bisa dengan leluasa menjelajah internet, mulai dari berselancar antar sosial media, ataupun mengunduh aplikasi.

Namun bagaimana jika jaringan Wifi ternyata lambat?

Wifi memang menawarkan internet tanpa batas, tetapi tak jarang pengguna juga merasa kecepatannya lambat alias lemot. Ini sangat mungkin terjadi, terutama jika Kalian menggunakannya secara bersamaan sekaligus.

Bukan hanya itu saja, ada berbagai masalah yang bisa mengganggu kecepatan internet Wifi Kalian. Untuk menyiasati itu, yuk simak tips mengatasi masalah Wifi di rumah Kalian berikut ini:

Mengatasi Wifi

1. Analisis Masalah Awal

Pada tahap ini, Kalian perlu mengidentifikasi penyebab spesifik dari masalah tersebut. Apakah benar-benar sinyal Wi-Fi yang bermasalah? Atau mungkin hal lain, seperti kecepatan koneksi yang rendah dari ISP Kalian?

Mulailah dengan pemeriksa kecepatan seperti Speedtest.net atau nPerf.com. Jika Anda mendapatkan kecepatan transmisi data yang bagus di dekat router, tetapi buruk di dapur, maka, seperti yang dikatakan orang-orang admin, masalahnya terdapat di pihak Kalian. Jika demikian, sekarang saatnya untuk sudut pandang lain – menganalisis jaringan Wi-Fi Anda.

Banyak aplikasi yang menentukan kekuatan sinyal jaringan Wi-Fi tersedia untuk semua platform seluler dan desktop. Cukup ketik “penganalisis wifi (wifi analyzer) ” di mesin telusur atau toko aplikasi mana pun, dan Kalian akan melihat banyak pilihan. Pilih salah satu yang memvisualisasikan hasil untuk membantu Kalian membandingkan perspektif. Saat memilih aplikasi, ikuti tindakan pencegahan pada umumnya, pertama-tama pastikan aplikasi tidak memerlukan akses ke kontak atau pesan Kalian, lalu lakukan pemindaian keamanan, misalnya dengan Kaspersky Security Cloud.

2. Lakukan percobaan pertama

Selanjutnya, cobalah bereksperimen dengan posisi router dan sudut antenanya untuk meningkatkan jangkauan. Nyatanya, ini merupakan metode paling sederhana, tidak memerlukan waktu ekstra, uang, atau keahlian khusus. Misalnya, jika router Kalian terletak di ceruk atau sejenis lemari, terutama yang terbuat dari logam, coba pindahkan ke tempat lain. Logam bukanlah teman terbaik Wi-Fi, dan begitu pula pada beton bertulang.

Baca juga:   MyPrio X Unlimited Berikan Akses Data Tanpa Batas Untuk Pelanggan Prioritas

Posisi antena router juga membuat perbedaan besar. Google “router radiation pattern” untuk teori tersebut. Kembali ke level praktis, perlu diingat bahwa dalam banyak kasus, posisi terbaik untuk antena router adalah posisi tegak. Dengan cara itu, router Wi-Fi Kalian akan mendapatkan jangkauan horizontal terbaik.

Juga periksa untuk melihat apakah ada sesuatu yang menghalangi. Kulkas, misalnya, adalah musuh gelombang radio, dan bukan salah satu barang yang dapat dengan mudah dipindahkan. Di sisi lain, microwave atau baby monitor – yang beroperasi pada 2,4 GHz dan bersaing untuk mendapatkan frekuensi sama dengan yang digunakan router.

3. Konfigurasi Saluran

Wi-Fi beroperasi dalam serangkaian pita sempit, yang disebut saluran, dari spektrum radio. Beberapa saluran tersedia, meskipun jumlah perangkat yang ingin menggunakannya mungkin banyak. Oleh karena itu, pita paling populer (2,4 GHz) dapat tersumbat oleh derau dari jaringan tetangga dan perangkat lain.

Pada setiap reboot atau pada waktu yang dijadwalkan, router memilih saluran yang paling bebas dari gangguan. Ini sebanding dengan cara sistem navigasi memilih rute dengan kemacetan paling sedikit.

Router biasanya menangani tugas ini sendiri dengan cukup baik, tetapi mungkin saja untuk diberikan intervensi. Misalnya, Kalian dapat mengonfigurasi router untuk mencari saluran tersumbat secara otomatis dengan lebih sering, atau bahkan mengaturnya secara manual.

Tapi hati-hati saat melakukan yang terakhir; kemacetan spektrum sangat berubah-ubah, karena tidak hanya router Kalian, tetapi router tetangga juga terus-menerus dan secara otomatis berpindah saluran.

Beberapa router juga memungkinkan pengguna untuk mengubah kekuatan sinyal Wi-Fi. Periksa setelan router untuk melihat apakah sudah disetel ke nilai maksimum, dan jika tidak, maka itu dapat dilakukan.

Baca juga: Perangkat Baru Huawei Dukung Dual 5G dan WiFi 6+

4. Pindah ke 5 GHz

Jika router Kalian saat ini tidak mendukung pita 5-GHz, Kalian dapat mencoba meningkatkan ke versi yang lebih modern dengan dukungan untuk standar 802.11ac (alias Wi-Fi 5). Itu bukan lagi barang mewah; model paling terjangkau mulai dari harga sekitar $ 50.

Baca juga:   Realme Q5 Pro Debut dengan Pengisian 80W

Saat ini, tidak perlu menggunakan 802.11ax (Wi-Fi 6) yang lebih canggih, yang mungkin masih cukup mahal. Meningkatkan ke Wi-Fi 6 kemungkinan akan memiliki dampak yang nyata hanya jika Anda memiliki banyak perangkat Wi-Fi yang haus lalu lintas di rumah.

Ingatlah, bagaimanapun beralih ke 5 GHz bukanlah solusi yang tepat. Kelemahan dari frekuensi yang lebih tinggi adalah bahwa sinyal berkurang lebih cepat dengan jarak, dan jangkauan efektif di apartemen atau rumah yang lebih besar bisa cukup mengecewakan.

Itu semua tergantung pada apa masalah dengan jaringan Wi-Fi Kalian. Jika spektrum 2,4 GHz tempat Kalian tinggal tersumbat oleh jaringan orang lain, dan 5 GHz tersedia, pembaruan sangat membantu. Tetapi jika jaringan 2,4 GHz Anda tidak dapat menjangkau dapur Anda karena jarak dan banyaknya dinding beton bertulang, 5 GHz mungkin juga tidak menjadi pilihan.

5. Gunakan Kabel

Kita sudah sangat terbiasa dengan kenyamanan Wi-Fi sehingga terkadang lupa tentang Ethernet berkabel yang sudah ada sejak lama namun jauh lebih bagus. Menghubungkan melalui kabel seringkali merupakan solusi termudah dan termurah untuk masalah Wi-Fi yang tampaknya tidak ada titik temu.

Menggunakan koneksi kabel dapat memberikan dua manfaat utama: Pertama, dapat menyelesaikan masalah di ruangan yang sulit menerima Wi-Fi; kedua, jika Anda mentransfer setidaknya beberapa perangkat ke kabel, kualitas koneksi nirkabel pada perangkat lainnya cenderung meningkat. Tentu, Kaliam tidak dapat menghubungkan ponsel cerdas atau tablet dengan cara ini, tetapi tidak masalah untuk komputer desktop atau TV pintar.

Jika kabel yang direntangkan di sekitar rumah Kalian merusak pemandangan dan tidak ada cara mudah untuk menyembunyikannya, cobalah adaptor saluran listrik yang mentransmisikan sinyal jaringan melalui kabel listrik Kalian. Sisi negatifnya, peralatan saluran listrik menjadi tidak dapat diprediksi sewaktu waktu, dan terkadang menolak untuk berdampingan dengan kabel listrik lokal, ini adalah hal penting untuk dicatat.

6. Menghubungkan jaringan mesh

Mungkin yang terbaik adalah tetap menggunakan kit jaringan mesh yang sudah jadi. Kit semacam itu tersedia dari sebagian besar produsen peralatan jaringan utama. Mereka terdiri dari router pusat dan beberapa titik akses tambahan. Yang terakhir diatur sedemikian rupa sehingga sinyal mencapai bagian terjauh dari rumah atau apartemen. Dengan sistem mesh, area cakupan jaringan Wi-Fi Anda dapat seluas yang Anda inginkan – semuanya tergantung pada jumlah titik akses tambahan.

Baca juga:   6 HP Infinix RAM 6GB Harga Rp2 Jutaan, Main PUBG dan ML Jadi Nikmat

Berbeda dengan repeater tradisional, sistem dikelola secara terpusat (perangkat tambahan biasanya dikonfigurasi secara otomatis), yang menghemat banyak waktu dan tenaga. Jika Kalian dapat menghubungkan titik akses ke router melalui Ethernet, hal itu akan meningkatkan kecepatan dan area jangkauan. Jika tidak, jangan khawatir, sistem mesh tidak berarti apa-apa jika tidak fleksibel.

Catatan penting lainnya adalah roaming yang cepat dan mulus. Artinya, video call dengan kolega tidak akan terganggu meskipun anggota keluarga mengeluarkan Kalian dari dapur ke suatu tempat yang dicakup oleh titik akses yang berbeda.
Roaming kualitas tinggi pada smartphone atau komputer memerlukan dukungan untuk rangkaian standar 802.11k/r/v.

Kabar baiknya adalah ini bukan lagi barang mewah; misalnya, perangkat seluler Apple, dimulai dengan iPhone 6s, mendukung ketiga standar tersebut.
Berikut beberapa tip pengaturan lainnya. Agar roaming berfungsi dengan benar, jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz Kalian juga harus menggunakan kombinasi nama dan sandi jaringan yang sama. Adapun ID/kunci Domain Mobilitas, tidak perlu terlalu pintar – ini hanya label untuk menautkan segmen jaringan (beberapa router bahkan menyetelnya secara otomatis).

Jaringan mesh, tentu saja, memiliki biaya tambahan, tetapi Anda tidak perlu membayar banyak untuk perangkat terbaik. Beberapa produsen menawarkan router yang mendukung meshing sebagai standar, jadi yang harus Kalian lakukan adalah membeli poin tambahan terjangkau jika diperlukan. Kami tidak menyarankan untuk bereksperimen dengan peralatan mesh yang bercampur-campur dari vendor berbeda, maka pertimbangkan kemungkinan perluasan saat memilih sistem di masa mendatang.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: