Teknologi


Tokopedia Catat Kategori Apa Laris di HUT DKI Jakarta ke-495
Tokopedia Catat Kategori Apa Laris di HUT DKI Jakarta ke-495


Alkindyweb.com – Menyambut HUT DKI Jakarta ke-495  pada 22 Juni 2022, Tokopedia mencatat beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II, 2022 di ibu kota.

Kategori makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik dan otomotif merupakan kategori paling laris di sepanjang kuartal II.

Di sisi lain, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari.

Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia megatakan Tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia, bagian dari grup GoTo.

Baca Juga:Tokopedia Care Yogyakarta Mengedepankan Kecerdasaan AI

Yang merupakan ekosistem digital mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.

Baca juga:   Tidak lagi 1 Jam, Durasi Instagram Live Diperpanjang

“Tokopedia juga terus menyediakan panggung bagi UMKM DKI Jakarta. Misal lewat peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play,” kata Astri Wahyuni, dalam media briefing virtual, (21/06/22).

Astri menyebut, antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta sangat tinggi.

Terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.

Baca juga:   Bantu Seller Jual Lebih Banyak di E-Commerce, Jet Commerce Gandeng UPFOS

Fery Farhati, Ketua Dekranasda DKI Jakarta sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital.

:Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” jelas Fery Farhati.

Dakara Indonesia dan Sancraft, merupakan contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis.

Dakara Indonesia, Berdayakan Ibu-ibu Rusun untuk Lestarikan Tenun Modern
Seluruh bahan busana bertema etnik yang digunakan Dakara Indonesia menggunakan bahan tenun ikat dan lurik.

Ayu Purnama Pemilik Dakara Indonesia, mengungkapkan mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup.

Baca juga:   Percepat Adopsi Cloud, AWS dan ICS Compute Berkolaborasi

Dakara Indonesia rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia. Omzet Dakara Indonesia 90% berasal dari Tokopedia.

Baca Juga:Tukar Tambah HP di Tokopedia Bonus Kuota Seumur Hidup 2,5GB/Bulan

Sanjung Sari Pursie, Pemilik Sancraft, mengamini, pandemi menjadi tantangan Sanjung dalam berbisnis karena omzet dari gerai offline turun drastis hingga 50%.

“Sancraft bergabung di Tokopedia pada 2020 dan berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia,” tutupnya.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: