Teknologi


Keunggulan yang Dihadirkan Chip Terbaru Apple M1 Ultra
Keunggulan yang Dihadirkan Chip Terbaru Apple M1 Ultra

Alkindyweb.com – Apple baru saja meluncurkan chip M1 Ultra System-on-Chip (SoC) barunya untuk komputer Mac Studio. Chip ini menggabungkan dua M1 Max SoC, yang diluncurkan akhir tahun lalu. Dengan pengabungan ini tentunya keungglannya tak diragukan lagi.

Apple M1 Ultra baru menyatukan banyak inti CPU dan GPU, ke dalam satu paket. Itu membuat CPU berbasis Arm 20-core, GPU 64-core, dan Neural Engine 32-core di bawah satu atap.

Membuat chip dengan total 114 miliar transistor. Itu kemudian dapat dikonfigurasi dengan memori hingga 128GB di samping.

Dengan spesifikasi yang diusung M1 Ultra adalah chip yang tidak diragukan lagi tampak hebat di atas kertas, dan kemungkinan akan tampak hebat dengan beban kerja yang telah dirancang Apple yang ada di ruang kreatif workstation.

Baca juga:   Descent G1 dengan Tenaga Surya Maksimalkan Pengalaman Selam

Prosesor ini melengkapi produk sebelumnya seperti M1, M1 Pro, dan M1 Max yang sudah dirilis lebih dulu. Ini disatukan dengan arsitektur interkoneksi baru yang disebut Apple sebagai UltraFusion.

Baca Juga: Apple Umumkan Prosessor Terbaru dan Terkuat M1 Ultra

Teknologi ini menggunakan interposer silikon yang menyediakan bandwidth 2,5TB per detik. Ini dapat mengurangi latensi dan bandwidth apabila dibandingkan dengan dua chip terpisah yang terhubung lewat motherboard.

Dikarenakan M1 Ultra adalah gabungan dari dua M1 Max, maka prosesor ini memiliki CPU 20-core, GPU 64-core, dan Neural Engine 32-core, yang mana performanya dua kali lipat ketimbang M1 Max.

Baca juga:   Setelah 19 Tahun Beroperasi, Yahoo Groups Dipastikan Akan ‘Tutup Usia’

Apple mengklaim kalau M1 Ultra 90 persen lebih kencang dibanding chip Intel Core i9-12900K dengan konsumsi daya 100W.

M1 Ultra juga disebut lebih kuat dibanding Intel Core i9-12900K untuk menjalankan multi-tasking. Untuk performa GPU, Apple mengklaim kalau M1 Ultra lebih unggul ketimbang Nvidia GeForce RTX 3090 dengan daya 200W.

Sayang, Apple tidak memberikan informasi jelas terkait perbandingan antara Intel dan Nvidia ini. Sementara untuk memori, M1 Ultra dapat menjalankan gabungan RAM hingga 128GB dengan bandwidth 800MB per detik. Semuanya dapat dijalankan dengan baik oleh CPU maupun GPU.

Baca juga:   Dengan Harga Rp1 Jutaan, Advan G5 Tawarkan Performa Apik Main Game

Keunggulan lainnya adalah M1 Ultra mampu menjalankan 18 video streaming dengan resolusi 8K ProRes 422 secara bersamaan.

Baca Juga: Chip Apple M2 Batal Meluncur Tahun Ini

Chip juga mendukung hingga lima layar, di mana empat layarnya beresolusi 6K Pro Display XDR dan satu lainnya adalah layar 4K.

Selain itu, software macOS juga sudah disesuaikan dengan chip M1 Ultra. Dengan demikian sistem operasi ini secara otomatis mampu meningkatkan kinerja chip.

Hosting Unlimited Indonesia



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: